Kreatif

4 AGENDA DI YOGYAKARTA YANG HANYA BISA DIAKSES SELAMA RAMADAN

Di Yogyakarta, ada banyak sekali agenda selama Ramadan yang bisa kalian ikuti. Seperti contoh Kampoeng Ramadhan Jogokariyan, Ngabuburead Masjid Jendral Sudirman, Ngaji Posonan, dan agenda Maskam UGM. Mumpung agenda-agenda ini hanya sekali selama setahun, lho, jadi sayang kalo dilewatkan.

title

FROYONION.COM - Bagi umat muslim, Ramadan adalah bulan suci yang selalu memiliki tempat tersendiri di hati mereka. Sebab banyak aktivitas serta momen-momen yang tidak bisa mereka lakukan di bulan-bulan atau hari-hari biasa, seperti halnya sahur, tarawih, berburu takjil, buka puasa, tadarus Al-Qur'an, merias kampung, dan lain sebagainya. 

Tak jarang pula berbagai pihak kerapkali menjadikan bulan suci Ramadan sebagai ajang momentum untuk mengadakan berbagai agenda. Baik agenda yang sifatnya keagamaan, sosial, maupun yang mendekati itu. Tentu adanya hal tersebut memiliki maksud yang baik. Pun supaya waktu kita selama ramadan tidak hanya berisikan tidur seharian sambil nunggu buka puasa setelahnya, hehehe.

Nah salah satu daerah yang cukup rutin untuk mengadakan berbagai agenda adalah Yogyakarta. Di kota ini cukup banyak kegiatan yang bisa kalian nikmati selama Ramadan. Ingat, hanya sekali dalam setahun. Jadi sayang jikalau kalian yang berada di Jogja dan sekitarnya maupun yang akan berkunjung ke kota ini tidak menyempatkan waktu untuk datang. Tanpa berlama-lama berikut adalah 4 pilihan kegiatan selama ramadan yang ada di Yogyakarta. 

1.     KAMPOENG RAMADAN JOGOKARIYAN 

Kampoeng Ramadan Jogokariyan (KRJ) merupakan agenda rutin yang diadakan di Yogyakarta semenjak kurang lebih 18 tahun. Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari usaha untuk menghidupkan Ramadan, bahwa Ramadan tidak hanya di masjid saja melainkan sampai di setiap titik sudut perkampungan. 

 Pun dari tahun ke tahun, KRJ nyaris tidak pernah absen, bahkan bisa dibilang menjadi ikon Ramadan dan ngabuburit  ter-favorit di Yogyakarta. Hal itu bisa dibuktikan di mana setiap hari selama ramadan, KRJ menjadi pusat perhatian masyarakat dengan ditandai oleh pengujung yang selalu padat. 

Nah, jika kalian mampir di KRJ, boleh jadi kalian akan pusing untuk membelanjakan uang kalian. Sebab banyak sekali menu pilihan makanan dan minuman yang disuguhkan, dari mulai yang tradisional, ringan, hingga berat. Pokoknya disana semua ada. Tinggal pilih. 

Selain itu pula, di sekitaran KRJ ada yang namanya Masjid Jogokariyan, di mana masjid tersebut selama ramadan selalu menyediakan 3000 takjil yang bisa didapat secara gratis. Jadi bagi kalian kaum-kaum pemburu takjil gratis bisa banget tuh nyari takjil di Masjid Jogokariyan. 

2.     NGABUBUREAD MASJID JENDRAL SUDIRMAN 

Selain KRJ, ada juga kegiatan NgabubuRead di Masjid Jendral Sudirman (MJS) Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi. Terlebih lagi di tahun ini Ngabuburead MJS terbilang cukup spesial. Di mana 2023 merupakan 10 tahunnya bagi Ngaji Filsafat (kegiatan rutin malam kamis di MJS yang diampu oleh Dr. Fahrudin Faiz).  

Adapun rangkaian acara yang mengangkat tema "Memayu Hayuning Poso: Amar Makruf Nahi Munkar" ini antara lain adalah membahas buku terbitan MJS Press, bazaar buku, takjil gratis, Kelas Menulis bersama Agus Mulyadi, serta lesehan Ramadan dengan pembicara yang mumpuni di bidangnya. Acara-acara itu bisa kalian ikuti dari tanggal 25-30 Maret 2023 secara free, dapet takjil gratis pula. Info detailnya langsung kepoin Instagram @masjidjendralsudirman.

3.     NGAJI POSONAN PESANTREN KALIOPAK 

Kalo kalian ingin merasakan bagaimana suasana di pondok pesantren serta ingin menggali ilmu agama, budaya, dan kesenian, agenda Ngaji Posonan Pesantren Kaliopak ini bisa kalian jadikan opsi untuk diikuti. Karena memang Pesantren Kaliopak cukup rutin mengadakan kegiatan Ngaji Posonan sejak 5 tahun terakhir. Dan untuk tahun ini, agenda tersebut mengusung tema “Aswaja & Keterasingan Manusia Kontemporer”.

Untuk Ngaji Posonan tahun kelima ini akan diadakan selama kurang lebih 17 hari tepatnya pada 27 Maret – 12 April 2023 dengan beragam materi yang diberikan. Para peserta yang mendaftar nantinya hanya dikenakan mahar Rp. 750.000 dengan beragam fasilitas mulai dari kaos, live-in, cetak kitab dan lain sebagainya. Bagi kalian yang penasaran dengan detail materi apa saja materi yang akan didapat, serta bagaimana detail ketentuannya bisa cek Instagram @pesantren.kaliopak.

 4.     AGENDA DI MASJID KAMPUS UGM 

Tak kalah dengan yang lainnya, Masjid Kampus (Maskam) UGM selama ramadan turut memberikan suguhan bagi kita semua. Agendanya antara lain adalah Safari Ilmu di Bulan Ramadan (SAMUDRA) yang dilakukan menjelang berbuka puasa, lalu Ramadan Public Lecture yang dilaksanakan sebelum/sesudah tarawih, serta Mimbar Subuh dan Sahur Bersama. 

Untuk tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Ramadan Sebagai Inkubasi Kepemimpinan yang Bertakwa”. Tentu melihat tema tersebut akan ada banyak sekali pembahasan dari mulai agama, sosial, politik dan lain sebagainya. Pun seperti acara-acara Maskam sebelumnya, para pembicaranya berasal dari pakar dan ahli yang mumpuni. Kalo mau di spil sedikit ada Najwa Shihab, Prof. Mahfud MD, Ust. Adi Hidayat, Dr. Fahruddin Faiz, Kak Seto Mulyadi, dan masih banyak lagi pokoknya

Oh ya, acara ini sudah terlaksana sejak Rabu, 22 Maret 2023 dan akan berakhir hingga 20 April 2023. Untuk informasi serta jadwal lengkapnya bisa kalian cek Instagram @masjidkampusugm.

Itulah 4 agenda selama bulan suci Ramadan 1444 H yang ada di Yogyakarta. Tentu kalo mau dicari-cari info lagi, masih banyak agenda-agenda lain yang belum sempat dituliskan. Tapi 4 saja itu dirasa sudah cukup banyak. Pun sudah jadi barang tentu kalo kalian mengikuti beberapa saja agenda di atas akan ada banyak sekali manfaatnya. Barangkali juga kalian bisa mendapatkan teman baru atau mungkin jodoh setelah mengikutinya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khoirul Atfifudin

Masih berkuliah di Universitas Mercu Buana, Yogyakarta. Saat ini sedang memiliki ketertarikan pada dunia musik dan tulis-menulis.