Esensi

SEJUMLAH BRAND YANG DIKIRA KOMPETITOR PADAHAL BERSAUDARA

Nggak disangka-sangka, beberapa brand berikut yang sering dikira kompetitor ternyata adalah sister brands alias masih bersaudara! Brand apa saja?

title

FROYONION.COM - Persaingan antar brand memang bukan sesuatu yang bisa dihindarkan. Apalagi jika brand-brand tersebut memproduksi barang atau jasa yang sama. Kompetisi sudah pasti akan terjadi lewat perang harga, iklan, kampanye dan lain-lain. 

Namun, ada beberapa brand yang ternyata berasal dari perusahaan induk yang sama. Artinya, mereka adalah sister brands alias saudaraan, walau sekilas terlihat seperti kompetitor. Produknya sama, bahkan target marketnya juga ada yang sama! 

Brand-brand apa saja sih yang ternyata merupakan saudara? 

BACA JUGA:

7 BRAND INI GEMAR BERKOMPETISI SECARA TERBUKA, SIAPA SAJA? 

1. ERAFONE & IBOX 

Kedua gerai yang sama-sama menjual gawai ini pasti bisa dengan mudah kalian temukan saat berjalan-jalan dalam mall. Erafone dengan dominan warna merahnya dan iBox yang identik dengan produk-produk Apple yang mereka tawarkan. 

Sering dikira sebagai pesaing, nyatanya dua gerai ini ada di bawah naungan grup yang sama yaitu Era Jaya Group. Perbedaan keduanya ada pada pilihan produk yang ditawarkan. Erafone lebih ditujukan untuk gawai harga terjangkau sementara iBox khusus untuk gadget premium. 

2. KAPAL API & GOOD DAY 

Kalian yang nggak bisa memulai hari tanpa ngopi, pasti nggak asing lagi dengan dua merek ini. Kapal Api dengan 100% biji kopi sebagai bahan utamanya dan Good Day yang punya banyak varian rasa plus kemasan.  

Kapal Api & Good Day sama-sama ada di bawah PT Santos Jaya Abadi. Keduanya punya target pasar yang berbeda. Kapal Api khusus untuk mereka yang menyukai rasa kopi minimalis dan otentik, sementara Good Day lebih untuk mereka yang menyukai kopi rasa-rasa. 

3. DELFI & SILVER QUEEN 

Produknya biasa dipajang di bagian depan kasir minimarket, nih. Dua cokelat ini ternyata kakak beradik. Delfi & Silver Queen berasal dari perusahaan yang sama yaitu PT Perusahaan Industri Ceres (Delfi Group).  

Target konsumen Delfi lebih kepada konsumen yang menyukai cokelat dengan dominasi rasa susu, sementara Silver Queen untuk mereka yang menggemari rasa cokelat kakao. 

4. VIT & AQUA 

Apapun merk air mineralnya, disebutnya pasti Aqua. Sebagai top of mind brand air mineral, Aqua ternyata punya sister brand yaitu Vit. Keduanya sama-sama berasal dari Danone.  

Vit lebih ditargetkan untuk konsumen yang mementingkan harga terjangkau sementara Aqua untuk konsumen yang mencari produk berkualitas terbaik. 

BACA JUGA:

GAGAL BERINOVASI, 4 BRAND SEJUTA UMAT INI NGGAK TERDENGAR LAGI 

5. SUPERMI, INDOMIE & SARIMI 

Top of mind brand mie instan di Indonesia yang sudah go international yaitu Indomie ternyata masih bersaudara dengan Supermi dan Sarimi. Ketiganya merupakan bagian dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.  

Masing-masing dari ketiganya juga punya kelebihan tersendiri. Supermi adalah brand mie instan pertama di Indonesia sementara Sarimi menjadi pelopor mie isi 2 yang menjadi ciri khas mie instan Indonesia. 

6. OPPO & VIVO 

Di usia berapa kalian sadar kalau maskot boneka Oppo & Vivo itu mirip? Bahkan nama maskotnya juga sekilas sama, Ollie dan Oppi. Bahkan, sempat dibuat gimmick kedua maskot ini berantem sampai viral di internet. 

Dua brand gadget ternama asal China ini sama-sama berada di bawah naungan BBK Electronics Group. Oppo lebih mengutamakan fitur kamera selfie yang jadi unggulannya sementara Vivo mengusung kualitas suara tinggi melalui audio Hi-Fi. 

7. ETUDE & INNISFREE 

Dua brand make up dan skincare asal Korea Selatan ini juga ternyata adalah sister brands. Dari segi konsep dan target pasar, keduanya cukup jauh berbeda. 

Etude dengan konsep ceria dan lucu khas remaja dan Innisfree yang mengusung tema alami dengan bahan-bahan dari Pulau Jeju. Keduanya sama-sama berasal dari Amore Pacific. 

8. MAKE OVER, WARDAH & EMINA 

Ketiganya adalah bagian dari keluarga PT Paragon Technology & Innovation. Sama-sama memproduksi riasan wajah dan produk perawatan kulit, tiga merk ini menyasar target pasar yang berbeda.  

Make Over mengusung tema dewasa dan berani dengan target pasar wanita muda hingga dewasa. Wardah mengedepankan branding bahwa produk-produknya halal sehingga aman bagi kaum Muslimah. Sementara Emina ditujukan untuk remaja yang baru mengenal make up dan skincare. PT Paragon juga menjadi rumah bagi beberapa brand skincare lain seperti Labore, Kahf dan Tavi. 

BACA JUGA:

FAKTA UNIK BRAND-BRAND BESAR YANG MUNGKIN BELUM KALIAN TAHU 

9. AVOSKIN, LACOCO, GLOW BETTER & OASEA 

Satu lagi perusahaan induk dengan banyak brand skincare di bawahnya adalah PT AVO Innovation & Technology. Avoskin, Lacoco, Glow Better & Oasea menjadi beberapa merek yang berada dalam naungan perusahaan tersebut.  

Sama-sama menjual produk perawatan kulit, Avoskin memiliki pilihan produk terbanyak sementara Lacoco menyasar target market yang lebih premium. Glow Better ditargetkan untuk menjangkau kaum remaja dan Oasea menghadirkan lini produk dengan branding menjaga kelestarian laut. 

10. SOMETHINC & GLOWINC POTION 

Siapa nggak tahu brand Somethinc? Rangkaian produk skincare dan make up-nya terbilang viral karena memang memiliki kualitas bagus dengan harga yang masih cukup terjangkau. Somethinc tercatat berada di bawah naungan PT Royal Pesona Indonesia bersama dengan Glowinc Potion.  

Sama-sama menjual skincare, Glowinc Potion lebih fokus pada konsumen yang nggak mau ribet mencari rangkaian perawatan kulit paling tepat. Produk-produknya sudah dijual dalam satu paket sesuai keluhan yang dialami.  

Nah, itu dia beberapa brand yang tampaknya saling berkompetisi namun ternyata adalah sister brands. Kompetisi di antara mereka mungkin memang masih ada, tapi pastinya nggak sesengit brand-brand yang berasal dari perusahaan induk berbeda. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read