Esensi

PUASA DI KOS: ANTARA ‘SURVIVAL INSTINCT’ ATAU MALAH PUSING?

Pernah ga sih kalian sahur cuman pake Energ*n sama Ben*beng? Atau buka puasa nyari santunan dari Masjid sekitar kosan? Mungkin kesannya miris banget ya, tapi ini justru life hacks buat mensyasaty sebulan yang penuh berkah sebagai anak yang jauh dari rumah.

title

FROYONION.COM - Dinamika ngejalanin bulan Ramadan ketika posisinya lagi ngekos sendirian itu bener-bener nguji survival instinct, Civs. Buat kalian yang ngekos juga, pasti punya caranya masing-masing dong. Nah disini gue pengen sharing soal gimana sih lika-liku gue sebagai anak kos yang ngejalanin bulan puasa +- 5 tahun terakhir di tanah rantauan.

Hal pertama yang gue pikirin menjelang bulan puasa ketika ngerantau adalah apa-apa harus mandiri. Tahun pertama bener-bener serba parno aja gitu. Yang biasanya sahur bareng keluarga, kali ini masang alarm 5 menit sekali demi bisa bangun. Gak cuman masalah bangunnya, sahurnya mau makan apaan juga mesti ada strategi tersendiri.

Pas gue kuliah di Jogja, kosan gue ada dapur bersama, tapi si bisa masak tuh. Jadi bungkus makan di malem sebelumnya aja deh biar simple. Cuman kosan gue gak ada microwave, dan gue juga gak punya rice cooker. Jadi ya gitu, makanan dingin waktu sahur udah jadi konsumsi sehari-hari. Kadang keluar juga nyari makan kalo gak mager. Enaknya di Jogja pas jam-jam sahur justru banyak warung yang buka. Hal yang jarang gue temuin sewaktu masih kecil-SMA di daerah asal gue, Bali.

“Kenapa gak prepare makanan instan aja?” temen-temen kuliah gue nyaranin. Oke akhirnya gue pernah nyiapin Indomie, Energen, roti-rotian dan Bengbeng ber-pack pack buat urgent kalo telat bangun atau magernya gak ketulungan. Sejenak gue berpikir ketika nulis ini lagi, kenapa ya gue beli banyak Bengbeng? Padahal kenyang juga enggak. Au dah gue juga heran sama diri gue sendiri saat itu.

Pernah juga sahur cuman makan Indomie, abis itu ngide minum UC1000 tepat sebelum lanjut tidur. Mikirnya sih kan ini vitamin C bagus ya buat daya tahan tubuh gitu. Nah bangun-bangun jam 9an pagi prepare tuh buat kuliah. Sampe kampus? Ngerong-ngerong gue megangin perut mulu sampe ibu dosen saat itu khawatir ngeliat gue pucet banget. Ditanya dong kenapa, gue jawab apa adanya. Beliau dan temen-temen kelas gue gajadi empati kayanya, tapi malah ketawa karena emang guenya bego aja.

Padahal gue ga punya sejarah problem di lambung. Tapi karena kejadian itu gue jadi tau kalo yang bermasalah bukan cuman lambung gue, tapi logika otak gue yang fungsinya rada berkurang. Si paling sehat itu konsumsi asem-asem pas sahur.

Ada juga pengalaman toleransi dari temen kampus yang kebetulan sekosan. Agama dia nonis, tapi pengen coba ngerasain sahur. Nah bener aja di sahur hari pertama banget gue gedor kamar dia, bangunin jam 3 pagi buat ngajakin ke McD. Beler banget mukanya pas itu. Abis makan, balik kosan, besoknya ga mau sahur lagi dia. Nyesel dia nyobain bangun jam segitu. Giliran bukber aja baru semangat hunting takjil.

Ketika menjelang buka puasa nih, menurut gue di Jogja berasa banget festive momentnya. Gue sangat menikmati bertahun-tahun vibesnya bulan puasa sebagai anak rantau di Jogja. Entah dari lingkungannya, orang-orangnya, dan makanannya. Beda aja gitu, mungkin karena gue yang biasa makan masakan keluarga dari kecil, karena ngerantau jadi bisa explore sana-sini.

Salah satu hal yang jadi saviour gue ketika ngekos di Jogja tuh adanya santunan dari Masjid. Selain karena gak keluar duit buat buka, dapet santunan begitu jadi berasa banget feel anak kosannya hahaha. Gak sering kok, biasanya kalo lagi kepepet aja. Ngejalanin bulan puasa sendirian itu secara gak langsung juga ngasah kemampuan money management yekan. Makanya bersyukur banget dapet santunan.

Ketika artikel ini ditulis pun, gue juga nulisnya di kamar kosan. Cuman kali ini lebih challenging lagi karena tahun pertama puasa sebagai karyawan dan segala pengeluaran serba ditanggung sendiri. Masih bertahan dengan sahur pake makanan dingin, karena yang penting isi aja ni perut. Buka puasanya baru makan yang enak-enak berkedok self reward. Kenapa ya kalo bulan puasa tu suka kalap? Padahal buka pake gorengan kadang suka begah duluan.

Gue sangat bersyukur punya kesempatan untuk nguji batasan diri dengan ngejalanin bulan puasa yang jauh dari rumah, bahkan gak cuman sekali dua kali. Karena menurut gue, tinggal sendirian ditambah keadaan yang serba kepepet tuh jadi ngebuat kita semakin kenal sama diri sendiri. Selebihnya survival instinct itu bakal kebentuk alami sih. Meskipun kondisi badan kadang jadi taruhannya.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang ngerayain, Civs! Tahan-tahan ya emosinya, kalo masalah nahan makan-minum di siang hari mah gampang. Karena sehari-hari meskipun bukan bulan puasa juga jarang makan (re: ngirit). 

Yang susah itu nahan emosi ajakan bukber yang ujungnya wacana doang. Tapi kalo yang baca artikel ini ada yang domisilinya Bintaro dan sekitarnya, boleh kok kita realisasiin bukbernya tahun ini hehe. (*/)

BACA JUGA: ‘IFTAR ON THE ROAD’: CARA KREATIF BERBAGI KEBAIKAN DI BULAN RAMADAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dicky Mahardika

Sehari-hari bikin presentasi, kadang kelamaan mikir buat bikin kalimat deskripsi kayak gini.