Esensi

REWIREMENT, KONSEP HIDUP YANG BIKIN MASA PENSIUN TETAP SAT SET

Tetap produktif di masa pensiun bukan hal yang tabu lagi untuk dilakukan, apalagi pemikiran ini terus ada di kalangan anak muda yang ambisius.

title

FROYONION.COMMasa pensiun seringkali diartikan oleh banyak orang dengan selesai dari masa bekerja ataupun aktivitas lainnya untuk meraup pundi-pundi uang semasa hidup. Pensiun, bisa diibaratkan menjadi titik goal yang ingin dicapai di masa tua kelak. 

Maka dari itu, seringkali dana pensiun itu dikumpulkan oleh anak-anak muda sehingga bisa aman walau nggak ngapa-ngapain di usia yang sudah tidak produktif nantinya lagi. Begitu juga dengan berbagai program jaminan sosial yang dirancang untuk bisa menjadi pertahanan terakhir. 

Dalam bahasa inggris, masa pensiun disebut sebagai ‘retirement’. Tapi ternyata, belakangan di Amerika Serikat seringkali muncul pola pikir dan gaya hidup yang menyingkirkan penggunaan kata ‘retirement’ itu menjadi ‘rewirement’.

Melalui konsep rewirement ini, kita diajarkan untuk bisa tetap punya finansial goal di masa tua kelak tapi tidak mengabaikan hal-hal produktif dan apa yang kita senang geluti. 

Secara sederhana, konsep hidup ini mengajarkan setiap orang untuk bisa tetap aktif berkegiatan meski telah masuk masa pensiun. 

BACA JUGA: RUTINITAS MALAM YANG BIKIN KAMU PRODUKTIF DAN KREATIF

Saat pensiun, Serena Williams (mantan atlet tenis Amerika Serikat) menolak menggunakan kata ‘retirement’ untuk mengakhiri karir di dunia olahraga. Hal itu disampaikannya langsung dalam sebuah tulisan di Majalah Vogue pada Agustus 2022 lalu. 

I have never liked the word retirement.(Saya tidak pernah menyukai kata pensiun),” tulis Serena dikutip Selasa (2/5/2023). 

Menurutnya, apa yang didefinisikan oleh pensiun tersebut sangat nggak cocok dengan dunia modern sekarang ini. Masa sedang transisi, di mana banyak orang yang butuh mendefinisikan ulang berbagai hal. 

Oleh sebab itu, dia mengatakan, daripada hanya sekedar mengakhiri kerjanya di dunia tenis lebih baik dia mengejar apa yang selama ini juga ingin dilakukannya. Salah satunya, Serena mengungkapkan tentang pembentukan Serena Ventures, sebuah capital firm yang ingin dikembangkan lebih lanjut oleh dirinya. 

Definisi ini tentu punya tujuan yang sangat berbeda dengan apa yang biasa kalian lakukan sehari-hari untuk mencari uang. 

Banyak cerita lain tentang bagaimana masa pensiun sebenarnya harus diisi dengan apa yang kita sukai. Misalnya, apa yang dilakukan oleh Jackie Crosby (61), mantan wartawan Minneapolis Star Tribune yang telah pensiun hampir selama satu tahun. 

Dalam tulisan yang dipublikasikan oleh situs global agencyWunderman Thompson, dijelaskan kalau Jackie sebenarnya sudah mencapai puncak karirnya sebagai seorang jurnalis. Dia memenangkan hadiah pulitzer sebanyak dua kali selama berkarir. 

Tapi, meski sudah pensiun bukan berarti karya-karyanya tidak bisa terus dihadirkan. Dia malah beralih menjadi seolah penulis penuh waktu. Jackie mengungkapkan kalau sebenarnya istilah ‘retirement’ menjadi sangat membosankan untuk dirinya yang ingin terus bergerak.

Apalagi, salah satu keresahannya ialah selama berkarir dia terus bekerja untuk orang lain (sebagai jurnalis di media). Maka dari itu, setelah pensiun dia pun berpikir lebih dalam untuk tahu apa yang ingin dilakukan untuk dirinya sendiri. 

Selain dua tokoh itu, di Indonesia kita juga mengenal Raditya Dika, komikus sekaligus penulis dan sutradara film ini seringkali mengusung konsep ‘rewirement’ untuk mengakhiri karirnya saat pensiun nanti.

Tujuannya apa? Balik lagi, dia menjadikan masa pensiun itu bukan sebagai akhir dari perjalanan. Tapi sebenarnya masa pensiun bisa menjadi sebuah gerbang baru untuk memulai langkah karya yang ingin kita ambil. 

Dengan perencanaan keuangan yang matang tentunya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan masa pensiun kita itu tetap bermakna dan produktif. 

PERENCANAAN MATANG

Untuk merealisasikan masa pensiun tersebut, tentunya diperlukan proses perencanaan yang matang agar sejak dini. Bukan cuma rencana, tapi tujuan yang ingin kalian lakukan di masa pensiun itu pun harus jelas. 

BACA JUGA: LEBIH PRODUKTIF DAN TAHAN STRES DENGAN HUMOR

Pilihan hidup ini biasanya sangat cocok buat kalian yang sering merasa jenuh atau bosan ketika tidak melakukan apapun. Terkadang juga, harus diakui kalau banyak orang yang beranjak tua itu terkadang takut akan kehilangan produktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan. 

Menurut perencana keuangan Advisors Alliance Group (AVG), Andy Nugroho jika ingin menerapkan rewirement di masa pensiun, maka paling tidak kalian harus mulai mempersiapkan dana pensiun itu sendiri dari sekarang. Paling tidak, anak-anak muda bisa menyisihkan 10% dari penghasilannya sehari-hari. 

Nantinya uang yang terkumpul itu bisa dijadikan sebagai modal jika kalian ingin mengembangkan usaha ataupun menjalani proses lain ketika pensiun. 

“Bukan hanya itu, bisa untuk sumber dana kebutuhan sehari-hari apabila ternyata profesi atau bisnis baru kita belum memberi hasil seperti yang diharapkan,” ucap Andy saat berbincang dengan tim Froyonion.com, Rabu (3/5).

Kalian bisa memilih beberapa produk keuangan seperti Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) di bank atau asuransi, reksadana, saham ataupun logam mulia yang aman untuk jangka panjang. 

Penting juga untuk mulai membangun kebiasaan tetap produktif sejak sekarang. Misalnya, mulai membangun side income ataupun bisnis lain di luar pekerjaan utama dari sekarang. 

Hal ini tentu jadi sangat penting sehingga nantinya ketika kalian pensiun maka tetap akan ada pasif income yang mengikuti. Bisnis-bisnis jaringan, kata dia, sebenarnya juga cukup populer di kalangan anak muda sekarang ini. 

“Invest di bisnis ataupun usaha yang dijalankan oleh orang lain, juga bisa menjadi salah satu sumber passive income kita,” tambah dia. 

Tapi, yang perlu menjadi catatan nih. Selain memperkokoh keuangan kita untuk kelak nanti, juga penting agar kalian tahu tentang jalan apa yang mau diambil untuk masa pensiun. Walhasil, ketika nanti kita sudah masuk ke usia yang tidak produktif lain, kita tidak akan kesulitan untuk belajar dari nol segala sesuatunya. 

Sebenarnya, ini langkah pertama dan utama yang harus kalian sadari ketika memutuskan untuk melakukan rewirement

Mulai jalani hobi ataupun aktivitas yang kalian gemari dan diharapkan bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan nantinya. Mungkin sekarang ini kalian nggak bisa menekuni aktivitas itu secara maksimal karena pekerjaan sehari-hari. 

BACA JUGA: ATLET ESPORTS BERPOTENSI CEDERA HINGGA PENSIUN DINI?

Terakhir, penting untuk tidak mengabaikan kesehatan saat masa tua nanti. Kalian harus sadar kalau sudah memasuki usia pensiun, maka kondisi kesehatan juga akan menurun. Makanya, siapkan semua kebutuhan perlindungan yang cocok, mulai dari asuransi kesehatan dan lainnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!