Esensi

JOB SEARCH BURNOUT: FENOMENA YANG BISA BIKIN GEN Z STRES MESKI GA KERJA

Fresh graduate tambah banyak dan susah nyari kerjaan yang sesuai terkadang bikin geleng-geleng kepala. Jangan sampai pas lo nyari kerja dihantui sama yang namanya job search burnout, belum kerja eh udah burnout aja. Berikut secuil tips dan triknya!

title

FROYONION.COM - Nggak kerasa udah di penghujung tahun 2022 aja nih, Civs. Kondisi keuangan lo gimana Civs, aman-aman aja atau malah baru mau nyari kerjaan yang sesuai? Gapapa kalau lo baru lulus sekolah atau kuliah dan baru mau nyari kerjaan yang sesuai sama latar belakang pendidikan lo, tetep harus lo perjuangin semaksimal mungkin biar dapat kerjaan yang sesuai keinginan. 

Ngomong-ngomong tentang dunia kerja, pasti nggak asing dong sama proses nyari kerjaan yang rasanya aduhai banget. Ngelamar sana sini belum ada panggilan, digantungin sama perusahaan, harap-harap cemas nunggu hasil proses rekrutmen, overthinking temen-temen udah pada kerja di perusahaan impian, tekanan dari keluarga besar, keburu pengen punya uang sendiri dan hidup mandiri kayaknya udah jadi makanan sehari-hari buat para pencari kerja, terutama gen Z.

Bahkan buat yang belum lulus kadang udah overthinking duluan kepikiran masalah kerjaan, apalagi para fresh graduate yang tingkat idealisnya masih cukup tinggi. Nggak jarang tingkat idealis pas nyari kerja ini juga berpengaruh ke proses rekrutmen, kadang ada yang pengen kerja di perusahaan atau instansi favorit tapi pengetahuan dan kemampuannya belum sepadan buat kerja di sana. Akhirnya ratusan lamaran yang dikirim nggak dilirik sama perusahaan yang dituju, padahal udah yakin dan berharap banget tuh bisa dipanggil seleksi calon karyawan.

Ratusan lamaran belum dipanggil perusahaan ini yang bikin adanya tekanan secara internal. Ngerasa bingung harus ngapain lagi padahal semua udah dilakuin, jenuh nunggu tapi nggak dipanggil-panggil perusahaan yang dituju, stres tiap saat tiap hari, dan ujung-ujungnya bisa munculin yang namanya job search burnout. Terutama buat para gen Z yang lagi jalanin proses nyari kerja jangan sampai lo terkena job search burnout ini, bisa bikin lo tambah susah dapat kerjaan.

 JOB SEARCH BURNOUT

Job search burnout merupakan stres yang berkepanjangan pas lo lagi nyari kerjaan dan ngerasa useless atau nggak dapat-dapat, akhirnya jadi berdampak ke kondisi fisik, mental, dan perasaan lo. Job search burnout ini rentan dialami para pencari kerja terutama para gen Z yang punya tantangan dan tuntutan lebih banyak. 

Dampak yang muncul gara-gara job search burnout ini banyak banget Civs, bisa jadi lo ngerasa overthinking tiap saat, ketakutan berlebih lo nggak dapat kerjaan, nggak ada gairah hidup, ngerasa badan capek banget tiap hari, lebih agresif, frustasi, menutup diri dari kehidupan sosial lo karena cemas bakal bahas dunia kerja, prokrastinasi atau menunda kerjaan sehari-hari lo, dan bahkan bisa rentan buat sakit.

Lo pastinya nggak mau semua dampak di atas terjadi di diri lo, pasti lo bakal menyimpan tenaga buat perform secara maksimal pas ikut proses rekrutmen di perusahaan atau instansi yang lo tuju. Tapi kadang secara nggak sadar, banyak para pencari kerja udah kena job search burnout ini. Bukannya cepat dapat kerjaan, malah bikin pusing tiap hari dan bisa tambah susah dipanggil perusahaan yang lo tuju gara-gara lo nggak fokus introspeksi diri.

Gue sendiri juga pernah ngalamin job search burnout ini, malah dulu udah jadi makanan sehari-hari gue. Ratusan CV udah gue sebar, puluhan proses rekrutmen udah gue jalanin mulai dari perusahaan yang berskala menengah sampai perusahaan besar, ujung-ujungnya nggak lolos di tahap pertengahan. Bahkan gue dulu udah sempat dapat offering letter dan udah deal tanggal masuknya, eh nggak jadi gara-gara masih ada tanggungan les TOEFL, ya mau gimana lagi Civs udah kepalang tanggung tinggal dikit lesnya dan ya mungkin emang bukan jodoh gue di perusahaan itu.

 Nah, sejak kejadian-kejadian itu gue mulai malas buat jalanin apa-apa Civs. Hampir tiap hari gue overthinking kepikiran kerjaan, apalagi gue anak pertama dan adik-adik gue masih kecil, tambah kenceng tuh mikirnya. Badan gue tiap hari rasanya udah kayak digebukin orang sekampung, malas keluar ketemu teman-teman dan waktu itu emang beberapa teman tongkrongan gue udah bekerja, jadi pembahasan-pembahasan itu yang agak gue hindari di tongkrongan.

Lama kelamaan gue ngerasa nggak nyaman Civs sama keadaan itu, akhirnya gue niat fokus buat introspeksi diri, upgrade pengetahuan dan skill yang bisa menunjang gue pas kerja nanti. Alhamdulillah, akhirnya gue berjodoh juga sama salah satu perusahaan yang cukup besar di daerah Karawang, Jawa Barat. Intinya harus sabar, yakin, dan optimis sama semua yang kita lakuin Civs.

SECUIL TIPS & TRIK MENGHADAPI JOB SEARCH BURNOUT

Berdasarkan pengalaman gue sendiri dan teman-teman di sekitar gue yang sekarang udah pada kerja di beberapa perusahaan besar, ada beberapa cara biar lo nggak kalah dihajar job search burnout

Pertama, lo harus bikin batas sendiri. Batas di sini yang gue maksud adalah kemampuan lo buat nyari kerjaan. Misal dalam sehari lo bisa berselancar di internet dan portal lowongan pekerjaan selama 6 jam, yaudah lo maksimalkan 6 jam kesempatan lo buat ngirim lamaran, ngulik skill yang dibutuhkan di kerjaan yang lo lamar, perbanyak koneksi buat terhubung sama orang-orang penting yang mungkin bisa menunjang kesempatan lo. Sisanya, lo bisa lakuin aktivitas sehari-hari kayak biasanya, jangan lupa nyari hiburan buat diri sendiri biar seimbang dan nggak stres.

Kedua, lakukan evaluasi dan introspeksi diri. Lo bisa evaluasi udah sampai mana pengetahuan dan kemampuan yang lo miliki buat bekal ngelamar kerja. Misal dalam sebulan lo nggak dipanggil-panggil perusahaan yang lo lamar, coba cek dan cari tahu mungkin ada yang salah dari berkas administrasi yang lo kirim atau mungkin dari CV lo kurang berbobot dan kurang menarik para HR. Lo juga bisa introspeksi diri kalau udah sering ikut proses rekrutmen tapi gagal terus, lihat komunikasi lo ke user perusahaan, pas ditanya HR cara jawab lo udah bener belum, branding yang lo punya udah kuat belum, dan kemampuan yang lo miliki udah sesuai belum sama kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

 Ketiga, tentukan strategi lo buat ngelamar kerja. Banyak strategi yang bisa lo pakai biar perusahaan-perusahaan tertarik sama lo. Misal dari format CV yang sesuai bisa ATS atau kreatif, sertifikat-sertifikat pelatihan online yang udah lo ikuti, portofolio karya atau project yang udah pernah lo bikin, gaya komunikasi lo, dan pengalaman-pengalaman sebelumnya yang berhubungan sama posisi yang lo lamar bisa lo jadiin sebagai senjata jitu. Strategi ini penting banget buat lo biar nggak asal-asalan dan bingung pas nyari kerja.

Keempat, lo harus sabar, optimis, positive thinking, dan berdoa. Kalau semua usaha udah lo lakuin dan masih belum kelihatan juga hasilnya, jalan terakhir lo harus sabar buat nunggu jawaban dari usaha yang udah lo lakuin. Jangan patah semangat, Tuhan juga tahu usaha yang udah lo lakuin dan pasti ada jalannya. Lo harus bisa tetap optimis dapat kerjaan di tempat yang lo tuju, jangan lupa buat selalu positive thinking biar nggak stres jalanin kehidupan sehari-hari, dan yang terakhir lo bisa pakai jalur langit atau berdoa memohon biar dilancarkan proses nyari kerjanya.

Tenang aja Civs, job search burnout ini lebih ke masalah internal yang timbul gara-gara respon dan reaksi kita dalam menyikapi masalah-masalah yang muncul pas proses nyari kerjaan. Gue yakin kalian tetap bisa ngalahin job search burnout ini, yang penting lo harus tetap optimis dan semangat ya Civs. Semoga lo semua dimudahkan buat dapat kerjaan tanpa perlu ngalamin job search burnout ini Civs. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ade Bagus Mahendra

HR People Development. Anak rantau. Karyawan swasta yang suka baca dan nulis.