Kreatif

MULAI DARI HOBI MENGGAMBAR SAAT PANDEMI, LO BISA MEMILIH PROFESI MENJADI ILUSTRATOR

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Bang Roy, gue hobi ngegambar dan pengen jadi ilustrator tapi nggak yakin bisa buat nyari nafkah apa enggak. Enaknya hobi gue ini gue apain ya, Bang?” -@deadjournalsociety 

Jawaban: 

Yeeeee, kata siapa hobi nggak bisa buat cari nafkah? Nih buktinya gue dan anak-anak Froyonion bisa jadi kayak sekarang ya karena bermula dari hobi. 

Anak-anak banyak kok yang punya hobi sama kayak lo. Biar lebih relate, gue coba ngobrol sama Ezza dan Dikok, para Graphic Designs kebanggaan gue di kantor. 

Setelah ngobrol sama mereka, ternyata pendapat mereka kurang lebih sama kayak gue. Hobi itu mungkin banget untuk dijadikan jembatan menuju dunia kerja. Dari hobi lo bisa jadi cuan. Dari hobi lo bisa jadi terkenal. Dari hobi lo bisa jadi kaya. 

Lo pikir Michael Jackson bisa jadi King of Pop bukan karena hobi nyanyi dulu? Atau Sabina Altynbekova bisa jadi atlet voli handal sampe jadi idola gue juga bukan karena hobi main voli dulu? 

Jadi jangan pesimis ya wahai @deadjournalsociety. Sini gue kasi tips supaya hobi ngegambar lo bisa bikin lo jadi ilustrator. 

Pertama, cari banyak referensi. Dalam seni visual kan banyak tuh cabang-cabangnya. Kalo kata Ezza sama Dikok mah, ada yang karyanya menganut realism, surrealism, dan sebagainya yang. Nah, lo bisa nih riset-riset ilustrator yang punya portofolio yang beragam. Lo lihat, karya mana dari ilustrator mana yang paling lo suka. 

Kalo udah punya panutan, biasanya akan lebih mudah untuk belajar. Misalnya kayak Ezza yang nge-fans sama Roby Dwi Antono dengan karya-karya surrealism-nya. Jadinya karya-karya Ezza juga banyak yang menganut surrealism deh. 

Kalo udah punya banyak referensi, selanjutnya lo bisa nemuin style lo sendiri. Karena ternyata setiap ilustrator itu punya karakter gambar bahkan garis yang berbeda-beda. Walaupun dalam prosesnya, nggak semua ilustrator langsung tahu style unik mereka tuh kayak gimana. 

Gapapa. Jalanin aja pelan-pelan. Seiring dengan proses belajar yang lo lalui pasti lo akan tahu style gambar lo kayak gimana. 

Terus, pernyataan sejuta umat nih. Apakah pekerjaan sebagai ilustrator itu masih dibutuhkan? 

MASIH, MASIH BANGET!

Ya kayak gue ini. Gue masih nyari ilustrator yang cocok nih buat di Froyonion. Kalo lo merasa tertarik, boleh deh kita kenalan lewat CV dan wawancara. Hehehe.. 

BACA JUGA: LOWONGAN KERJA ILUSTRATOR DI FROYONION

Jadi jangan takut hobi lo ini akan jadi hal yang percuma. Karena kalo lo tekuni, pasti bisa jadi lahan cuan kok. Apalagi zaman sekarang kan udah serba canggih, industri kreatif Indonesia juga udah berkembang, dan karya seni bisa lebih dihargai. 

Ini justru kesempatan emas buat lo untuk jadi ilustrator yang handal. Jangan takut kalah saing sama orang lain. Karena lapangan kerja untuk ilustrator itu luas banget. Lo bisa kerja di creative agency, publisher, media cetak, TV, bahkan di dunia korporat sekalipun. 

Apalagi kalo gue lihat Instagram lo, karya-karya lo bagus bray! Sumpah. Gue aja nggak bisa gambar kayak begitu. 

Jadi lanjutin aja hobi lo. Terus tekun, sabar, dan pantang menyerah biar lo jadi ilustrator keren nantinya! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy