Esensi

KENAPA DATING SHOW KOREA JADI POPULER BANGET?

Trend nonton dating show Korea lagi tinggi banget nih, akhir-akhir ini. Kira-kira kenapa ya dating show Korea jadi populer banget?

title

FROYONION.COM - Kalau kalian sadar nih Civs, akhir-akhir ini Korea Selatan nggak cuma dikenal sama drama Korea atau lagu K-Popnya aja. Reality show Korea terutama dating show lagi banyak banget digandrungi oleh mereka para pecinta Hallyu

Bahkan nih, menurut media Korea Joongang Daily ada lebih dari 20 dating show Korea diproduksi di tahun 2022. 

Kira-kira kenapa ya, dating show Korea jadi makin populer akhir-akhir ini? Padahalkan program dating show sudah ada dari dulu. Misalnya ‘We Got Married’ (2017) ataupun ‘Heart Signal’ (2020).

Oke, kita bahas satu-satu. Kalau menurut Korea Joongang Daily, turunnya minat masyarakat Korea Selatan terhadap berkencan maupun menikah jadi alasan kenapa dating show Korea makin tenar akhir-akhir ini.

Seorang kritikus budaya Jeong Deok Hyun menyebutkan kalau rasa lelah seseorang akan sebuah hubungan menjadi penyebab kenapa mereka mengamati program dating alih-alih menjalin hubungan yang sebenarnya. 

Kemudian Lim Myung Ho, seorang profesor psikologi mengatakan kalau dating show secara nggak langsung menawarkan cerita dan momen eksplisit yang tidak dialami oleh semua orang. 

Seperti yang kita tahu ya, pengalaman percintaan setiap orang pasti berbeda. Dicintai sama orang yang cuek, friendly, populer, ataupun posesif pasti rasanya beda-beda. Nggak mungkin dong setiap orang ngerasain semua itu dan nggak semua orang mau menjalin hubungan.

Lewat dating show ini, penonton jadi bisa membayangkan dirinya sebagai peserta dibandingkan terlibat pada perasaan yang rumit. Biasanya nih, kita sebagai penonton bakalan ngeluarin kalimat, “Kalau gue jadi dia sih, gue bakalan…”. 

Nah, secara nggak langsung kita ngeposisiin diri sebagai mereka, bukan? Jadi itu, menurut Jeong Deok Hyun dan Lim Myung Ho, penonton secara pasif meneliti setiap konflik dari sudut pandang orang ketiga.

Kalau kata media KOCOWA nih, kesulitan interaksi selama pandemi Covid-19 mendorong para produser untuk memproduksi dating show. Produser mencoba memberikan pengalaman alternatif seputar percintaan dimana para penonton sulit untuk mendapatkannya selama pandemi.

Kepuasan emosional yang didapat dari nonton dating show dan drama pun tentunya berbeda. Kalau drama berpacu sama naskah, kalau dating show disajikan tanpa naskah. 

Dating show secara nggak langsung memberikan pengalaman yang berbeda bagi para penontonnya. Ada kecanduan dan sesuatu yang muncul ketika penonton menyaksikan orang lain mengejar cintanya.

Salah satu dating show Korea yang lagi banyak dibicarain akhir-akhir ini, yaitu ‘Single’s Inferno’, original product dari Netflix Korea. ‘Single’s Inferno’ bahkan sudah tayang 2 musim, loh. 

Musim pertamanya sukses meraih posisi #1 TV Shows Netflix dan menjadi TV show Korea pertama yang berhasil meraih posisi tersebut. ‘Single’s Inferno 1’ sudah tayang bulan Desember 2021 lalu, sedangkan musim keduanya baru aja tamat 10 Januari kemarin.

Dating show ‘Single’s Inferno’ ini mengangkat konsep dimana para peserta dibiarkan tinggal di sebuah pulau yang disebut dengan ‘neraka’. Kemudian mereka bakal mengenal satu sama lain untuk menemukan cinta sejatinya.

Pada satu kesempatan para peserta bakalan bisa ngerasain yang namanya ‘surga’, berupa fasilitas hotel mewah dengan berbagai hidangan makanan lezat. Para peserta dilarang memberitahukan usia dan pekerjaan mereka kecuali mereka berada di ‘surga’.

Selain ‘Single’s Inferno’, program yang nggak kalah menarik perhatian netizen, yaitu ‘EXChange’ (Transit Love). Berbeda dengan konsep ‘Single’s Inferno’, program ‘EXChange’ menampilkan beberapa pasang mantan pacar yang dikumpulkan dalam satu rumah. 

Setiap peserta diharuskan merahasiakan identitas mantan pacarnya. Di akhir, para peserta ‘EXChange’ bisa memutuskan apakah mereka bakalan balikan sama mantan pacar ataupun memulai hubungan baru dengan orang yang baru juga.

Sama kaya ‘Single’s Inferno’, program ‘EXChange’ sudah tayang 2 musim. Musim keduanya tamat bulan Oktober 2022 lalu. 

Buat kalian yang nonton program ‘EXChange 2’ pasti tahu kenapa program yang satu ini bisa populer banget. Program ‘EXChange 2’ terkenal karena kemistri antar pesertanya yang sangat dalam dan nyata. 

Pasangan yang saling tunjuk di akhir episode pun, masih menjalin hubungan pacaran sampai sekarang. Para peserta ‘EXChange 2’ pun juga masih berteman hingga saat ini. Gak jarang di antara mereka ngebagiin foto hangout bareng di media sosial. 

Berkat kedekatan mereka dari awal hingga akhir acara, banyak netizen yang semakin gemas dan menduga kalau dating show yang satu ini benar nyata tanpa naskah.

Nggak cuma netizen biasa, beberapa idol K-pop pun ikutan nge-hybe acara yang satu ini. Ada Seungkwan SEVENTEEN, Chenle NCT Dream, SinB dan Umji VIVIZ, sampai Moon Bin Astro. Mereka ngebuat para fansnya akhirnya penasaran dan ikutan nonton dating show.

Melihat kesuksesan ‘Single’s Inferno’ dan ‘EXChange 2’ pastinya membuat para produser semangat menemukan pangsa pasar baru, dan berakhir memproduksi reality show serupa dengan konsep yang berbeda-beda tentunya.

Mulai dari konsep pertemuan pasangan yang sudah diambang putus di dating show ‘Change Days’, pertemuan orang asing dengan berbagai rahasianya di program ‘Pink Lie’, sampai ‘The Skip Dating’, program kencan dimana pasangannya ditentukan oleh tim produksi.

Ada juga ‘Love Catcher In Bali’ sesuai namanya ‘Bali’, dating show yang satu ini melakukan syuting di pulau Bali. Terus ada dating show ‘Divorced Singles’, ‘I’m Solo’, ‘Eden Descendant of Instinct’, dan ‘Somebody’ dengan konsepnya masing-masing.

Penayangan program dating gini, tentunya menimbulkan banyak pro dan kontra di kalangan netizen. Ada netizen yang menikmati dan ada juga yang sebaliknya, menganggap acara ini settingan ataupun para peserta yang hanya mencari ketenaran. 

Kalau gue pribadi sih, tim menikmati. Terlepas acara mereka settingan atau nggak, selesai acara mereka beneran dating atau nggak, kalau seru ya gue lanjut nonton, kalau nggak ya udah gue skip.

Buat gue serunya nonton dating show itu, secara nggak langsung ngajarin gue buat paham tentang karakter manusia yang banyak banget dan jadi ikut ngamatin gimana cara tiap orang menentukan pasangannya.

Kalau kalian sendiri gimana nih Civs? Kalian tim penikmat atau sebaliknya? Kalau iya, dating show mana nih, yang paling kalian suka? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Hesti YA

Mending nulis daripada overthinking