Esensi

SEBERAPA PENTING SIH COUPLE GOALS DALAM HUBUNGAN ITU?

Couple goals itu bukan cuma pake baju sama. Ini lho pentingnya buat hubungan percintaanmu.

title

FROYONION.COM - Kamu pasti pernah denger tuh istilah couple goals dalam hubungan. Tapi mungkin yang kamu tahu selama ini cuma pake baju samaan, sepatu samaan, atau cuma berduaan mulu setiap hari. Bukan itu. Couple goals ternyata lebih dari itu. 

Waktu lagi cinta-cintanya sama pasangan, kamu mungkin hanya ngejalanin hubungan ya apa adanya aja dan berjalan kayak biasanya. Padahal untuk ngejalanin sebuah hubungan, kamu harus punya tujuan yang jelas sama pasangan biar nggak putus di tengah jalan. Nah, tujuan inilah yang dinamain couple goals atau relationship goals

Couple goals sebenernya emang harus kamu  punya sebelum kamu ngejalanin sebuah hubungan. Tujuannya sih biar kamu tuh tahu, ending dari hubungan kalian itu apa, juga supaya jelas arah yang bakalan kamu dan pasangan inginkan. Nggak cuma itu, couple goals juga jadi faktor penentu langgeng atau enggaknya hubunganmu kelak. 

Soalnya dalam hubungan itu, kamu bukan cuma modal cinta aja, tapi biar hubungan percintaan itu sukses, semua bergantung pada perkembangan diri sendiri di dalam relasi itu sendiri. Kata Pam Custers, seorang terapis hubungan dari The Relationship Practice, seperti dikutip Paired, menciptakan couples goals itu adalah cara utama buat ngejaga visi masa depan bersama agar tetap pada jalurnya. 

"Goals ini memungkinkan kita untuk mempertimbangkan dan menegaskan apa yang berhasil dalam hubungan, memahami apa yang bisa diperbaiki, dan menetapkan prioritas masing-masing," kata Custers. 

BACA JUGA: MENGAPA ORANG-ORANG SUKA MEMAJANG FOTO DENGAN PASANGAN DI MEDIA SOSIAL?

CONTOH COUPLE GOALS

Seperti yang gue bilang sebelumnya, couple goals itu bukan cuma pake baju samaan sama pacar, tapi sesuatu yang pengen kamu dan pasangan capai sebagai partner. Baik dalam jangka pendek maupun panjang, Civs. Couple goals itu bisa berbentuk keputusan besar dalam hidup, seperti memutuskan buat pindah ke negara lain atau yang lebih kecil seperti nabung buat nikah. 

"Tujuan pasangan tidak harus besar dan mengintimidasi, seringkali hal-hal kecillah yang diperhitungkan. Kamu bisa menetapkan tujuan yang berfokus pada menciptakan jenis hubungan yang terhubung secara emosional yang kamu berdua cari," kata Custers. 

Ia juga menambahkan bahwa kalau kamu berniat buat mendapatkan work life balance; nepatin janji buat kencan tiap weekends, atau nyoba sesuatu yang menyenangkan bareng sama pasanganmu, atau apapun itu tapi tujuannya adalah biar grow up bareng, itu sama aja kayak couple goals lho, Civs. 

Jadi kalo mau nentuin couple goals, nggak perlu yang berat-berat. Udah gitu, menetapkan couple goals juga enggak berarti juga kamu harus ngelakuin segalanya sama pasangan. Kamu bisa mencari couple goals kamu sendiri, asal semua itu baik dan sehat buat hubungan yang kamu jalanin. 

BACA JUGA: MELEPASKAN, LEVEL MENCINTAI YANG SULIT DILALUI DAN ADA SENINYA

TIPS MENETAPKAN COUPLE GOALS

Ya, namanya juga manusia sih, Civs, terkadang kita tuh suka nggak konsisten dengan apa yang ingin kita tuju. Tapi biar couple goals kamu jadi 'goal' ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin nih. 

Pertama, udah pasti kamu harus fokus sama hal-hal yang positif ya. Kata Custers, waktu penetapan tujuan, banyak pasangan yang mutusin buat ngurangin berantem atau berhenti buat berperilaku negatif. Tapi ternyata cara kayak gini bukan yang terbaik buat maju lho. 

Kata psikobiolog, Dr. Stan Tatkin, dengan berfokus pada apa yang nggak boleh kita lakukan, tanpa sadar malah bikin kita ngelakuinnya, ya nggak sih? Nah daripada kamu menghindari hal negatif, mending cara berpikirnya diubah, mendekatkan diri sama hal-hal positif. Misalnya lebih sering ngasih reward atau pujian ke pasangan ketika udah ngelakuin sesuatu yang bikin bangga. 

Kedua, sebaiknya sih dicatet tuh couple goals kamu sama pasangan yang bisa dicapai secara spesifik. Jelasin deh tentang apa aja perilaku positif yang kamu dan pasangan pengen tingkatin dengan fokus sama hasil yang kalian mau dari tujuan itu. 

Kamu bisa mengubah pola pikir ke dampak positif yang ditimbulkan oleh tujuan yang kalian tetapkan. Misal nih, daripada kamu berusaha buat berhenti lembur biar punya waktu sama pasangan, mending pola pikirnya diganti jadi, mulai ngejadwalin nge-date secara teratur biar punya quality time bareng. 

Ketiga, bikin rencana yang jelas dan selalu merevisi lagi couple goals secara teratur. Tujuannya biar bisa disesuaikan dengan kondisi saat ini dan tetap fokus sama tujuan. Jangan lupa, luangin waktu sama pasangan kamu buat ngebahas tujuan-tujuan baru yang pengen kalian capai dan gimana caranya buat selalu update diri kalian berdua. 

Inget ngejalanin hubungan asmara tuh bukan sekadar kamu menye-menye atau sayang-sayangan doang kamu sama pasangan. Tapi hubungan cinta yang sehat tuh harus bisa bikin kamu upgrade bersama dengan pasangan dan tetap jadi diri sendiri, Civs. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dian Rosalina

Penulis, Ibu-ibu, dan pecinta kucing yang suka bakso.