Fashion

VESPA ‘NONGKRONG’ DI INDONESIA FASHION WEEK 2024, SKUTER PUN BISA FASHIONABLE!

Bukan sekadar pajangan, kehadiran Vespa di IFW 2024 terbukti memancing kreativitas kolaborasi desainer lokal dan desainer asal Italia. Lihat cuplikannya di sini!

title

FROYONION.COMAda yang istimewa dari gelaran Indonesia Fasion Week 2024 (IFW). Skuter merek ternama, Vespa, sukses menarik perhatian penikmat fesyen pada acara yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, dari tanggal 27 - 31 Maret 2024.

Ternyata bukan asal “nongkrong”. Skuter Vespa dihadirkan untuk menunjukkan bukti bahwa pengguna skuter juga bisa tampil trendi dan fashionable lewat beberapa koleksi terbaik perancang busana lokal dengan perancang busana asal Italia.

Selama kurang lebih 60 menit, para model berlenggak-lenggok di atas runway sambil memamerkan koleksi dari jenama-jenama fesyen lokal dan asal italia. Sebut saja seperti LAKON Store, DEVÁ STATES, Ghea Resort by Amanda Janna, dan Accademia Koefia.

Warna-warni dari keunikan masing-masing yang dimiliki setiap busana semakin solid dengan empat varian Vespa yaitu Sprint, Primavera, LX, dan GTS yang muncul ke dalam warna kuning, biru muda, hitam, dan merah.

Menurut Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO PID, partisipasi dan kolaborasi Vespa di IFW 2024 menjadi nilai tambah dari koleksi busana yang dipamerkan.

“Vespa memang sudah terkait dengan style sejak awal. Makanya kolaborasi ini wajar, karena kita berbicara soal stylefashion, dan kami ingin menghormati esensi dari Vespa ini secara natural," ucapnya kepada rekan media.

Senada dengan Marco, Poppy Dharsono selaku Ketum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), “IFW merupakan ajang bergengsi untuk mengembangkan gaya dan fesyen di Indonesia, khususnya pelaku bisnis fesyen lokal untuk turut berkontribusi secara internasional di gelaran akbar ini,” kata Poppy. 

MELIHAT LEBIH DEKAT DERETAN KARYA PERANCANG BUSANA TERBAIK

Indonesia Fashion Week 2024
Deretan rancangan busana karya perancang lokal dan mancanegara di Indonesia Fashion Week 2024. (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Ketika penulis datang untuk menyaksikan hari kedua pelaksanaan IFW 2024, telah siap beberapa jenama lokal yang semakin berani untuk berkolaborasi dengan jenama asal Italia, sejalan dengan kehadiran Vespa sebagai skuter keluaran negeri pasta itu.

Urutan pertama datang dari Italia yaitu Accademia Koefia yang menghadirkan gaya istimewa busana wanita yang memadukan warna-warna terang nan beragam, seperti jati diri wanita yang penuh dengan warna. 

Diketahui, Accademia Koefia merupakan sekolah fesyen ternama di Italia yang terkenal akan fokusnya pada Haute Couture, yaitu pembuatan busana dengan tingkat keterampilan tinggi dan detail yang rumit. Sehingga menghasilkan desain yang unik, inovatif, dan futuristik.

Beranjak ke urutan kedua menjadi incaran para pengunjung pria dengan desain kekinian yang tetap maskulin dari LAKON Store. Jenama besutan PT Summarecon Agung TBK ini mewadahi karya dari para pelaku UMKM lokal.

Desain mereka tak kalah bergengsi dari para perancang busana mancanegara. Tampilannya yang unik, seperti setelan lengan panjang dan celana pendek yang dapat dipadupadankan dengan topi.

Belum cukup sampai di situ, kini saatnya bergantian ke urutan berikutnya dari DEVÁ STATES. Lagi-lagi, aneka busana dari jenama asal Indonesia ini membuat penonton terpukau, terutama kaum lelaki yang gemar tampil kasual.

Mulai dari sweater, kemeja, kaos, hingga celana bermotif, menunjukkan representasi kebebasan anak muda dalam berkarya. Sehingga, setidaknya perlu dimiliki untuk penampilan yang berbeda.

Urutan terakhir, ada jenama fesyen yang mengusung filosofi tradisional masyarakat Bali, yaitu Tri Hita Karana oleh Ghea Resort by Amanda Janna yang mengandung arti tiga penyebab kesejahteraan, seperti dengan Tuhan, manusia, dan alam.

Motif yang dipamerkan terinspirasi dari teknik sketsa dan cat air melalui motif tanaman tropis khas Bali, seperti bunga marigold, selain itu juga ada motif wanita Bali, alam Bali, hingga monyet Bali. Berpadu dengan Vespa, desainnya mampu selaras dengan situasi apapun.

Tahun ini Indonesia Fashion Week 2024 mengambil tema “Langgam Jakarta Teranyam” yang berarti anyaman melodi Jakarta dengan fokus pada budaya lokal tertentu yang terdiri lebih dari 300 desainer, termasuk Malaysia, Thailand, dan Italia yang berkolaborasi dengan desainer lokal menampilan fesyen terinspirasi dari skuter Vespa.

Belum sempat nonton? Nantikan gelaran Indonesia Fashion Week pada tahun berikutnya dengan kejutan tema hingga peserta desainer yang tak kalah menarik. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas