Fashion

HIJACK SANDALS: BRAND LOKAL FROM BANDUNG TO JAPAN

Brand lokal footwear, Hijack Sandals yang didirikan sejak tahun 2010 berhasil melebarkan sayapnya ke kancah internasional. Target pasarnya bukan hanya orang-orang dalam negeri tapi juga orang-orang dari luar negeri.

title

FROYONION.COM – Kalau kita ngomongin soal brand lokal sandal, mungkin yang paling keinget di kepala kalian adalah Swallow, tapi juga dari sekian banyak brand sandal yang ada, Hijack Sandals adalah salah satu brand sandal lokal yang cukup ikonik. 

Industri fashion brand lokal dalam negeri makin hari makin berkembang, terutama skena footwear yaitu sneakers. Sudah beberapa tahun ini trend sneakers masih terus bermunculan.

Pada tahun 2010, Zaky Gufron memulai perjalanannya dengan membuat brand lokal footwear yang esensial khususnya di Indonesia, karena di Indonesia, sandal adalah salah satu alas kaki yang cocok dipakai ke mana pun itu.

Hijack Sandals yang didirikan oleh Zaky Gufron berhasil mendobrak trend yang melekat pada masyarakat Indonesia yang bilang kalau keren itu harus pakai sneakers, tapi produk-produk dari Hijack Sandals memberikan inovasi baru ke dalamnya sehingga kalau orang memakai sandal juga bisa tampil keren.

Nama ‘Hijack Sandals’ sendiri se-simple berasal dari sebuah resapan kata sapaan kayak “Hi Jack!”. Brand lokal ini berasal dari kota Bandung, terlahir pada tahun 2010, membuat produk sandal karena sudah terlalu banyak brand lokal yang membuat sneakers.

Untuk produk sandal lokal, produk dari Hijack Sandals ini sudah terbilang cukup mahal, bahkan sandal tersebut sudah menyaingi harga sneakers-sneakers pada umumnya. 

Desain produk sandal dari Hijack Sandals juga simple tapi terlihat dan terkesan elegan. Sandal ini juga cocok kalau dikombinasikan dengan menggunakan kaos kaki jadi bisa membuat kalian terlihat fashionable.

Kebanyakan produknya nggak dikhususkan untuk pria ataupun perempuan, tapi unisex yang bisa digunakan oleh pria maupun perempuan. Siluet yang diberikan oleh Hijack Sandals sangat ikonik serta didukung dengan kualitas yang dari waktu ke waktu terus berkembang semakin bagus. 

Warna yang digunakan sebagai desain produknya juga meskipun sangat variatif, tapi nggak norak, bahkan keren banget. Warna-warna variatif dalam produk tersebut juga sudah menjadi konsep dan branding yang mereka terapkan.

Berkolaborasi lintas negara juga sudah beberapa kali dilakukan oleh Hijack Sandals seperti dengan Marvel Studios sebuah perusahaan asal film asal Amerika dan Offtrack sebuah bar terkenal di Singapura. 

Sebelumnya, Hijack Sandals mempunyai beberapa store menyebar di dalam negeri, Indonesia, 3 store tersebut berada di Bandung, Jakarta, dan Bali. Berikut daftar store Hijack Sandals beserta lokasinya di Indonesia:

Store Hijack Sandals Bandung, berada pada Jalan Dahlia No. 1A, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat – 40113.

Store Hijack Sandals Jakarta, berada pada Jalan Panglima Polim V No. 38b, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kabupaten Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta – 12160.

Store Hijack Sandals Bali, berada pada Jalan Batu Mejan Canggu No. 2, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali – 80361.

Kabar baik pada 25 Maret 2023, Hijack Sandals resmi menjadi brand lokal Indonesia yang membuka pop up store di jantung kota Tokyo, Jepang. Memang desain dari produk-produknya banyak terinspirasi dari kultur Jepang, jadi nggak heran kalau Hijack Sandals buka store di Jepang. 

Store tersebut terletak di pusat perbelanjaan Shibuya PARCO lantai tiga di samping tenant-nya visvim dan Vivienne Westwood bersama dengan brand-brand yang sudah populer di dunia lainnya seperti UNDERCOVER, TOGA, dan COMME des GARÇONS di lantai bawah.

Dengan Hijack Sandals membuka store di Jepang, sungguh ini adalah suatu ‘movement’ yang cukup bagus karena store tersebut dikelilingi store dari brand-brand populer internasional, memberikan akses mudah untuk para konsumen Jepang untuk mengenal brand lokal asli Indonesia. 

Movement’ tersebut menjadi pencapaian sendiri bagi Hijack Sandals bahkan juga bagi industri fashion Indonesia. 

Store Hijack Sandals Jepang menawarkan berbagai lini produk, termasuk produk terlaris mereka yaitu sandal two-straps dengan sol vibram yang cocok untuk musim semi dan musim panas di Tokyo, serta produk eksklusif untuk Jepang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadel Ahnaf

Pengamat, penikmat, serta pelaku seni.