Esensi

MENGAPA LAGU-LAGU K-POP CENDERUNG MEMILIKI JUDUL LAGU YANG ANEH?

Mulai dari DDU-DU-DDU-DU dari Blackpink sampai TT dari Twice. Nyatanya beberapa lagu K-Pop memiliki judul lagu yang cenderung “aneh”. Tapi anehnya, lagu tersebut tetap sukses di pasaran.

title

FROYONION.COM - K-Pop nggak bisa dipungkiri sudah menjadi salah satu genre musik yang paling banyak diminati di dunia. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, ketika salah satu personil  BTS yautu Jungkook tampil di opening ceremony World Cup Qatar 2022 dengan membawakan lagu berjudul “Dreamers”.

K-Pop pada dasarnya adalah bagian dari Hallyu atau Korean Wave.Yang mana posisi K-Pop disini adalah sebagai musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Umumnya, musisi K-Pop dikenal sebagai grup yang berisikan sejumlah laki-laki atau perempuan, misalnya BTS, Blackpink, Twice, dan lainnya. Di sisi lain, ada juga musisi K-Pop yang merupakan seorang solois, seperti IU, BOL4, Taeyeon, dan lainnya.

Untuk genre musik sendiri, K-Pop sendiri mengambil beberapa genre musik, seperti hip-hop, rock, jazz, EDM, dan lainnya. Dan dari beberapa genre musik tersebut, nyatanya ada satu keunikan tersendiri dari lagu-lagu yang dibawakan oleh para musisi K-Pop. 

BACA JUGA: KENAPA SIH FANS K-POP ROYAL SOAL DONASI?

Terlepas dari apapun genre musik yang digunakan, nyatanya terdapat satu keunikan yang buat gua pribadi menjadi salah satu keunikan dari lagu K-Pop. Yaitu, judul lagu yang mereka gunakan. 

Beberapa lagu hits dari K-Pop nyatanya memiliki judul lagu yang cenderung unik dan kadang kalau kita pikir-pikir ga punya arti atau makna. Misalnya salah satu hits dari Blackpink yaitu DDU-DU-DDU-DU atau hits dari Twice yaitu TT. 

Dari dua judul lagu tersebut, pastinya sebagai orang awam yang belum pernah mendengarkan lagunya, mereka pastinya kebingungan dengan makna dari judul lagu tersebut. Karena gini, biasanya sebuah judul lagu adalah representasi atau penggalan lirik dari sebuah lagu. Sehingga, judul lagu seringkali menggambarkan atau menyimpulkan isi lagu tersebut.

Tapi dengan judul lagu seperti DDU-DU-DDU-DU ataupun TT, apakah kita bisa menyimpulkan isi lagu tersebut? Terus, kenapa akhirnya beberapa lagu K-Pop memiliki judul lagu yang “aneh”?

MEMBERI EFEK RASA PENASARAN LEBIH

Seperti yang udah sempet singgung tadi, beberapa judul lagu memang seringkali merupakan isi atau penggalan lirik dari sebuah lagu. Sehingga, dengan adanya hal tersebut, pendengar lagu tersebut setidaknya sudah memiliki bayangan mengenai bagaimana lagu tersebut akan dibawakan. 

Dan sebenarnya beberapa lagu K-Pop pun melakukan hal yang sama, para musisi K-Pop memasukan penggalan lirik dari lagu yang mereka buat sebagai judul lagunya, seperti di lagu Blackpink yang berjudul DDU-DU-DDU-DU. Kata DDU-DU-DDU-DU disini ga cuma sebagai judul lagu aja,  justru kata tersebut menjadi bagian dari chorus dari lagu tersebut. 

Jadi, sebenarnya para musisi K-Pop sudah melakukan hal yang sama seperti musisi lainnya. Keduanya sama-sama menjadikan penggalan lirik sebagai sebuah judul dari lagu yang mereka ciptakan. Yang menjadi pembeda adalah, judul lagu K-Pop menggunakan yang “abstrak” dan cenderung “aneh”. 

Tapi keanehan ini bukan berarti mereka gabut atau iseng aja. Justru dengan memberikan judul yang “aneh”, hal tersebut malah menjadikan keunikan yang akhirnya membuat orang-orang penasaran dengan lagu tersebut.

Sama seperti beberapa lagu yang memang ditujukan untuk hiburan atau komedi. Meskipun jelek, tapi dengan menggunakan judul lagu yang “aneh”, setidaknya akan tetap memberikan rasa penasaran bagi banyak orang. 

Terlebih judul lagu menjadi salah satu elemen penting dari sebuah lagu. Karena, judul lagu menjadi hal yang pertama kali dilihat oleh seseorang sebelum mereka memutuskan untuk mendengarkan lagu tersebut. 

Karena gini, seringkali kita merasa malas untuk mendengarkan sebuah lagu hanya karena judul lagu yang ingin kita dengar terdengar “pasaran” atau sangat klise. Dengan memberikan judul lagu yang “aneh”, setidaknya dapat memberikan efek penasaran kepada banyak orang yang akhirnya membuat mereka memutuskan untuk mendengarkan lagu tersebut. 

MEMILIKI MAKNA DAN ARTI LAIN

Nyatanya, judul lagu yang dianggap “aneh” ini nggak berarti tidak memiliki arti. Beberapa lagu K-Pop yang memang memiliki judul “aneh” nyatanya memiliki arti yang cukup dalam.

Masih dengan lagu yang sama misalnya. Kata DDU-DU-DDU-DU emang terkesan ga ada arti dan makna sama sekali. Tapi, menurut salah satu member dari Blackpink, yaitu Jennie. Kata DDU-DU-DDU-DU menjadi sebuah “mantra” untuk para member Blackpink. 

Lagu DDU-DU-DDU-DU sendiri merupakan salah satu hits dari mini album Blackpink yang berjudul “Square Up”. Dan mini album Square Up ini sendiri memiliki arti sebagai “Ayo bertarung, ayo kita lakukan.”. Dengan kata DDU-DU-DDU-DU yang identik dengan suara tembakan yang mana bunyi tembakan sering terdengar di medan perang. Bagi Jennie kata DDU-DU-DDU-DU menjadi mantra penyemangat bagi para member Blackpink yang sedang berjuang guna kesuksesan mereka. 

Atau Lagu TT dari Twice yang ternyata merupakan bentuk emoticon menangis. Yang mana di dalam video clip lagu tersebut, kita bisa melihat para member Twice sedang menari sambil menangis ketika bagian kata “TT” dinyanyikan. Sehingga dari sini kita bisa paham, bahwa kata “TT” pada lagu tersebut merujuk ke emoticon menangis. 

Dari adanya penjelasan tersebut, penamaan judul lagu K-Pop emang cenderung “aneh” dan ga memiliki arti. Tapi di sisi lain, judul lagu yang “aneh” tersebut justru memiliki arti lain dan terkadang memiliki makna yang mendalam bagi para member grup tersebut. 

Dan kita juga sama-sama tahu, bahwa musik pada dasarnya adalah salah satu media berkomunikasi dan berekspresi seorang musisi. Sehingga, gua rasa melalui lagu DDU-DU-DDU-DU dari Blackpink, lagu tersebut secara jelas mengekspresikan apa yang dirasakan oleh para member Blackpink yang saat itu sedang mulai mengawali karir mereka melalui mini album mereka. 

CIRI KHAS LAGU K-POP

Pada akhirnya, baik disengaja atau ga sengaja. Judul lagu “aneh” sudah menjadi ciri khas untuk skena musik K-Pop. Karena sejauh ini cukup sulit rasanya menemukan lagu dengan judul “aneh” bisa bersaing di top chart dengan lagu-lagu yang memiliki judul puitis. 

Seenggaknya, dengan judul lagu yang terkesan “aneh” ini, lagu K-Pop bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan akhirnya bisa bisa diakui secara global. Dan nyatanya, dengan keanehan judul lagu yang mereka miliki, lagu-lagu K-Pop sukses bersaing dengan lagu-lagu produksi Hollywood, dan bahkan memenangkan berbagai penghargaan. 

Dan melalui keanehan judul lagu yang dimiliki oleh industri K-Pop, hal tersebut setidaknya menjadi ciri khas dari industri tersebut. Dan lagi pula keanehan tersebut memiliki makna positif dan justru menjadi keunikan dari lagu K-Pop. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop