Esensi

KELIATANNYA BUCIN TAPI MALAH SELINGKUH: APAKAH SELINGKUH EMANG NGGAK ADA OBATNYA?

Lagi jadi perbincangan banget tentang beberapa public figure yang ketahuan selingkuh. Apalagi yang dulunya YouTuber itu. Keliatannya sih sayang istri banget. Tapi kok masih selingkuh aja ya?

title

FROYONION.COM - Baru-baru ini ada yang lagi rame diperbincangkan di media sosial dan jadi topik yang seru juga di tongkrongan anak muda Indonesia. Apalagi kalo bukan soal berita menghebohkan yang datang dari vokalis band Maroon 5 dan mantan Youtuber si gamers ganteng idaman. 

Siapakah mereka?

Iyak betul. 

Dilansir dari Cosmopolitan Adam Levine diduga selingkuh dengan seorang internet famous bernama Summer Stroh. Diduga bahwa Adam telah melakukan hubungan seksual dengan Summer sampe akhirnya ketahuan juga sama istrinya, Behati Prinsloo. 

Padahal, istrinya yang notabene model Victoria Secret ini lagi hamil anak ke-3. Perkataan Adam ke Summer tentang kondisi istrinya yang lagi hamil ini malah tambah bikin sakit hati. Katanya, “Ok, pertanyaan serius. Istriku lagi hamil dan kalo anak itu cowok aku akan menamakannya Summer. Gapapa kan? Serius ini,”

Entah apa maksud Adam bilang kayak gitu, tapi waktu udah ketahuan Adam tetep kekeuh bilang kalo dia nggak selingkuh, tapi hanya melewati garis aja. 

Lewat unggahan Instagram Story-nya, Adam bilang kalo istri dan keluarganya adalah hal yang paling ia pedulikan di dunia ini. Dia juga mengaku kalo perbuatannya ini salah dan sangat bodoh. Dia berjanji akan bertanggung jawab penuh dan nggak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi. 

Eits, padahal mah…. Abis itu banyak cewek yang mengaku jadi selingkuhannya Adam Levine juga. Gimana menurut lo, Civs? 

Dari Benua Amerika sekarang kita ke negeri tercinta. Kabar serupa datang dari pasangan dengan sebutan ‘Naruto dan Hinatanya Indonesia’. Dilansir dari Insert Live, Reza ‘Arap’ Oktovian diduga selingkuh dari istrinya, Wendy Walters. Dugaan ini semakin diperkuat sama cuitan-cuitannya Wendy yang mencerminkan rasa trauma dan sakit hati. 

Cuitan Wendy berisi responnya terhadap dugaan Reza yang berselingkuh. (Sumber: Twitter @_Wendywalters)
Cuitan Wendy berisi responnya terhadap dugaan Reza yang berselingkuh. (Sumber: Twitter @_Wendywalters)

Padahal, kalo kita lihat di media sosial Reza kelihatan bucin parah ke Wendy. Mulai dari selalu ngasih hadiah kalo Wendy ulang tahun, selalu liburan bareng, kelihatan mesra mulu, sampe bela-belain nge-spam di live Justin Bieber demi Wendy bisa di-notice sama idolanya itu. 

Sebucin itu aja ternyata masih bisa selingkuh ya, gimana yang nggak sebucin itu? Terus apa sebenernya alasan orang berselingkuh sampe berkali-kali? Apa bener selingkuh emang nggak ada obatnya?

BACA JUGA: DISELINGKUHI, SALAH SIAPA?

KALO KATA PENELITIAN SIH…

Dilansir dari penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Sex and Marital Therapy (2021), ada 8 alasan kenapa orang berselingkuh. 

  1. Amarah dan termasuk perasaan pengen balas dendam. 
  2. Harga diri yang rendah. 
  3. Merasa kurang dicintai. 
  4. Komitmen yang rendah. 
  5. Bosen. 
  6. Merasa diabaikan oleh pasangan. 
  7. Keingin seksual yang tinggi. 
  8. Situasi dan kondisi yang mendukung. 

Dari penelitian mereka, alasan berselingkuh ini mempengaruhi seberapa lama mereka akan langgeng sama selingkuhannya. Kalo selingkuhnya karena emosi semata, biasanya nggak bakal tahan lama tuh. 

Apalagi kalo motifnya pengen balas dendam. Sebaliknya, kalo alasan selingkuhnya karena terlena sama situasi dan kondisi yang mendukung, biasanya malah langgeng sama selingkuhannya. 

Selingkuh juga sering dihubungkan sama hubungan seksual. Walaupun bener, ternyata ada nih fakta yang unik. 

Masih dari penelitian yang sama, katanya alasan orang selingkuh bukan cuma karena nafsu seks semata. Lebih kompleks dari itu, ternyata orang yang berselingkuh cenderung melibatkan emosi dan afeksi yang lebih dalam dibanding sama pasangan aslinya. 

Sebanyak 62,8% responden mengaku kalo mereka lebih sayang sama selingkuhannya dibanding sama pasangan aslinya. Alasannya sederhana, karena mereka bisa ngasih apa yang nggak ada di pasangan mereka. 

Menurut riset, orang yang mudah kecanduan (obat-obatan, kebiasaan tertentu, atau hal lainnya) cenderung lebih sering selingkuh. Alesannya karena mereka mencari ‘sensasi’ gejolak cinta yang biasa dirasakan waktu awal-awal berhubungan. 

BACA JUGA: PACARAN SELAMA 2, 7, DAN 10 TAHUN MALAH LEBIH RAWAN PUTUS?

Kalo udah nggak ngerasain ‘sensasi’ itu lagi, solusi mereka adalah selingkuh lagi. Makanya nggak heran ada orang yang selingkuh sampe berkali-kali. 

APAKAH SELINGKUH EMANG NGGAK ADA OBATNYA?

Ada orang yang langsung minta putus atau cerai kalo tahu pasangannya selingkuh. Respon yang sama juga sempet dikatakan sama Wendy waktu ditanya apa yang akan ia lakukan kalo Reza ketahuan selingkuh. 

Tapi ada juga orang yang bisa memaafkan pasangannya walaupun udah ketahuan selingkuh. 

Dilansir dari Magnum Investigations, sebanyak 15% dari responden cewek mengaku tetep bakal nikah sama cowok yang udah pernah selingkuh. Sedangkan sebanyak 22% cowok mengaku bakal tetep nikah sama cewek yang punya riwayat selingkuh. 

Alasannya banyak, salah satunya mereka percaya bahwa orang yang pernah selingkuh belom tentu bakal mengulangi kesalahan yang sama di masa depan. Mereka percaya orang juga bisa khilaf dan tobat. 

Tapiiiiii…..

Menurut penelitian dari Frontiers in Psychologybaik pelaku maupun korban perselingkuhan cenderung memiliki kualitas yang rendah dalam hubungan percintaan selanjutnya. Walaupun udah putus sekalipun, rasa bersalah yang dirasakan pelaku dan trauma yang dirasakan korban akan mempengaruhi tindakan mereka dalam menjalin hubungan dengan orang. 

Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikkan bahwa orang yang dulunya udah pernah selingkuh, kemungkinan besar akan selingkuh lagi. Bahkan korban perselingkuhan juga punya kemungkinan cukup besar untuk jadi pelaku perselingkuhan.

Hmm… Jadi kayak lingkaran setan yang nggak beres-beres ya. 

Jadi, apakah benar selingkuh ada obatnya?? Kalo udah ketemu coba kasih tau gue ya. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.