Esensi

SELUK BELUK PEKERJAAN UNIK JOKI SKRIPSI

Hari gini siapa yang nggak mau kerjaan sampingan? Ini kisah nyata seorang anak muda yang memiliki pekerjaan sampingan yang unik: menjadi joki skripsi. Ini pengalaman dan suka duka dia selama menjadi joki skripsi.

title

FROYONION.COM - Selagi ada uang semua bisa menjadi mudah, itulah budaya yang di wariskan ke anak muda Indonesia sekarang ini. Semua bisa kita lakukan dengan mudah asal kita punya uang yang banyak. Jasa joki skripsi menjadi sebuah pekerjaan ilegal yang jasanya sering dimanfaatkan oleh kalangan mahasiswa di Indonesia khusus nya mereka mahasiswa mahasiswa yang kaya, seperti yang pernah gue tanyakan kepada seorang joki skripsi.

"Mayoritas mahasiswa yang menjokikan skripsinya itu mahasiswa yang bagaimana?" tanya gue waktu itu.

"Untuk selama ini, kebanyakan mahasiswa mahasiswa yang kaya ya mas yang sering memakai jasa skripsi saya. Malah yang unik saya pernah nemuin orang tua mahasiswa nya sendiri yang memakai jasa joki skripsi saya, karena katanya kasihan sama anaknya biar tidak pusing memikirkan skripsi dan juga bisa lulus tepat waktu," ucap mas mas joki skripsi.

Alur transaksi jasa joki skripsi adalah bayar down payment (DP) yang artinya skripsi akan dikerjakan ketika si pemesan jasa sudah membayar uang muka terlebih dahulu. Setelah itu baru dilunasi ketika skripsi sudah selesai dan lulus di sidang skripsi. 

Jasa joki skripsi seperti ini memiliki  garansi. Sistem garansinya adalah si klien (pemesan joki skripsi) akan dituntun sampai skripsinya lulus. Kalau si pemesan jasa joki skripsi ini molor wisuda gara-gara si joki, maka si joki bertanggung jawab atas kemoloran tersebut dengan memotong tarif joki skripsinya. 

Untuk harga per skripsi bervariasi. Kalau orang yang gue wawancarai ini menerapkan tarif khusus Rp 5 jutaan buat pengerjaan skripsi tentang Ilmu Sosial Politik. Untuk tema yang lain dan dia tidak begitu pahami, range tarifnya bisa segitu atau lebih, katanya. Intinya, semakin sulit judul skripsi dan semakin sulit metode penelitianya juga membuat semakin mahal harga skripsi tersebut. 

Dalam satu semester mas-mas joki skripsi yang tidak bisa gue sebutkan namanya ini bisa mengerjakan 2-3 skripsi dalam waktu 6 bulan atau satu semester, tergantung dosen pembimbing si klien (si pemesan jasa skripsi). Kebanyakan yang sering buat molor malah dosenya. 

Sebenarnya dalam satu semester itu mas joki skripsi bisa mendapatkan 3 lebih pesanan skripsi. Namun si mas joki skripsi membatasinya jumlah skrips yang dikerjakan agar hasil pembuatan skripsi bisa bagus dan maksimal. 

Kadang jika banyak pesanan ia ‘melemparkan’ kepada temannya yang sama-sama joki skripsi. Hingga sekarang sih kata mas joki skripsi ini, ia mengaku belum pernah menemukan kendala selama menjadi joki skripsi. Kata dia, belum pernah kliennya molor lulus skripsi gara-gara dia.

"Saya pernah dengar dosen-dosen itu juga banyak yang pekerjaan sampingannya menjadi joki skripsi. Apakah itu benar? " tanya gue lagi waktu itu.

"Untuk selama ini saya belum pernah dengar ya mas. Tapi kalau sepengetahuan saya ada sebagian oknum dosen yang menjadi makelar jasa skripsi. Ada yang memberikan rekomendasi-rekomendasi tempat joki skripsi dan dia mendapatkan untung dari bagi hasil dengan si joki skripsi yang direkomendasikan tadi. Jadi dia cuman jadi blantik, soalnya dosen itu terlalu sibuk ya mas," jawaban si mas joki skripsi.

Semakin lama gue mengobrol dengan beliau, gue malah semakin penasaran tentang seluk-beluk menjadi joki skripsi. Salah satunya bagaimana alur pekerjaan jasa joki skripsi ini, akhirnya gue bertanya kepada si mas-mas joki skripsi tersebut tentang alur cara kerja joki skripsi dari awal sampai akhir. Mas-mas joki skripsi pun langsung memberitahu alurnya kepada gue, kurang lebih seperti ini:

"Alur pengerjaannya yang pertama si klien harus memberi DP dulu kepada si jasa joki skripsi. Setelah itu pengerjaan dimulai. Untuk pengerjaannya begini: pertama-tama joki skripsi membuat penelitian skripsi. Si joki skripsi itu tidak bisa sebebas-bebasnya dalam menentukan judul dan penelitian skripsi tetap dengan tuntunan dosen pembimbing skripsi dengan lewat si klien (mahasiswa yang memesan jasa skripsi). Jika ada revisi si joki skripsi juga wajib membenahi skripsinya tersebut. Setelah semua selesai dan skripsi sudah jadi lalu masuk ke tahap briefing sidang skripsi, mahasiswa yang bersangkutan di-brief selama satu hari penuh sebelum sidang skripsi. Biasanya briefing-nya tentang penjelasan isi dalam skripsi tersebut, pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh dosen penyidang dan jawaban-jawabannya nanti yang benar seperti apa. Setelah itu sudah selesai, lulus dan ditutup dengan pelunasan pembayaran jasa joki skripsi," jelasnya panjang lebar ke gue.

Dari yang gue denger kemarin dari si mas joki skripsi ini, untuk di daerah Surabaya dan sekitarnya jasa joki skripsi dipatok sekitar Rp5 jutaan. Biasanya dengan harga segitu sudah sepaket dengan kertas selama pembuatan skripsi dan percetakan skripsi. Untuk jasa skripsi paling mahal kebanyakan berasal dari jurusan-jurusan hukum, kedokteran, dan skripsi-skripsi yang berbahasa asing. 

Pekerjaan joki skripsi seperti mas ini kebanyakan terpaksa dilakoni mereka anak-anak muda yang memiliki intelektual tinggi tapi masih memiliki penghasilan di bawah standar. Akhirnya mereka memanfaatkan kecerdasannya dengan bekerja sampingan menjadi joki skripsi seperti mas joki yang gue wawancarai ini. 

Kalau si mas joki yang gue ajak ngobrol ini ngaku dia seorang anak muda jebolan mahasiswa sebuah kampus di Surabaya dua tahun yang lalu dan sekarang bekerja di bengkel halaman rumahnya. 

Apakah kalian Civilions yang mau lulus kuliah tertarik untuk menggunakan jasa joki skripsi ini? Sebaiknya sih jangan ya! Karena SDM negara kita itu sudah rendah banget masak kita mau rendahin lagi dengan tetap membudayakan jasa joki skripsi seperti ini. Parah sih! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Sulthon Amanulloh

Mahasiswa jurusan Sastra di kampus yang tidak terkenal dan menyambi bekerja menjadi kapster di sebuah barbershop