Esensi

KUAT MENTAL BELUM TENTU SEHAT MENTAL, APA SIH BEDANYA?

Tahu nggak sih, Civs? Orang yang kuat mental itu belum tentu sehat mental, begitu juga sebaliknya lho. Cari tahu bedanya, yuk!

title

FROYONION.COM - Bagi anak-anak muda zaman sekarang, awareness soal kesehatan mental sendiri itu penting banget. Bukan buat ajang pamer-pameran atau bahkan buat cari perhatian ya, Civs, tapi justru buat jadi pengingat kita bahwa memerdulikan dan cinta sama diri sendiri itu harus lho. 

Banyaknya topik-topik soal mentality, bikin pengetahuan kita soal ini pun makin berkembang. Namun sayangnya nggak semua orang paham bahwa beberapa istilah itu beda definisi, salah satunya adalah kuat mental itu belum tentu sehat mental. Begitu juga sebaliknya, orang yang sehat mental, belum tentu kuat mentalnya. Yuk, cari tahu bedanya, Civs!

BACA JUGA: PAKAR MINDFULNESS ADJIE SANTOSO: ‘ANAK MUDA PERLU KOMUNIKASIKAN MENTAL HEALTH DENGAN ORTU’

KEKUATAN MENTAL VS SEHAT MENTAL

Menurut informasi yang dihimpun dari Very Well Mind, perbedaan antara kekuatan mental dan kesehatan mental itu kayak perbandingan antara kesehatan fisik dan kekuatan fisik. 

Jadi ngebangun otot itu emang bisa meningkatkan kesehatan fisik lo. Tapi walaupun otot lo gede, tapi enggak jamin kalau lo tuh sehat secara fisik, sebab orang dengan otot gede juga bisa kena kolesterol atau bahkan diabetes. 

Nah yang bikin kekuatan mental dan sehat mental itu beda adalah kalau kekuatan mental itu meliputi kemampuan buat mengatasi emosi negatif dengan cara yang sehat, cara lo memahami emosi, dan kemampuan lo untuk tahu kapan lo harus pakai emosi, kapan pakai logika. Sementara sehat mental itu, lo nggak punya indikasi mengalami gangguan mental apapun. 

Nah kalau lo lagi ngerasa sedih banget abis dimarahin sama dosen atau atasan lo, bukan berarti lo langsung kena gangguan mental. Tapi bisa jadi kekuatan mental lo tuh nggak sekuat orang lain. 

MENINGKATKAN KEKUATAN MENTAL

Gangguan mental memang hanya bisa ditanganin sama profesional seperti seorang psikolog atau psikiater, tapi untuk membangun kekuatan mental, lo sendiri pun bisa ngelakuinnya asal ada niat. 

Dengan ngebangun kekuatan mental lo, secara nggak langsung lo juga berkontribusi untuk membuat mental lo ikut sehat. Coba deh lakuin latihan berikut ini agar kekuatan mental lo semakin terasah. 

1. Latihan Kognitif

Latihan kognitif adalah strategi yang bisa ngebantu lo buat berpikir secara berbeda. Latihannya bisa nulis jurnal harian dengan nulis apa yang lo rasain dan pikirin, juga lo bisa bicara sama diri sendiri lho. Jadi coba deh untuk nunjukkin kasih sayang sama diri sendiri bahwa lo nggak perlu terlalu keras kok untuk jalanin semuanya, Civs!

2. Latihan Emosi

Latihan secara emosional bisa meningkatkan kesadaran diri lo tentang keadaan emosi dialamin. Seringkali lo mungkin suka nggak nerima emosi yang lo rasain. Misalnya sebenernya lo lagi sedih tapi lo nggak mau ngaku kalau sedih, hanya karena gengsi. 

Nah latihan emosi tuh bisa ngebantu lo untuk tahu kapan emosi bisa ngebantu atau justru malah bikin masalah. Latihan ini juga bisa ngebantu lo mencari strategi agar bisa ngurangin intensitas perasaan lo. Contoh latihannya kayak, kalau lo sadar lagi marah, lo akuin lo lagi marah, dengan kesadaran ini bikin lo tahu langkah apa yang bakal lo ambil biar nggak destruktif. 

Lo juga bisa cari cara buat ngalihin emosi yang bikin nggak nyaman. Misalnya kalau lagi kesel, lo bisa jalan-jalan dulu biar emosi lo reda, atau lo bisa ngelakuin hobi sebelum lo bicara soal emosi yang lo rasain. 

3. Latihan Perilaku

Latihan perilaku ini adalah tentang gimana caranya lo aktif ngelakuin hal-hal menyenangkan buat diri sendiri. Misalnya bikin jadwal untuk ngelakuin aktivitas fisik yang menyenangkan, seperti olahraga, naik gunung, nongkrong sama teman, atau ngelakuin hobi lo yang lain. 

Sekarang lo udah tahu kan, Civs, kalau kuat mental dan sehat mental itu beda. Jadi buang deh jauh-jauh pikiran kalau kuat mental itu artinya lo enggak boleh sedih atau enggak boleh ngaku kalau perasaan lo tuh terluka. Begitu juga sebaliknya, meski lo sekarang sehat secara mental, tapi kalau lo udah ngerasa mental lo nggak baik-baik aja, nggak salah buat nyari bantuan profesional ya, Civs! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dian Rosalina

Penulis, Ibu-ibu, dan pecinta kucing yang suka bakso.