Fashion

ALTERNATIF SEPATU MAHAL: LOW BUDGET TAPI TETAP KALCER!

Menjamurnya lokal fashion brand membuat kita bisa tampil trendi tanpa harus menguras kocek lebih dalam

title

FROYONION.COMGeliat industri fashion di Indonesia khususnya bagi kalangan anak muda berkembang cukup pesat. Setiap bulan akan selalu menghadirkan referensi cara memadu-padankan pakaian baik untuk pria maupun wanita. Sehingga hal tersebut membentuk suatu tren yang acap kali kita jumpai di luar sana pemuda-pemudi berpakaian secara seragam. Fenomena itu pun tidak memandang strata sosial. Anak-anak muda tersebut ingin mengekspresikan dirinya sesuai dengan kenyamanan dan kemampuan tanpa mau ketinggalan zaman.

Faktor lain yang mendukung berkembang pesatnya industri fashion di tanah air ialah menjamurnya merek-merek lokal dengan kualitas tidak kalah saing tanpa harus menguras kocek lebih dalam. 

Jika kita tengok ke belakang, munculnya fenomena Citayam Fashion Week menegaskan bahwa pemuda-pemudi membutuhkan suatu wadah untuk bebas mengekspresikan diri, bersosialisasi atau hanya sekadar nongkrong belaka.

Merujuk dari postingan instagram Froyonion, penulis akan membeberkan alternatif sepatu mahal versi low budget untuk sobat-sobat UMR agar tetap terlihat kalcer!

CONVERSE CHUCK 70 HI

Brand yang berasal dari Malden, Massachusetts dengan seri tersebut masih tetap digandrungi dan salah satu barang wajib yang harus dimiliki oleh beberapa orang. 

Dibanderol dengan harga 800 ribu, kini kalian tidak perlu merasa dikucilkan jika belum memiliki sepatu tersebut. Pasalnya, produsen sepatu lokal menawarkan sepatu serupa tapi tak sama dengan kualitas mumpuni.

Pertama, Ventela BTS HI. Produk lokal asal Bandung menyajikan seri tersebut dengan beragam varian warna. Mulai dari warna hitam, putih, abu-abu, cream, maroon, dark yellow hingga dark green. Berbahan kanvas, harga yang ditawarkan mulai dari 200-300 ribuan. Kalian bisa dengan mudah membelinya di toko/reseller resmi.

Opsi kedua yakni Brodo Vulcan. Brand yang sudah turut serta meramaikan industri sepatu tanah air sedari tahun 2010, menawarkan alternatif lain bagi kalian yang belum sanggup membeli converse. 

Berbagai varian warna, Brodo Vulcan hadir dengan ciri khasnya yakni sole “dagu Thanos” yang tangguh berbahan kanvas. Harganya sendiri dibanderol 250 ribuan. Bisa kalian dapatkan di online ataupun offline store Brodo.

NIKE AIR JORDAN 1

Siapa yang tidak tahu brand dengan logo ceklis yang sudah mendunia tersebut. Sudah beragam jenis sepatu dengan berbagai model, identitas khas hingga kolaborasi-kolaborasi dengan artis atau pun brand lain yang diluncurkan oleh Nike. Dalam bagian ini, penulis akan membeberkan alternatif lain dari sepatu hasil kolaborasi dengan pebasket legendaris, Michael Jordan.

Nike Air Jordan 1 identik dengan perpaduan warna merah, hitam dan putih. Aerostreet menawarkan sepatu serupa dengan padu-padan warna yang berbeda. Brand lokal yang tidak hanya fokus memproduksi sepatu, seri Aerostreet Hoops hadir dengan dua versi yakni low dan high. 

Berbahan kulit sintetis menggunakan teknologi baru Shoes Injection Mould tanpa menggunakan proses lem sehingga tidak mudah jebol. Dibanderol harga 150 ribuan, patut kalian jadikan opsi untuk bisa tampil trendi dan kalcer!

Hoax Cuiiiih, yap itu adalah nama brand lokal yang turut andil memberikan opsi alternatif sepatu Nike Air Jordan 1. Seperti nama brandnya yang nyeleneh, mereka menamakan seri tersebut dengan HOAX CUIIIIH JORDIN 1

Hanya tersedia versi high, dengan tampilan beragam warna. Tak luput logo brandnya yang seperti kurva hasil catatan seismograf pada sisi sepatu. Kalian bisa dapatkan dengan harga 350 ribuan di official store mereka.

Pilihan ketiga, Lavio. Brand lokal asal Bandung, menyajikan katalog bertajuk LAVIO NEO CLASSIC. Tersedia versi low dan high hanya dengan pilihan warna hitam dan putih. Material sol terbuat dari Thermoplast Rubber (TPR) dan terbuat dari bahan kulit sintetis, sudah bisa kalian miliki dengan harga 200 ribuan.

DR. MARTENS (1460 & 1461)

Sepatu kulit yang menjadi ciri khas penonton Arctic Monkeys saat bertandang ke Indonesia beberapa waktu lalu, sedang digandrungi kawula muda. Dipatok dengan harga yang selangit, pemuda-pemudi tanah air rela merogoh kocek lebih demi memboyong sepatu tersebut. 

Selain harganya yang mahal, sepatu keluaran Dr. Martens memiliki bobot yang berat dan kurang nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Namanya gejolak kawula muda, rasa sakit serta harga yang selangit mereka hiraukan. Demi tampil trendi dan kalcer!

Seperti judul tulisan di atas, penulis merekomendasikan alternatif seri sepatu Dr. Martens (1460 & 1461). Jika diperhatikan sekilas, rupa, bentuk, hingga jahitan sepatu keluaran FLOODY BLUE I BOOGY I OXFORD menyerupai Dr. Martens 1461. 

Terbuat dari kulit asli dengan warna hitam solid serta sol yang nyaman, sepatu seri tersebut bisa dijadikan pilihan lain bagi kalian yang sedang mencari sepatu untuk acara formal atau sekadar ingin ngeceng di coffee shop. Dengan menyiapkan modal 270 ribuan, kalian langsung menjadi pusat perhatian lawan jenis.

Berbeda dengan Dr. Martens 1460, NOKHA KODY BOOTS didesain lebih ringan, empuk dan nyaman cocok untuk aktivitas sehari-hari bahkan untuk beragam aktivitas outdoor. 

Nokha Kody Boots tersedia berbagai varian warna untuk pria maupun wanita. Terbuat dari kulit yang ramah lingkungan dengan harga 400 ribuan, kalian sudah bisa memiliki boots kece yang nyaman serta mensupport produk lokal.

Dari opsi alternatif produk-produk sepatu lokal di atas, produk sepatu mana yang sudah kalian masukan ke keranjang dan membelinya ketika gajian nanti? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Aldila Cahya Alam

Membaca dan menulis seperti anak Punk