Esensi

MASA SIH, LULUSAN SMK SUSAH DAPAT PEKERJAAN?

Kata siapa anak SMK susah dapat pekerjaan? Belum tau aja kalau mereka juga bisa berkarir di industri kreatif Indonesia. Simak tulisan ini, Civs!

title

FROYONION.COMLulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, katanya sulit mendapatkan pekerjaan? Sebagai sekolah menengah yang bertujuan buat menciptakan lulusan siap bekerja, kok malah susah dapat kerja.

Sayangnya, anggapan ini memang betul adanya, Civs.

Seperti dikutip dari data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2018, jumlah lulusan SMK mencapai 14,54 juta, dengan penyerapan menjadi tenaga kerja sebesar 91,08 persen. Angka ini masih jauh dibandingkan lulusan SD yang cuma 97,09 persen, loh!

Sebagai lulusan SMK, gue pun merasa sedih melihat kisah mereka yang makin ke sini, makin nggak tau nasib karirnya. Terlebih, menurut Enny Sri Hartati, Direktur Eksekutif Institute for Development Economic and Finance, penyebab lainnya karena minimnya penyerapan tenaga kerja lulusan SMK.

“Jadi memang permasalahan utama dari penyerapan tenaga kerja lulusan SMK adalah sektor yang memang masih belum menggeliat,” ucapnya, dikutip dari ekonomi.bisnis.com pada 31 September 2018.

Kalau sudah begini, pihak mana yang harus bertanggung jawab? Pengelola sekolah atau justru pemerintah?

Enny bilang kalau faktor sekolah yang kurang aktif mempromosikan sekolah, kemudian nggak menjalankan tugas asli seperti semestinya, dan minimnya praktik–jadi permasalahan yang tumbuh subur di sektor SMK.

Oleh karena itu, beberapa solusi yang bisa diberikan adalah menerapkan kurikulum yang sesuai, dan memberikan mereka–para lulusan SMK terhadap skills atau keterampilan yang cocok dibutuhkan industri saat ini. 

Nah, ngomongin salah satu industri yang cocok dipilih bagi lulusan SMK adalah berkarir di industri kreatif Indonesia.

Seperti data dari laporan OPUS Ekonomi Kreatif 2020, bahwa subsektor ekonomi kreatif berkontribusi sebesar Rp 1.211 triliun. Angka ini lebih tinggi ketimbang di tahun 2019 yang cuma sebesar Rp 1.105 triliun.

Data tersebut sesuai dengan manfaat yang didapatkan ketika berkarir di industri ini, mulai dari lingkungan dan iklim bekerja yang fleksibel, kesempatan untuk belajar dari berbagai bidang, bekerja sesuai dengan passion atau minat, dan mendapatkan gaji yang kompetitif.

Jadi tambah penasaran. Apa aja pekerjaan yang bisa dilamar bagi lulusan SMK yang memilih berkarir di industri kreatif? Daripada lo penasaran, simak di bawah ini, Civs!

BACA JUGA: TIPS MENGGUNAKAN LINKEDIN BIAR LO CEPAT MENDAPATKAN PEKERJAAN

1. CONTENT CREATOR

Sesuai dengan namanya, content creator adalah profesi yang kian diminati anak muda. Profesi ini bertanggung jawab dalam perencanaan, pembuatan, dan mengunggah konten di berbagai media digital.

Bagi lo yang tertarik menjadi content creator, bisa nih memulainya dengan membuat kreasi video di YouTube, atau menyalurkan hobi ngobrol dengan membuat podcast. Jadi, semua kalangan termasuk lulusan SMK juga bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan cuan.

Sedikit tips juga untuk lo sebelum terjun di profesi ini. Usahakan buatlah konten yang sesuai dengan audiens/followers, kaitkan dengan sesuatu yang sedang tren, pilihlah kualitas resolusi konten yang tinggi, dan berkolaborasilah dengan sesama content creator.

2. FOTOGRAFER

Urutan kedua adalah menjadi fotografer alias juru foto. Walaupun sering dipandang sebelah mata. Profesi ini selain keren karena menggunakan kamera digital berteknologi terkini, lo juga bertanggung jawab menguasai teknik pengambilan gambar, komposisi gambar, pencahayaan, dan masih banyak lagi.

Di zaman dahulu, memang profesi ini kurang banyak diminati. Masalahnya satu, lo harus repot-repot cuci foto buat menghasilkan satu lembar foto. Namun, dengan teknologi yang semakin maju, berbekal kamera hape aja lo juga sudah bisa menjadi fotografer.

Bagi lo yang akan menekuni profesi ini–nggak perlu khawatir harus jago dahulu karena seiring berjalannya waktu dan jam terbang yang lo miliki, keterampilan sebagai fotografer andal juga bakal lo dapatkan, Civs. Yang penting jangan malas latihan dan asah skill!

3. DESAINER GRAFIS

Kalau nggak jadi content creator atau fotografer, ya jadi desainer grafis. Nah, mungkin hal ini yang terselip di benak lo, selain profesi desain grafis sepertinya terlihat gampang karena hanya berkreasi membuat gambar atau karya grafis yang keren.

Makanya, perlu lo ketahui bahwa menjadi desainer grafis juga punya tanggung jawab yang sesuai. Misalnya, mewujudkan komunikasi verbal menjadi komunikasi visual yang dapat menarik perhatian orang, dan juga harus melek tren–biar desain lo nggak itu-itu aja.

Sama seperti profesi lainnya, bekerja sebagai desainer grafis juga bisa lo mulai dari nol, kok. Apalagi, sekarang sudah menjamur lembaga, sekolah atau pelatihan yang khusus mewadahi desainer grafis muda untuk bisa berkembang, dan tentunya berpenghasilan.

4. PENULIS

Jadi penulis, kenapa nggak? Profesi ini seolah nggak lekang dimakan waktu. Coba bayangkan, semua bidang membutuhkan keahlian menulis. Termasuk menjadikan keterampilan ini menjadi profesi yang menjanjikan di masa depan.

Uniknya, ada banyak bidang yang menawarkan profesi menulis. Mulai dari menjadi penulis buku, penulis novel, penulis lagu, penulis konten atau content writer dan penulis wara atau copywriter yang nggak kalah diminati anak muda.

Sebenarnya, nggak ada cara baku buat jadi penulis andal. Asalkan lo bisa baca, dan tulis–itu sudah menjadi keterampilan dasar yang mutlak dimiliki seorang penulis. Namun, biar skill juga meningkat, bisa nih ikut pelatihan atau mini course yang membahas keterampilan menulis.

5. VOICE OVER TALENT

Satu lagi pilihan profesi yang bisa lo coba untuk dapat berkarir setelah lulus sebagai siswa SMK. Yap! Menjadi voice over talent atau pengisi suara. Nggak heran juga, era digital saat ini–banyak perusahaan yang membutuhkan profesi voice over talent, Civs.

Sebagai contoh, perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, mayoritas menggunakan iklan berbentuk audio visual yang jamak kita lihat di TV ataupun di internet. Supaya pesannya dapat tersampaikan, maka dibutuhkanlah voice over talent.

Oleh karena itu, profesi ini begitu diminati–seolah menjadi tren anak muda Indonesia. Nggak perlu berpatok harus punya suara yang merdu apalagi suara emas, yang penting rajin latihan, ikut komunitas pegiat voice over talent, dan jangan malas kirim portofolio suara.

Itulah tulisan singkat seputar fenomena lulusan SMK yang katanya susah mendapatkan pekerjaan. Di balik fakta ini, untuk bisa bekerja–nggak mesti harus kuliah dulu, kok. Karena punya keterampilan dan semangat yang tinggi bisa jadi bekal di masa depan.

Dari kelima pilihan karir bagi lulusan SMK yang ingin bekerja di industri kreatif, kira-kira lo lebih cocok pilih yang mana, Civs? (*/)

BACA JUGA: SUKA DUKA BEKERJA DI CREATIVE AGENCY YANG SELAYAKNYA LO KETAHUI

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas