Esensi

MENGENAL HOARDING DISORDER, BERMULA DARI KEBIASAAN YANG BEREFEK BURUK

Akhir-akhir ini sedang viral terkait seorang perempuan penyewa kos yang tinggal dengan penuh sampah. Bukan karena apa-apa, ia benar-benar melakukan dengan sengaja tapi kok bisa ? Emang nggak jijik atau kotor?

title

FROYONION.COM - Apa sih yang akan terpikirkan di benak lo ketika melihat orang yang suka menimbun barang-barang yang bahkan sudah menjadi sampah? Hal tersebut memang tak biasa tapi ternyata tanpa disadari banyak loh orang-orang yang sedemikian itu. 

Apa sih yang terjadi pada mereka yang suka menimbun barang-barang tak berguna atau sampah ? Jadi yang mereka alami merupakan salah satu gejala depresi yang biasa disebut Hoarding disorder

Hoarding disorder merupakan gangguan psikologis yang terjadi pada seseorang yang menyebabkan seringnya menimbun barang-barang bekas atau sampah. Nggak kebayang kan kalau lo harus hidup dengan penuhan sampah di dalam rumah. 

Menurut (American psychiatric association ) yang di kutip dari jurnal elibrary Unikom mengungkapkan bahwa 2-6 persen jumlah manusia mengalami hoarding disorder artinya tanpa disadari semua manusia di dunia ini bisa terkena hoarding disorder. 

Lebih parahnya lagi mereka para hoarding disorder melakukan kebiasaan menumpuk barang-barang bekas atau sampah tanpa merasa bahwa hal itu fatal kedepannya.

Meskipun tampak sepele hoarding disorder akan berbahaya jika dilakukan terus menerus tanpa adanya kesadaran untuk berubah. Hoarding disorder bisa tampak dari aktivitas-aktivitas kecil menimbun barang atau sampah yang semakin lama jika dibiarkan akan menumpuk seisi rumah. 

Jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan buruk akan sangat sulit mengubah gaya hidup apalagi tumpukan sampah bisa menyebabkan efek buruk lainnya seperti kesehatan, psikologi, atau mengganggu aktivitas bekerja. 

Dampak buruk bukan hanya akan terjadi kepada diri Lo sendiri namun juga orang-orang terdekat termasuk keluarga. 

1. RUMAH JADI BERANTAKAN

Kalau di rumah Lo ada banyak sampah gimana anggapannya ? Dari sebelum masuk aja rasanya udah ogah banget kan buat masuk rumah. Nah hal itulah efek yang terjadi apabila suka menimbun sampah sembarangan. 

Setiap sudut rumah akan dipenuhi oleh sampah-sampah yang bertumpukan karena tidak dibuang. Seorang yang mengidap hoarding disorder punya kecenderungan untuk tidak membuang sampah karena dinilai sampah sangat disayangkan untuk dibuang. 

Sampah yang terus ditumpuk tadi semakin lama akan semakin besar dan memenuhi ruangan rumah. Bisa dibayangkan akan seperti apa nantinya jika rumah Lo penuh sampah, melihat sampah sedikit saja rasanya akan mengganggu apalagi kalau sudah seperti tempat pembuangan sampah. 

Rumah Lo akan terlihat sangat berantakan barang-barang tak berguna bertebaran dan bertumpuk. Bukan cuma menganggu diri Lo saja tapi mungkin saja akan ada tamu atau seseorang yang akan datang ke rumah Lo. 

Mereka pasti akan beranggapan bahwa pemilik rumah tidak bisa menjaga kebersihan. Pemandangan sekitar rumah akan tampak kotor dan kumuh jika dibiarkan terus menerus.

2. PENYEBARAN PENYAKIT 

Efek buruk hoarding disorder patut di waspadai apalagi buat Lo yang sering melakukan kebiasaan enggan membuang sampah. Mulai sekarang biasakan hal-hal baik dari hal sekecil apapun itu termasuk membuang sampah pada tempatnya. 

Tau kan gimana kalau Lo tinggal dengan sampah ada dimana-mana ? Bukan cuma akan merusak pemandangan karena kotor tapi sampah juga bisa jadi sarang penyakit. 

Misalnya sampah yang tidak dibuang mulai dari sampah makanan, minuman atau lainnya bisa membusuk dan nanti akan menimbulkan bau menyengat. Tidak hanya itu sampah-sampah yang membusuk tersebut akan menyebarkan kuman dan menjadi penyakit. 

Lo pasti nggak mau kan kalau sakit cuma gara-gara sampah ? Jadi sekarang belajar untuk selalu menjaga kebersihan ya karena itu sangat penting untuk kehidupan kita semua. 

Efek atau dampak buruk yang terjadi bukan hanya akan berimbas ke diri Lo sendiri tapi juga keluarga dan akan menimbulkan masalah serius nantinya.

3. MENGGANGGU PIKIRAN 

Selain dapat menimbulkan penyakit dengan kondisi rumah yang berantakan akan membuat pikiran Lo juga berantakan. Melihat banyaknya sampah akan membuat tak nyaman apalagi baunya menyengat. Melakukan aktivitas sebentar pun rasanya sangat malas sebab bertebarannya sampah. 

Perlu diketahui hoarding disorder merupakan gangguan psikologis yang membuat seseorang enggan membuang sampah. Kondisi psikologis yang tidak sehat memungkinkan akan semakin buruk jika pikiran lo terganggu hanya karena sampah. 

Terganggunya pikiran akan mempengaruhi segala hal dalam diri Lo sendiri termasuk pola hidup berantakan. Aktivitas yang dijalani tidak teratur, pergerakan di dalam rumah semakin sulit karena banyaknya sampah.

Tidak berjalannya aktivitas membuat bosan dan pikiran atau mental pastinya semakin terganggu. Stress bahkan depresi bisa saja terjadi karena tidak adanya semangat menjalani hari-hari.

Sepanjang waktu yang dilihat hanya sampah di setiap sudut rumah, bagaimana pikiran tidak terganggu ? 

4. MEMPERLAMBAT HAL-HAL YANG INGIN DICAPAI

Kebiasaan buruk tidak membuang sampah haruslah dihilangkan mulai dari sekarang agar bisa mencegah dampak hoarding disorder. Rumah sesak, penyakit ada dimana-mana, belum lagi pikiran stress karena bingung dengan banyaknya sampah.

Bukan cuma itu, masa depan Lo juga akan tertunda, semua pola hidup berubah seketika. Tadinya sangat semangat untuk melakukan segala aktivitas seperti pekerjaan. 

Apabila sudah terkena hoarding disorder, Lo pasti akan berubah total dari yang tadinya sangat rajin dan sekarang malah menjadi malas. Gimana nggak malas, buang sampah aja nggak mau kan ? Jangan biarkan semua impian Lo yang udah direncanakan harus gagal.

Mungkin benar hoarding disorder adalah gangguan psikologis namun pencegahannya bisa dengan mulai membuang sampah pada tempatnya, selalu berfikir positif dan adaptasi lingkungan yang positif pula.

Pikiran dan mental juga akan berpengaruh apabila lingkungan tempat tinggal Lo tidak menjadi support baik termasuk kebersihan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khanifah Auliana

Mahasiswi KPI di salah satu universitas Pekalongan. Hobi nulis, pingin jadi novelis, pebisnis dan dosen biar nggak bosen.