Esensi

UMUR 20-AN MASIH TINGGAL DI RUMAH ORTU TERBILANG NGGAK AMAN UNTUK KESEHATAN MENTAL?

Di umur 20-an biasanya saat kita lebih sering overthinking mikirin banyak hal dalam hidup. Di fase ini juga kita sebagai anak muda mulai merasa nggak nyaman tinggal di rumah ortu. Bener gak sih, Civs?

title

FROYONION.COM - Nggak sedikit dari kalian yang kuliah deket rumah kan? Dengan alasan biar nggak jauh dari orang tua lah, makan ga makan sama orang tua lah, biar ada yang jagain.

Menurut gue, nggak salah juga sih tapi tau nggak sih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan kalau kita masih tinggal di rumah ortu saat udah usia 20-an. Kita bahas di sini bareng-bareng, Civs.

KENAPA MASIH TINGGAL BARENG ORTU?

Ada sejumlah alasan kenapa anak muda masih tinggal bersama ortu. Gue bahas beberapa alasan yang paling banyak dijumpai, Civs.

Pertama, karena tuntutan hidup. Ya mungkin karena udah lulus tapi belum dapet kerjaan yang gajinya mencukupi buat sewa kos buat tinggal sendiri. Atau bisa jadi tempat kuliah atau kerja terbilang dekat dengan rumah ortu. Ya udah, ngapain pake ngekos segala?

Kedua, karena permintaan ortu supaya bisa lebih mudah memantau anak-anaknya. Dengan berita-berita kekerasan fisik dan seksual sekarang ini, emang nggak mungkin kalo ortu nggak cemas melepas anaknya di luar rumah, Civs. Apalagi buat anak cewek.

Ketiga, karena anak yang bersangkutan sendiri belum merasa mampu tinggal jauh dari ortu. Nah, ini bakal kerasa banget buat anak-anak yang gampang homesick atau merasa kesulitan adaptasi di lingkungan baru sehingga merasa kesepian di kos atau lingkungan kampus.

BACA JUGA: PAKAR MINDFULNESS ADJIE SANTOSO: ‘ANAK MUDA PERLU KOMUNIKASIKAN MENTAL HEALTH DENGAN ORTU’

KONSEKUENSI TINGGAL BARENG ORTU

Buat anak muda yang masih tinggal bareng ortu, emang pasti bakal ada dampaknya ke kehidupan termasuk perkembangan dan kesehatan  fisik, mental, dan psikis.

Yang pertama dampaknya ialah kehilangan kebebasan, Civs. Sebagai ganti dari kenyamanan bisa makan tidur gratis adalah lo kudu patuh pada aturan yang diberlakukan ortu di rumah meski lo udah nggak bisa dibilang anak kecil ya. 

Kalo tinggal sama orang tua, tentu aja lo nggak sebebas temen yang tinggal di kos. Di kos, penghuni bisa bangun jam berapapun semau mereka. Nggak ada yang mau marahin kalo kita kesiangan atau kamar acak-acakan.

Buat lo yang cewek, tekanan lebih tinggi saat masih tinggal bareng ortu karena lo masih harus bangun pagi dan ngerjain kerjaan rumah tangga, entah itu nyapu-nyapu atau pun nyuci piring. 

Emang kadang orang tua tuh nggak nyuruh tapi di umur sekarang rasa sungkannya itu loh! Apalagi kadang orang tua sendiri nyeletuk sindiran-sindiran yang bikin makin males ngelakuin apapun, tapi harus tetep dikerjakan. Capek hati, Civs! 

Yang kedua ini lebih enak, karena lo lebih sehat dan terawat. Buat lo yang tinggal di kos, pastinya kudu mikir, “Besok makan apa ya?” Belum lagi kalo jatuh sakit. Di kos, senyaman apapun juga nggak bakal kita bisa minta dijagain temen kos seharian. Emang mereka nggak kuliah kalo pas kita sakit?

Yang ketiga, kalo tinggal bareng ortu, biasanya lebih susah buat belajar hidup mandiri nantinya ke depan, Civs. Ya gimana wong udah terbiasa dibantuin, dikasih solusi atau didorong ortu, pas nanti kudu berjuang sendirian, ngerasanya nggak sanggup.

meski emang tinggal ama ortu itu bisa jadi solusi jangka pendek buat kita yang masih belum dapet kerjaan yang stabil atau masih nganggur, waspada juga sih kalau kelamaan bertahun-tahun tetap di rumah ortu sebab ada dampak yang kurang bagus juga buat perkembangan kejiwaan kita sebagai anak muda.

STUDI: TINGGAL BARENG ORTU BIKIN ANAK MUDA BERINGAS

Terlepas dari segala manfaat tinggal bareng ortu, ternyata hidup mandiri - terpisah dari ortu - begitu udah menginjak usia 20-an ada gunanya buat perkembangan kejiwaan anak muda  lho. 

Dari sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Queen Mary, University of London, yang hasilnya dipublikasiin tahun 2009 diketahui bahwa anak muda yang tinggal di rumah bersama orang tua mereka terpantau menunjukkan perilaku lebih beringas dan destruktif daripada mereka yang hidup mandiri terpisah dari orang tua mereka

Dalam penelitian tadi, anak-anak muda di Inggris yang masih berusia awal 20-an  yang tinggal dengan ortu memiliki lebih sedikit tanggung jawab dan pendapatan yang lebih banyak buat beli miras. 

Karena nggak ada tanggung jawab buat memelihara diri sendiri dan bekerja untuk bertahan hidup sendiri, anak-anak muda yang hidupnya masih nebeng ortu ini jadi merasa lebih leluasa buat beli minuman beralkohol untuk senang-senang. 

Dengan kata lain, karena numpang rumah ortu ini mereka jadi kayak kurang merasakan adanya sense of urgency buat mulai mengurusi diri sendiri, membangun masa depan, dan jadi lebih mandiri.

Hasil penelitian ini bisa dipercaya karena melibatkan lebih dari 8000 pria dan wanita muda usia 20-an. Mereka ditanya secara detail soal perilaku agresif dan kesehatan mental mereka selama 5 tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, kelamaan tinggal di rumah ortu dinyatakan sebagai salah satu faktor risiko yang memperkuat kecenderungan perilaku keras dan liar pada kelompok anak muda (terutama pria) daripada faktor-faktor lainnya.

Jenis dan bentuk perilaku destruktif ini misalnya penyalahgunaan narkoba, kecanduan miras, mencoba hal-hal berisiko, dan perilaku antisosial negatif lainnya.

Semua ini rawan terjadi bagi anak muda yang belum ada tanggung jawab menafkahi dirinya sendiri, menafkahi anak, atau  hidup bersama dengan pasangan.

Anak-anak muda yang masih numpang ama ortu juga biasanya pasti dapet dukungan finansial dari ortu. 

Kalaupun anak-anak muda yang nebeng ortu ini udah ada kerjaan dan pemasukan yang sama seperti temen-temen mereka yang hidup numpang tanpa penghasilan alias nganggur, mereka  juga nggak dibebani dengan tanggung jawab hidup yang lebih besar. 

Sebut aja mereka nggak pusing mikirin bayar listrik, bayar PAM, atau pajak bumi dan bangunan atau belanja kebutuhan sehari-hari karena ya karena itu biasanya semua tanggung jawab tadi udah diurus ama ortu mereka semua. 

Nah, inilah kenapa pendapatan atau duit mereka ‘lari’ ke hal-hal yang nggak guna kayak miras, narkoba, dan sebagainya. 

Setelah tau ini semua, gimana Civs? Udah mantep mau ngekos aja atau masih mau tinggal bareng ortu sampe momennya pas nanti? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Aqilla Rehadatul

Freelance writer