Fashion

4 PILIHAN GAYA PERPADUAN KEMEJA DENGAN DASI

Fresh graduates mana yang tidak bingung berpakaian saat akan wawancara kerja? Salah satu pilihan pakaian formal yang disarankan ialah kemeja dan dasi. Tapi jangan sembarangan. Baca tipsnya di sini.

title

FROYONION.COM Menurut Institute for the Future of Educationskill berkomunikasi termasuk ke dalam salah satu skill penting di dalam dunia kerja pada tahun 2023.  

Nah, skill ini mencakup komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi non verbal, adalah komunikasi yang dilakukan tanpa menuturkan kata-kata. 

Salah satu bentuk komunikasi non verbal yang sebenarnya penting namun terkadang luput dari perhatian kita di dalam dunia kerja yaitu penampilan. 

Di dalam dunia kerja, penampilan sesungguhnya sangat penting. Dalam buku berjudul The Interpersonal Communication karya Joseph A Devito, disebutkan penampilan dari ujung rambut hingga ujung kaki memang bisa mempengaruhi seperti apa image diri kita yang muncul di dalam benak orang lain. Dengan demikian, sangat penting untuk menjaga penampilan.

Berbicara mengenai penampilan, maka berbicara juga mengenai gaya pakaian yang dikenakan. Beberapa perusahaan memang ada membebaskan karyawannya dalam hal pakaian kerja sehari-hari. 

Bila perusahaan tempat kita bekerja demikian, memilIh mengenakan pakaian atasan berupa perpaduan kemeja dan dasi memang menjadi pilihan tepat. Sebabnya, bisa membangun kesan formal dan profesional. 

Agar penampilan kita rapi, kita tentunya harus menguasai serba-serbi detail memadukan kemeja dan dasi. Bila kita tak menguasainya, tak tertutup kemungkinan penampilan kita menjadi kurang sedap dipandang mata. 

Padahal, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penampilan bisa mempengaruhi image diri kita yang muncul di dalam benak orang lain. 

Untuk membantu kamu agar tak keliru memadukan kemeja dengan dasi apalagi bila kamu belum begitu menguasainya, berikut beberapa gaya pilihan perpaduan kemeja dengan dasi yang bisa kamu coba. Seperti apa masing-masing gaya perpaduan tersebut?

PERTAMA: PERPADUAN CORAK YANG BERBEDA UKURAN

Memadukan corak-corak yang berukuran sama cenderung memusingkan mata orang yang memandangnya. Tentu saja, tak akan nyaman dipandang. Dengan demikian, hal ini sebenarnya wajib kita hindari. Contohnya, kita mengenakan kemeja bercorak kotak-kotak berukuran besar. Lalu, dipadukan dengan dasi bercorak bunga yang juga berukuran besar. Hal ini akan memusingkan orang yang memandangnya. 

Berbeda halnya bila kita memadukan corak yang berbeda ukuran. Perpaduan corak berukuran besar dengan corak berukuran kecil menghasilkan kesan visual yang atraktif. Teknik ini banyak diterapkan di dalam bidang interior untuk menciptakan kesan yang dinamis dan menghibur. Dengan demikian, agar penampilan kita sedap dipandang orang lain, padukan corak berukuran besar dengan corak berukuran kecil. 

Ambil contoh, kemeja bercorak bunga yang berukuran besar dipadukan dengan dasi bercorak kotak-kotak yang berukuran kecil. Atau, kemeja bercorak kotak-kotak berukuran kecil dipadukan dengan dasi bercorak abstrak yang berukuran besar.  Pilihan pertama ini sebenarnya sangat cocok bagi yang menyukai penampilan mengenakan kemeja dan dasi yang bercorak. 

KEDUA: PERPADUAN WARNA-WARNA KONTRAS 

Kontras adalah perbedaan warna berdasarkan tingkat terangnya. Misalnya, putih dengan gelap. Atau, biru gelap dengan merah terang. Perpaduan warna kontras lebih mudah menarik fokus orang lain. Nah, agar penampilan kita lebih mudah menarik fokus orang lain, kita bisa menggunakan warna kontras dalam perpaduan kemeja dengan dasi. Ambil contoh, kita mengenakan kemeja berwarna ungu gelap. Kita bisa memadukannya dengan dasi berwarna biru terang. Contoh lainnya, kemeja bercorak bunga berwarna gelap bisa dipadukan dengan dasi bercorak abstrak berwarna terang.

KETIGA:PERPADUAN WARNA-WARNA POLOS

Kita pun dapat juga memadukan warna-warna polos dalam perpaduan kemeja dengan dasi. Perpaduan kemeja dengan dasi yang masing-masing berwarna polos memunculkan kesan formal dan profesional yang lebih kuat dibandingkan ketiga pilihan lainnya. Terlebih, bila kemeja berlengan panjang.

Sebagai hal penting bila ingin menggunakan pilihan ini, kita mesti cermat memilih warna. Bila kurang cermat, bisa saja warna-warna yang tampak tak terlihat harmonis sehingga memusingkan mata orang yang melihatnya. 

Sebagai tips bila kita belum bisa memilih warna-warna yang sesuai, padukan warna polos dengan warna netral. Warna netral adalah warna yang masuk dengan warna apapun. Warna ini terdiri dari abu-abu, putih, hitam, dan krem. Umpamakan, kita mengenakan kemeja berwarna kuning gelap. Kita pilih dasi yang berwarna netral. Misalnya, krem atau abu-abu.

KEEMPAT: PERPADUAN CORAK DENGAN WARNA POLOS

Corak pun dapat juga dipadukan dengan warna polos. Nah, bila kita memilih pilihan perpaduan ini, penampilan kita terlihat lebih berwarna dan lebih berenergi. Sebagai hal penting, bila kita ingin menggunakan perpaduan ini, kita pun harus cermat dalam memilIh warna polos. Bila kurang cermat, bisa saja warna polos tak akan matching dengan warna corak

Sebagai tips, bila kita belum bisa memilih warna, sebaiknya memilih warna netral sebagai warna polos. Tentu saja, agar warna polos matching dengan warna corak. Misalnya, kita memadukan kemeja bercorak dengan dasi berwarna abu-abu polos. Atau, memadukan dasi bercorak dengan kemeja berwarna krem polos.

Selain warna netral, bisa juga menggunakan warna yang terlihat dominan pada corak sebagai warna polosnya. Dengan cara ini, dasi dan kemeja terlihat lebih menyatu. Ambil contoh, kita mengenakan kemeja bercorak. Warna yang dominan terlihat pada corak yaitu coklat. Kita pilih dasi yang berwarna coklat.

Itulah, beberapa gaya pilihan perpaduan kemeja dengan dasi yang dapat kita coba untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari. Dengan memilih salah satunya, kita tak perlu khawatir penampilan kita tak akan sedap dipandang mata saat berada di hadapan orang lain. Karenanya, membuat diri kita tetap selalu percaya diri saat berada di hadapan orang lain. Selamat mengenakan kemeja dengan dasi. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rahadian

Sarjana hubungan internasional yang kecanduan menulis artikel dan berbisnis kreatif.