Esensi

KATA MEREKA YANG KONSUMTIF BELANJA DI TIKTOK

Ada banyak video yang mengulas berbagai barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan di TikTok, tapi entah mengapa jadi tergoda untuk membelinya. Gimana sih biar nggak konsumtif?

title

FROYONION.COM - Sekarang ini, hampir semua orang pasti tahu apa itu TikTok. Aplikasi media sosial yang satu ini memang sedang sangat populer, terutama di kalangan anak muda. Di TikTok, kita bisa menemukan berbagai macam konten, mulai dari tarian lucu, tantangan menarik, hingga review produk.

Beli barang memang tidak masalah, tapi kalau konsumtif, bisa-bisa dompet jebol. Nah, berikut ini ada beberapa tips bagaimana agar kita tidak terjebak dalam konsumtif belanja barang-barang di TikTok.

Bagaimana cara mengatasi kecenderungan konsumtif dengan mendapatkan pendapat langsung dari beberapa pengguna yang sempat konsumtif belanja di TikTok. Gimana cara mereka biar nggak konsumtif?

Salah satunya Bella (23 tahun). Ia kerap tergoda membeli barang di TikTok. Pasalnya setiap ia menonton video review produk di TikTok, rasanya langsung pengen membelinya.

“Padahal sebenernya nggak terlalu butuh. Misalnya, aku pernah tergoda untuk membeli makeup palette yang warnanya cantik banget, padahal sebenarnya aku punya beberapa palette yang belum habis dipakai,” katanya saat diwawancarai, Sabtu (22/7).

BACA JUGA: PERLUAS EKSPANSI, TIKTOK SEGERA LUNCURKAN PERUSAHAAN PENERBITAN BUKU

Cara yang Bella lakukan biasanya, berhenti sejenak dan berpikir, apakah barang itu beneran perlu atau hanya ikut-ikutan tren. Kadang juga dibarengi diskusi terlebih dahulu dengan temannya.

“Aku juga suka diskusi sama teman sebelum memutuskan untuk beli sesuatu. Misalnya, beberapa waktu lalu ada video tentang sneakers terbaru yang lagi hits di TikTok. Aku hampir aja beli, tapi setelah ngobrol sama temen, aku sadar kalau sepatu itu harganya cukup mahal dan aku sebenarnya udah punya beberapa sneakers yang masih layak pakai,” jelasnya.

Nah berbeda dengan Annisa (24 tahun) salah satu pengguna TikTok generasi awal. Ia punya cara biar nggak konsumtif belanja di TikTok. Salah satunya tentukan prioritas.

“Aku selalu buat daftar barang-barang yang aku suka dari TikTok dan aku pilih yang paling aku butuhkan dan sesuai dengan anggaran. Jadi nggak gegabah belanja yang nggak perlu,” ujarnya.

Nggak dipungkiri, Annisa selalu tertarik dengan sejumlah review barang di TikTok, tetapi lagi-lagi prioritas, apakah harus dibeli atau tidak.

“Misalnya, dulu pernah lihat video tentang alat masak kecil yang lucu banget. Padahal aku jarang masak dan sebenarnya alat masakku di rumah udah lengkap. Jadi, aku akhirnya nggak beli karena itu bukan prioritas,” jelasnya.

TIPS MENGATASI KECENDERUNGAN KONSUMTIF

Setelah berbincang dengan beberapa pengguna TikTok di atas, kita bisa mengambil beberapa tips berikut untuk mengatasi kecenderungan konsumtif beli barang di TikTok:

Buatlah Daftar Prioritas

Ketika kamu menemukan barang menarik di TikTok, buatlah daftar barang-barang tersebut. Prioritaskan barang yang memang sangat kamu butuhkan dan sesuai dengan anggaran yang sudah kamu tentukan.

Misalnya, jika memang sedang membutuhkan ponsel baru, fokuslah mencari informasi tentang itu, dan jangan tergoda dengan barang-barang lain yang tidak terlalu penting.

Diskusikan dengan Teman

Sebelum membeli sesuatu, diskusikan dengan teman atau keluarga terdekatmu. Mereka bisa memberikan sudut pandang lain dan membantu kamu untuk mengambil keputusan yang lebih bijaksana. Mintalah pendapat teman yang tahu gaya dan kebutuhanmu agar kamu tidak terjebak dalam belanja impulsif.

Berhenti Sejenak dan Pertimbangkan

Jangan terburu-buru untuk belanja begitu saja setelah melihat video di TikTok. Berhenti sejenak, pikirkan apakah barang tersebut memang akan membantu atau memberi nilai tambah dalam kehidupan sehari-harimu.

Batasi Menggunakan TikTok

Seringkali, semakin lama kita menghabiskan waktu di TikTok, semakin banyak barang yang kita lihat dan inginkan. Batasi waktu kamu di aplikasi ini agar nggak terlalu terpengaruh oleh godaan belanja yang tidak perlu.

Kamu bisa atur alarm sebagai pengingat agar kamu tidak berlama-lama scrolling video di TikTok.

Ingat Tujuan Keuanganmu

Selalu ingat tujuan keuangan jangka panjang ya. Jika ingin menabung untuk sesuatu yang lebih penting, kamu coba tahan godaan untuk membeli barang-barang yang hanya bersifat impulsif. 

Jika memiliki rencana untuk liburan atau menabung untuk pendidikan, tanyakan pada diri sendiri apakah belanja barang-barang di TikTok akan membantu mencapai tujuan tersebut.

Jadi, itulah beberapa tips dari pengguna TikTok tentang bagaimana mengatasi kecenderungan konsumtif belanja di platform ini. Jadi bijaksana ya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.