Esensi

HARUS NGGAK KITA LAPOR TEMAN YANG SELINGKUH?

Pas kita tahu teman dekat kita berselingkuh dari pasangannya, kita dihadapkan dalam pilihan yang membingungkan. Lalu apa yang harus dilakukan?

title

FROYONION.COM - Selingkuh dalam sebuah hubungan percintaan adalah hal yang kerap menjadi kontroversi di tengah-tengah masyarakat. Ketika kita mengetahui bahwa teman dekat kita sedang berselingkuh, muncul dilema besar di benak kita. 

Seharusnya kita melaporkan perselingkuhan tersebut atau lebih baik diam saja? Pertanyaan ini bisa menimbulkan perdebatan dan pandangan yang beragam, tergantung pada sudut pandang.

Untuk mengetahui lebih lanjut, wawancara berhasil dilakukan dengan tiga orang. Mereka punya sudut pandang berbeda tentang topik ini.

KATA MEREKA SOAL SELINGKUH, HARUS DILAPORIN APA NGGAK?

Menurut Yuni (28 tahun), seorang karyawan swasta di Surabaya, mengatakan rasanya pasti sulit memutuskan apa yang harus dilakukan. Tapi dalam situasi seperti itu, ia akan lebih memilih untuk berbicara dengan temannya langsung terlebih dahulu.

“Pertama, gue nanya dulu, punya masalah apa dalam hubungan kok sampe selingkuh. Apa mungkin dia menghadapi masalah dalam hubungannya dan butuh seseorang untuk dengar,” ujarnya saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Kamis (27/7/2023)

Katanya, lain cerita jika temannya ini terus menerus berselingkuh tanpa ada perbaikan, Yuni cenderung melaporkannya agar mereka bisa mengatasi masalah tersebut bersama.

Pandangan yang sama juga disampaikan oleh seorang pekerja kreatif asal Sukabumi, Cut Putri (32 tahun). Menurutnya, ini bakal jadi situasi sulit jika temannya selingkuh dan meminta untuk merahasiakan.

“Aku ngerasa terjebak antara setia pada teman dan bertanggung jawab terhadap nilai-nilai kejujuran. Tapi, aku percaya jujur itu hal yang lebih penting,” ucapnya.

Jika temannya terus berselingkuh, mungkin Putri lebih dulu mencoba untuk meyakinkan agar berhenti. Misalnya tidak berhasil, ia harus memilih untuk memberitahu kebenaran kepada pasangan atau meminta untuk mengakuinya sendiri.

Pandangan berbeda disampaikan oleh seorang mahasiswa kampus swasta di Jakarta, Maya (25 tahun). Katanya, selingkuh itu sama sekali nggak baik tapi jika itu terjadi pada temannya, Ia tidak akan memberitahu.

“Gue lebih biarin sih, lebih mikir kalau pasangan itu selingkuh berarti emang nggak baik satu sama lain. Bukan urusan gue juga, dan nggak mau ikut campur aja sih, takut malah masalahnya ke gue juga,” katanya saat diwawancarai melalui aplikasi Whatsapp, Senin (24/7/2023)

Lebih lanjut, kata Maya, hubungan pertemanan lebih penting daripada kejujuran dalam hubungan romantis orang lain. Mereka berpikir nggak ada gunanya merusak persahabatan karena selingkuh adalah urusan pribadi teman tersebut.

Menghadapi situasi ketika teman kita berselingkuh adalah situasi yang rumit dan sulit. Nah, menurut ahli dalam hubungan, apabila teman selingkuh dan cerita perbuatannya kepada kita, ini yang bisa dilakukan:

KASIH TAU KALAU NGGAK NYAMAN

Menurut terapis seks bersertifikat Rosara Torrisi, PhD, Karena kita nggak punya pola kalimat yang tepat untuk ngobrolin perselingkuhan, kata-kata yang keluar dari mulut kita bisa membuat teman merasa canggung, 

Jika seorang teman mengaku bahwa dia berselingkuh, maka kita mengalami berbagai macam emosi. Mungkin, kita kembali ingat dengan pengalaman diselingkuhi (atau menyelingkuhi) di masa lalu.

Atau, kita justru membela teman karena kita ingat pasangan pernah berkata buruk tentang teman itu kepada kita. Terlepas dari reaksi kita, penting untuk diingat bahwa orang berselingkuh punya berbagai alasan.

Yang bisa kamu lakukan, cobalah berdiam diri sejenak sebelum kita bereaksi, kata Torrisi. Jika teman selingkuh dan kita nggak yakin untuk menanggapi ceritanya, kamu bisa pakai kalimat seperti "oke, itu masalah besar." 

TANYA DAN PAHAMI APA KEBUTUHANNYA

Jika seorang teman memberitahu kita tentang perselingkuhannya, dia mungkin ingin mencari dukungan, simpati, atau pengertian kita.

Dengarkan cerita teman kalian sebelum menilai atau mencoba mengembalikan teman ke "jalan yang benar". Ajukan pertanyaan seperti "Menurut kamu mengapa kamu melakukan ini?"

Nggak masalah untuk melibatkan diri kita dengan melontarkan pertanyaan "untuk saat ini, apa yang kamu butuhkan dari saya sebagai temanmu?" 

Beberapa pertanyaan ini dapat membantu teman kita merenungkan alasan perselingkuhannya, dan juga memberi kita perspektif baru. Mungkin dengan mengetahui situasi yang sebenarnya, kita bisa lebih berempati kepada teman-teman kita.

Nah pada akhirnya, keputusan melaporkan atau nggak adalah hak kalian ya. Namun, sebaiknya selalu diingat untuk timbang lagi dampak dari tindakan kalian. (*/) (Photo credit: Cottonbro Studio)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.