Fashion

TOBATENUN HADIR DALAM JAKARTA FASHION WEEK 2024 SAJIKAN SUSTAINABLE FASHION

Jakarta Fashion Week 2024 hadirkan Tobatenun pada Selasa, 24 Oktober. Pada pergelaran tersebut, Tobatenun menampilkan 16 fashion miliknya yang terdiri dari karya tradisional dan kontemporer.

title

FROYONION.COM - Brand fashion lokal Tobatenun memiliki keunikan tersendiri dalam menyajikan kain ulos khas Sumatera Utara. Tobatenun kerap melibatkan banyak masyarakat dalam wirausaha ini sekaligus memberikan pendidikan membuat kerajinan kain ulos.

Brand lokal yang berdiri sejak 2018 ini menerapkan keberlanjutan dari mulai bahan, warna, hingga ke pengolahan limbahnya. Tobatenun juga akan hadir dalam Jakarta Fashion Week 2024 yang akan berlangsung pada 23 – 29 Oktober 2023 di Pondok Indah Mall, Jakarta.

Pergelaran fashion tahunan yang terlaksana sejak 2008 ini mengenalkan berbagai brand yang berhasil menciptakan berbagai produk fashion tradisional dan kontemporer dalam satu ajang. Jakarta Fashion Week secara konsisten menjadi wadah bersama bagi industri fashion di Indonesia. 

Turut mengadakan program Indonesia Fashion Forward yang bergengsi bagi pencinta fashion. Pada program ini pegiat fashion tanah air diajak untuk meramaikan panggung fashion Internasional. 

TIDAK SEKADAR SUSTAINABLE FASHION

Tobatenun wujudkan ekosistem yang sehat dalam industri yang dibangun. Brand asal Sumatera Utara ini tidak hanya memproduksi dan menyajikan kain ulos tradisional, tapi juga menghidupi masyarakat yang tergabung di dalamnya.

“Produksi kain ulos di Tobatenun kayak kerja kelompok lantaran banyak orang di baliknya. Pengolahan benang, warna, dan motif melibatkan banyak orang yang bukan penenun,” terang Melvi Tampubolon, partner dan COO Tobatenun.

BACA JUGA: APA SIH BEDANYA 'STYLE' DAN 'LOOK' DALAM FASHION?

Tobatenun
Melvi Tampubolon selaku partner dan COO Tobatenun menceritakan tentang ekosistem pengrajin kain yang ia bangun di wilaya Sumatera Utara. (Foto: Grace Angel/Froyonion)

Brand ini mengadakan survei lokal dan melakukan kunjungan door to door untuk mendapat mitra. Hingga saat ini, Tobatenun telah merangkul 20 mitra dalam membuat ratusan model kain ulos yang tersaji dalam 37 macam warna.

Tobatenun juga membuat pelatihan hard skills untuk mendampingi sejumlah mitra, serta bekerja sama dengan berbagai pihak. Profit yang didapat pun disalurkan ke Jabu Bonang setiap tahunnya. Selain pelatihan, Tobatenun juga mengadakan konseling dan mediasi terkait kesadaran dan kesehatan reproduksi perempuan di wilayah tersebut.

Kerri na Basaria selaku founder dan CEO Tobatenun turut menjelaskan, bahwa definisi “sustainable” yang diangkat oleh Tobatenun tidak hanya mencakup pemilihan bahan dan warna. Tobatenun juga menyaring limbah hasil produksi sehingga tidak mencemari sumber air dan tanah setempat.

WADAH FASHION LOKAL UNTUK GO INTERNATIONAL

Jakarta Fashion Week adalah pekan fashion tahunan terbesar yang paling berpengaruh di Asia Tenggara. Pergelaran ini sekaligus menjadi platform universal bagi pelaku industri fashion yang menyajikan bahasan terbaru perihal desain, gaya, dan tren fashion terkini. 

Gagasan yang dibawa Jakarta Fashion Week adalah menggaungkan potensi yang bisa digali oleh industri fashion di Indonesia untuk memasuki pasar fashion dunia. 

Jakarta Fashion Week pun diakui oleh para profesional di industri fashion, seperti stylist, jurnalis, buyer, fotografer, dan model-model internasional yang membuat acara tahunan ini jadi semakin populer.

Dukungan oleh para stakeholder dan keterlibatan partner mancanegara dalam event ini turut berperan dalam memajukan industri fashion di Indonesia. 

Jakarta Fashion Week 2024 akan berlangsung pada Selasa – Minggu, 23 – 29 Oktober 2023 di Pondok Indah Mall, Jakarta. Tobatenun akan tampil dalam acara tersebut pada hari Rabu di penghujung acara. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung