Esensi

RISET: JANGAN LANGSUNG MAIN HP PAS BANGUN TIDUR YA!

Sadar nggak Civs kalau banyak orang yang terbiasa langsung ngecek handphone setelah bangun tidur. Ternyata banyak dampak negatif yang bisa lo rasain dari kebiasaan itu, lho! Mending coba alternatif kegiatan lain deh daripada main HP pagi-pagi.

title

FROYONION.COM - Mengecek handphone setelah bangun tidur mungkin sudah jadi kebiasaan yang sering lo lakuin selama ini. Meski kadang mungkin nggak ada apa-apa juga yang harus lo pastiin pagi itu. 

Entah itu ngecek email, aplikasi WhatsApp, social media, atau cuma sekedar matiin alarm yang bunyi dan ganggu tidur lo. Pasti ada kegiatan yang lo lakuin dengan handphone setelah bangun tidur. 

Nggak bisa dipungkiri memang Civs, ngecek HP itu jadi candu tersendiri yang kayak sudah harus dilakukan by default. 

Sebuah riset yang diterbitkan oleh IDC Research Report mengungkapkan kalau sosial media dan segala yang berkaitan dengan gawai membuat kita seringkali merasa harus terus terhubung alias engaged. 

FYI, survei ini disponsori sama Facebook dan dilakukan terhadap 7.446 orang pemilik ponsel pintar dalam rentang usia 18-44 tahun. 

Dalam riset itu diungkapkan kalau interaksi individu dengan individu melalui handphone sudah dimulai sejak pagi hari, apalagi dalam 15 menit pertama setelah bangun tidur. Dalam catatan mereka, ada 4 dari 5 orang yang memeriksa ponsel mereka. 

Lebih dari 80 persen orang melakukan hal ini sebagai kebiasaan yang sangat lazim dilakukan. Makanya, banyak perancang ponsel yang memanfaatkan statistika itu untuk membuat fitur yang sesuai Civs. 

Kebiasaan ini dirasakan lebih mentereng buat kalangan kelompok anak berusia 18-24 tahun. 

Eh, tapi lo tahu nggak sih kalau ternyata kebiasaan itu mending lo tinggalin. Nggak cuma menghambat produktivitas, ternyata banyak kerugian yang bisa lo alami kalau langsung ngecek hp setelah bangun tidur. 

Jay Rai, seorang psikolog dengan spesialisasi neuroscience of mental health menulis di Forbes tentang bahaya mengecek handphone setelah bangun tidur. Dia menyebutkan kalau ponsel yang tujuan utamanya menunjang produktivitas terkadang malah bisa jadi sumber utama gangguan dan stres. 

Hal ini biasanya terjadi kalau lo memeriksa ponsel itu lebih dahulu tanpa ada maksud dan tujuannya. 

Gini gini, penjelasan doi itu dilandasi sama yang namanya gelombang pikiran yang ada di otak lo. Bermain ponsel langsung setelah tidur punya pengaruh yang melewatkan tahap-tahap penting dalam gelombang tersebut. 

Pertama lo harus tahu soal gelombang delta dan theta. Biasanya, kedua instrumen ini terjadi saat lo tidur atau dalam kondisi meditasi dan melamun. Gelombang ini penting sebagai siklus alami dalam tubuh.

Dengan langsung main HP setelah bangun tidur, lo memaksa otak buat masuk ke status beta atau kondisi saat lo terjaga dan waspada. 

Kondisi itu ternyata bikin lo belum mempersiapkan otak sepenuhnya untuk beraktivitas seharian. Apalagi, kalau lo langsung melihat kabar yang negatif di pagi hari. 

Kata doi, hal itu bisa memicu respons stres dan rasa gelisah sepanjang hari. Belum lagi, kalau lo ngeliat pesan atau email yang harus lo jawab di pagi hari. Biasanya hal itu bakal mendorong lo buat langsung merespons meski mungkin lo masih setengah sadar dan berbaring di ranjang. 

Sebenarnya hal ini berkaitan erat dengan fokus pikiran kita yang akan menjadi kacau. Kalau di pagi hari saja pikiran sudah nggak rileks, maka lo fokus lo akan terpecah-pecah ketika akan menjalani aktivitas seharian. 

KALAU GITU APA YANG HARUS DILAKUIN? 

Menurut Jay, sebenarnya banyak hal yang bisa lo lakuin supaya nggak ke distract sama notifikasi handphone lo pagi-pagi. 

Misalnya, kata dia, lo bisa mulai dengan membiasakan diri menyetel ponsel ke mode pesawat sebelum tidur. Dengan begitu, dunia luar nggak akan ganggu waktu pagi lo lewat notifikasi yang ada. 

Dengan begitu lo bisa memulai hari dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bersifat personal sehingga ada tahap persiapan diri sebelum memulai kegiatan sehari-hari. 

Dia pun merekomendasikan beberapa kegiatan konstruktif buat lo lakuin di pagi hari sebelum berhubungan dengan dunia luar. Misalnya, lo bisa mulai dengan berolahraga, menghabiskan waktu bersama keluarga atau menikmati secangkir kopi dengan tenang. 

Buat gue, menikmati secangkir kopi di pagi hari adalah cara paling efektif buat bersiap. Kadang se-simple nyeruput kopi hangat, bisa buat gue rileks dan nggak banyak mikir tentang apa yang akan terjadi seharian. 

Hal ini tentunya jadi bagian penting buat memulai hari supaya gue nggak gampang kagok dan hilang mood ketika beraktivitas. 

Kalau mau lebih ekstrim lagi, dia bilang kalau masa-masa terbaik di hidupnya itu bisa terjadi karena dia meluangkan waktu untuk bermeditasi. Sederhana sih caranya, cukup mengambil nafas dalam-dalam dan memikirkan tentang perasaan diri sendiri. 

Selain itu, lo juga bisa mulai merencanakan hal-hal apa yang bakal lo lakuin seharian ini. Dengan begitu, jadwal kegiatan lo bakal lebih tertata rapi dan nggak berantakan. Menurut gue sih, hal itu juga bakal lebih mendorong produktivitas lo dibandingkan cuma sekedar ngecek hp pagi-pagi. 

Aktivitas-aktivitas itu dinilainya lebih baik untuk mengurangi stres dan membantu lo lebih produktif seharian. Cara ini paling tokcer buat meningkatkan fokus. 

Tapi memang sih Civs, terkadang ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan lo lebih cekatan sehingga harus benar-benar aktif memeriksa handphone. Tapi masa iya sih, lo nggak bisa luangin waktu 15 menit pertama setelah terbangun dari tidur buat sekedar nyantai saja sebelum memulai hari.

Sebenarnya ini kan jadi masalah dunia yang ditemukan lewat survei IDC di atas tadi itu. Kebanyakan orang terbiasa langsung bermain handphone pada 15 menit pertama setelah terbangun. 

Yuk coba Civs kita ambil langkah kecil buat keluar dari kebiasaan ini. Rasain deh apa yang nantinya bakal berubah di hidup lo setelah itu ~ (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!