Esensi

WASPADAI MICRO CHEATING ALIAS SELINGKUH TIPIS-TIPIS

Perselingkuhan pasti udah ga asing di kuping kita, banyak pasangan yang bubar karena perselingkuhan. Selingkuh ga selalu soal ‘hubungan spesial’ tapi juga bisa dalam hubungan yang kita anggap lumrah, tapi kalau dilanjut bisa jadi perselingkuhan loh.

title

FROYONION.COM - Dalam sebuah hubungan asmara, pasti nggak cuma ada lo dan dia, pasti ada orang orang lain kaya temen kantor, teman kuliah, dan orang-orang yang lo dan dia sering temuin. 

Sebagai makhluk sosial pasti kita gak jauh dari yang namanya komunikasi dan interaksi, ya semua orang pasti berkomunikasi apalagi ke lawan jenis.

Tapi yang bisa jadi masalah adalah kalau lo atau pasangan lo sering berkomunikasi sama lawan jenisnya yang semakin lama topik pembicaraan nya semakin dalam dan semakin bahas hal-hal pribadi.

Sebenarnya nggak ada yang salah kalau cuma ngomongin soal kerjaan atau hal-hal yang berkaitan lainnya. Tapi yang bisa jadi masalah kalau pasangan lo ini mulai nyaman ngobrol sama lawan jenis nya ini sampe dm-dm an, atau saling komen di sosmed.

Dari sini lo harus hati-hati, bisa jadi itu tanda-tanda dari micro cheating alias selingkuh tipis-tipis. 

Melansir dari choosingtherapy.com, micro cheating adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku yang secara gak langsung dianggap sebagai perselingkuhan tapi baru sampe ciri-cirinya aja. Maksudnya ciri-ciri perselingkuhan di sini adalah tidak jujur sama pasangan, dan ada rahasia saat berkomitmen.  

Micro cheating mengacu pada tindakan yang keliatannya sepele, dan seringkali dilakukan secara tidak sengaja. Jadi ga heran kalau banyak yang merasa perilaku ini bukan perselingkuhan, karena tidak ada ‘hubungan spesial’ dengan lawan jenis, tapi hal itu bisa melanggar kepercayaan lo dengan pasangan.

Meskipun micro cheating keliatan gak penting untuk dikhawatirkan bagi lo, tapi itu tetap bakal nyakitin perasaan pasangan lo. Micro cheating memang ga selalu menghasilkan perselingkuhan, tapi hal ini bisa jadi masalah di dalam hubungan di kemudian hari.

KENAPA HARUS WASPADA SAMA MICRO CHEATING?

Melansir dari fatherly.com, micro cheating bisa berdampak negatif pada hubungan karena tindakan itu sendiri tampak tidak penting, tapi tindakan tersebut bisa menyebabkan erosi kepercayaan secara bertahap. 

Masalah dari micro cheating terkadang bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih serius, sering kali orang yang terlibat awalnya tidak menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan.

Menurut Rori Sassoon, pakar hubungan dan CEO layanan perjodohan Platinum Poire “mereka mungkin terjebak dalam betapa ringan dan menyenangkan perasaan mereka dan bagaimana hal itu menyentuh ego mereka,”. 

Selain itu Rori juga menambahkan “mereka mungkin merasa bahwa mereka tidak selingkuh secara fisik sehingga tidak memiliki batasan yang jelas seperti halnya selingkuh secara fisik,”.

Dari sini kita bisa menyimpulkan kalau micro cheating bisa terjadi tanpa saling bersentuhan atau bertemu secara langsung, atau dalam istilah digital bisa terjadi saat ‘chattingan’.

TERUS APA TANDA-TANDA MICRO CHEATING?

Tanda-tanda umum dari micro cheating biasanya kalau pasangan lo sering kasih like, comment, atau ngetag dirinya sendiri di postingan orang lain daripada di postingan lo, hal itu juga bisa jadi tanda-tanda dari micro cheating.

Selain itu, ada juga masalah yang lebih besar, yaitu adanya hubungan ‘backburner’, atau hubungan dengan lawan jenis atau orang ketiga dalam hubungan. Hubungan ‘backburner’ bisa jadi masalah karena ada kemungkinan ketika pasangan lagi ada masalah, orang ketiga ini bisa jadi orang yang dia tuju untuk bersandar dan curhat soal masalah tersebut. 

Hal ini juga berlaku bagi pasangan yang masih tetap berteman sama mantan nya. Meskipun hal ini masih jadi pro dan kontra, tapi faktanya tetap bahwa menghidupkan kembali kontak dengan seseorang yang pernah punya hubungan emosional berpotensi membangkitkan perasaan lama. *Hayoo yang masih temenan sama mantannya, yakin tuh baik baik aja? Hihi.

Menurut Vikki Ziegler, seorang pengacara perceraian dan penulis The Pre-Marital Planner mengatakan “ketertarikan emosional apa pun pada hubungan lama tidak dapat berbuat apa-apa selain merusak hubungan anda saat ini,”. *Setuju ga nihh sama pendapat Vikki? Hihi

TERUS GIMANA DONG CARA NGINDARIN MICRO CHEATING?

Buat lo yang sayang banget sama pasangan, lo harus tau bahwa micro cheating itu adalah bahaya yang nyata, dan lo harus tau apa cara terbaik untuk mengetahui apa yang berbahaya dan apa yang tidak.

Hal itu bisa dimulai dari komunikasi dan kepercayaan ke pasangan, pasangan harus menetapkan apa yang bisa dan apa yang ga bisa diterima terkait hubungan dari luar. Kalau terjadi sesuatu yang membuat salah satu pasangan tersinggung, jangan pernah takut untuk bicara sejujurnya dan apa adanya.

Penting untuk mendiskusikan apa batas hubungan dengan lawan jenis dari luar dan mengungkapkan apa yang penting buat lo dan pasangan, karena mereka yang melakukan micro cheating bahkan tidak sadar bahwa mereka sudah melewati batas.

Selain itu, lo dan pasangan juga harus merasa bebas untuk menikmati interaksi dengan orang lain tanpa harus takut perilaku micro cheating yang mengganggu. Semoga tulisan ini tidak menimbulkan trust issue ke pasangan ya, Civs! hihi, kuncinya adalah kepercayaan, inget itu. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Vian Naufal Pradana

Seorang wibu yang suka musik, olahraga, dan baca buku (kalo lagi mood)