Kreatif

4 BARISTA INDONESIA SIAP BERTARUNG DI KEJUARAAN DUNIA BARISTA DI MILAN

Mereka bakal memperebutkan juara pada empat kategori berbeda. Mulai dari kategori latte art, roasting, taster dan coffee in good spirit. Doakan mereka menang ya, Civs!

title

FROYONION.COM - Budaya minum kopi bukan hanya menjadi kebutuhan, tapi menjadi tren anak muda Indonesia. Saat ini berbagai coffeeshop semakin bertumbuh dengan berbagai cara pengolahan dan variasinya.

Ngomongin soal kopi, lo mesti tau nih kalo ahli racik kopi (barista) terbaik Indonesia bakal dikirim mengikuti kejuaraan dunia barista di Milan, Italia pada 23-25 Juni 2022. Indonesia akan diwakili oleh empat nama di antaranya Restu Sadam Hasan, Wisnu Aji, Lonika Tay dan Shayla Philipa.

Kenalan dulu Civs sama Restu Sadam Hasan @restusadamhasan, barista yang terjun ke perkopian sejak tahun 2012. Punya pencapaian yang enggak usah diragukan lagi di kancah internasional.

Ia sudah dua kali mewakili Indonesia di kejuaraan dunia barista kategori World Latte Art Championship. Kesehariannya saat ini, bekerja di Hungry Bird Coffee Roaster, Bali. Yang di Bali bisa mampir ke coffee shopnya ya!

Mengutip dari laman resmi World Coffee Championships, di biografi Sadam, tertulis permintaan doa agar menang di Milan. Enggak lupa juga, ia membagikan kutipan khasnya tentang latte art yang punya makna lain.

“Latte art adalah kanvas bagi kita untuk berbagi mimpi dan imajinasi,” katanya.

Selanjutnya ada Wisnu Aji @wisnu_aji3, pria asal Kota Solo, Jawa Tengah. Ia berkecimpung di industri kopi selama lebih dari 6 tahun. Pengalaman yang cukup membuat Aji mewakili Indonesia di kejuaraan dunia barista kategori World Coffee Roasting Championship. 

BACA JUGA: MACAM-MACAM PASSWORD WIFI YANG UNIK DI WARUNG KOPI SURABAYA

Ada juga nih Civs barista cewek, Lonika Tay @lonipeony, dari cerita yang gue rangkum di biografi Lonika, Ia mulai belajar dan tertarik kopi ketika mulai terjun ke dunia perkopian. Di tulisan itu, ia bilang kalo lebih suka teh daripada kopi.

Kerennya Civs, tanggal 23-25 Juni nanti ia mewakili Indonesia di kejuaraan dunia barista kategori World Cup Taster Championship. 

Terakhir nih, ada Shayla Philipa @umbrellagoddess, barista yang udah terlibat kopi sejak umur 7 tahun. Dan kerennya lagi, sebagian besar ramuan kopinya terinspirasi dari bahan-bahan lokal, yang bisa menciptakan rasa baru. 

Shayla yang lebih suka dipanggil Shay ini mewakili Indonesia di kejuaraan dunia barista kategori World Coffee in Good Spirits Championship.

Untuk diketahui, Indonesia menjadi produsen biji kopi robusta terbesar ketiga di dunia loh Civs. Untuk total produksi biji robusta dan arabika Indonesia adalah 10,7 juta karung seberat 60 kilogram pada tahun 2019-2020.

Biji-biji kopi tersebut dihasilkan dari 1,2 juta hektar tanaman kopi yang dikelola oleh pertanian kecil dan industri mandiri. Selain kopi robusta dan arabika, Indonesia juga memproduksi kopi luwak yang banyak diminati dan merupakan biji kopi termahal di dunia.

Empat barista di atas keren kan Civs, bikin bangga Indonesia dan doakan semoga mereka menang di Milan, Italia! (*/)

BACA JUGA: ALASAN KENAPA LAPTOPAN DI COFFEE SHOP BISA BIKIN LO BERPIKIR KREATIF

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.