Esensi

HATI-HATI, SERING DENGERIN LAGU GALAU BISA BERDAMPAK NEGATIF KE REAL LIFE LO!

Lagu-lagu apa yang lo paling sering dengerin, Civs? Kalau playlist lo didominasi lagu mellow, ati-ati ama dampaknya ke kehidupan nyata lo. Apaan tuh? Simak di sini.

title

FROYONION.COM - Dengerin lagu galau pas lagi sedih emang kayaknya best banget ya, apalagi kalau liriknya sesuai sama kejadian yang pernah dialami. Baru-baru ini juga ramai diperbincangkan netizen Twitter soal lagu yang sering didengerin bisa kejadian di dunia nyata pendengarnya.

Ada banyak pendapat pro-kontra soal statement ini. Contoh pendapat yang mendukung statement ini kaya yang disebutin sama akun @icyquinnzel “Aku pernah denger, kalo dengerin lagu dan kalian resapin lyricnya, dinyanyiin berulang-ulang itu bisa jdi kek manifesting gitu. Jadinya kek law of attraction deh cmiiw”. 

Di balik itu ada juga yang berpendapat bahwa mendengarkan lagu galau hanya karena suka sama musiknya contohnya yang disebutin akun @ddnaaya “sebenernya kan ga semua orang suka lagu karena maknanya, ada yg penikmat genre, ada yg karena itu lagu idolanya, ada yang suka lagu” trending, kalo aku karena genre sih jadi denger lagu galau karena suka musiknya:’)”

Kalau lo sendiri gimana nih menanggapinya? Apakah lo akan berpihak pada tim pro atau kontra? Atau lo memilih untuk netral aja?

Meskipun masih jadi perdebatan, di sisi lain banyak juga loh yang percaya kalau sering dengerin lagu galau bisa bikin hidup kita jadi galau juga, faktanya kira-kira gimana ya Civs?

Ternyata terlalu sering mendengarkan lagu galau bisa menyebabkan beberapa hal berikut ini:

1. SEBABKAN DEPRESI BERKEPANJANGAN

Saat dengerin lagu galau dan meresapi maknanya ada satu dorongan yang bikin lo jadi ikutan sedih, nostalgia, atau merasa kehilangan. Pernah ga sih lo nangis bombay waktu dengerin satu lagu yang ngingetin lo ke suatu kejadian atau seseorang? Kalau iya bisa jadi lo lagi ngeluapin perasaan negatif yang lo rasain Civs. Ini bagus sih karena lo mengekspresikan kesedihan lo dengan cara yang tepat yaitu menangis. Tapi kalau terlalu gampang nangis gimana?

Penelitian dari Frontiers in Psychology bilang nih kalau orang-orang yang gampang baper alias terlalu mudah larut dalam perasaan lebih rentan buat depresi. Musik dan cara seseorang mendengarkan musik adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan depresi. 

Sering mendengarkan lagu galau dapat meningkatkan produksi hormon kortisol pada tubuh kita. Hormon ini muncul ketika tubuh merasa menghadapi sebuah ancaman termasuk perasaan yang tidak nyaman. Lagu galau yang diputar terus menerus dapat mendukung suasana agar kita larut dalam kegalauan dan stres. Jika dibiarkan, kemungkinan terserang depresi berkepanjangan akan semakin tinggi.

2. HILANGKAN SEMANGAT HIDUP

Sadar ga sadar suasana mellow yang tercipta dari alunan lagu galau mempengaruhi kondisi psikis dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Terlalu sering mendengar lagu galau bisa bikin lo nggak produktif seharian, ngerasa kalau lo emang pantesnya ngerasain kesedihan aja huhu. 

Apalagi kalau lagi berada di posisi mood yang lagi down. Lo bisa jadi semakin ke trigger buat nyalahin diri lo, dan lebih parahnya lo bisa jadi pribadi dengan kepribadian dan mental yang rapuh kaya hati lo haha.

Ya, hidup itu kaya lagu aja Civs, kalau kita keseringan dengerin irama yang lambat bawaannya kita nggak mau ngapa-ngapain kan, gaada hal menarik yang bikin lo semangat menikmati hari. Beda hal nya waktu kita dengerin lagu yang energic, rasanya badan pun jadi pengen ikut bergoyang dan bersenang-senang kan.

Ini juga jadi bukti kalau musik itu bisa memengaruhi mood seseorang.

3. EMOSI TAK TERKENDALI

Hal yang satu ini masih berkaitan sama poin-poin di atas nih. Akibat kondisi psikis dan mood yang ga stabil lo cenderung jadi mudah tersinggung. Susah buat ngendaliin emosi. Kesenggol dikit bisa bikin lo marah-marah.

Karena terlalu sering meresapi kesedihan lewat lagu-lagu galau yang lo dengerin, lo jadi gampang sedih karena hal kecil, ga sabaran dan emosian. Jangan sampai deh Civs temen-temen lo ngejauh karena takut sama lo hehe.

Kata dr. Riza Marlina, ketidakmampuan mengendalikan emosi dan perasaan ini bisa menyebabkan gangguan psikologis. Jika kondisi yang dialami sudah mengganggu aktivitas, lo perlu penanganan lebih lanjut dari profesional.

Apakah kita sama sekali ga boleh dengerin lagu galau?

Jawabannya tentu saja tidak. Boleh kok sesekali kita dengerin lagu galau, karena pada beberapa kondisi lagu galau bisa menghibur seseorang yang sedang berada pada mood yang kurang baik. Bila dilakukan seperlunya dengerin lagu galau juga bisa bermanfaat buat psikologis. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah durasi dan intensitas lo buat dengerin lagu galau. 

Upayakan tidak mendengarkan dan menghayati lagu galau terlalu sering, lo bisa selingi dengan lagu yang ceria untuk menyeimbangkan dampak emosionalnya. Lo juga harus menghindari lagu yang bermuatan negatif, unsur balas dendam dan menyalahkan diri sendiri. Memilih lagu galau yang terselip motivasi didalamnya akan lebih baik bagi kondisi psikis lo Civs.

Intinya sesuatu yang dilakukan berlebihan itu seringkali punya dampak buruk. Seperti halnya mendengarkan lagu, mendengarkan lagu galau terkadang memang bisa memberikan kenyamanan, tapi jangan abaikan dampak negatifnya ya Civs. Jangan sampai kalimat berenergi negatif yang sering lo denger dari lirik lagu galau secara ga sadar bisa jadi sugesti yang buruk bagi alam bawah sadar lo.

Jadi untuk menghindari dampak negatif ini, lo bisa batasi moment kesedihan lo dengan mulai memperbanyak playlist lagu yang bisa membangkitkan semangat. Alam bawah sadar lo butuh banyak vibrasi positif, salah satunya dari apa yang sering lo denger. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Tiara Nabilah Islami

Calon orang kaya raya baik hati