Esensi

GUNPLA: NGGAK CUMA SEKADAR HOBI, TAPI JUGA BERDAMPAK POSITIF UNTUK KESEHATAN MENTAL

Merakit Gundam Plastic alias Gunpla adalah salah satu kegiatan menghabiskan waktu luang yang paling menyenangkan bagi sebagian orang. Tapi, di balik kegiatan itu, merakit Gunpla juga bagus untuk menjaga kesehatan mental lo.

title

FROYONION.COM - Civs, siapa di sini yang masih asing sama istilah Gunpla? Gunpla adalah singkatan dari Gundam Plastic, sebuah model kit berbentuk robot-robot dari Gundam Multiverse yang bisa dirakit dan jadi pajangan ciamik di lemari display ataupun di atas meja.

Gunpla jadi salah satu hobi lintas generasi yang cukup digemari dan telah ada di sekitar kita selama puluhan tahun–tepatnya sejak 1980, persis setahun setelah seri Mobile Suit Gundam tayang pertama kali di Jepang.

Kebetulan, beberapa waktu lalu, Bandai Spirits mengadakan pameran yang bertajuk Bandai Spirits Hobby Exhibition & Gunpla Builders World Cup (GBWC) 2022 yang berlokasi di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Dalam pameran ini, lo bisa melihat banyak Gunpla custom hasil rakitan pro builders tanah air. Selain itu, mereka juga menjual sederet line-up Gunpla dari yang murah sampai yang mahal, dan tersedia workshop merakit Gunpla bagi anak kecil yang usianya di bawah 12 tahun. Hmm, event yang cukup menarik bukan?

Tapi, setelah mengobservasi event secara seksama, hobi merakit Gunpla ini nyatanya lebih dari sekadar plug-and-play. Di balik kerennya Gunpla custom yang terpampang dalam lemari display, dan banyaknya anak-anak kecil yang fokus merakit Gunpla di area workshop, gue menyadari bahwa merakit sebuah model kit bisa menjadi sebuah self-therapy session untuk membantu lo mengurangi stress, menjaga kesehatan mental, dan membantu lo mengatasi pikiran-pikiran negatif yang bisa merusak mood lo sehari-hari.

Serba-serbi isi pikiran netizen ketika bicara tentang Gunpla. (Sumber: Reddit)
Serba-serbi isi pikiran netizen ketika bicara tentang Gunpla. (Sumber: Reddit)

Gue berusaha memvalidasi pemikiran itu dengan mencoba berselancar ke beberapa forum ataupun website luar negeri tentang Gunpla. Reddit salah satunya, ada banyak orang yang membagikan pengalaman indah di hidup mereka karena Gunpla. “Menghilangkan stress”, itulah yang seringkali muncul dalam pendapat orang-orang tersebut ketika sedang fokus merakit Gunpla. Dan ketika selesai merakit, somehow perasaan negatif dan stress pun bisa ikut menghilang. Kok bisa?

Plamo Therapist, seorang YouTuber yang memproduksi video tutorial merakit Gunpla–dan juga seorang terapis mental, berkata bahwa merakit Gunpla membuka peluang tak terbatas pada kreativitas seseorang. Ketika merakit bagian Gunpla satu-persatu, dan pada akhirnya berhasil menyelesaikan seluruh parts secara keseluruhan katanya bisa menghasilkan perasaan puas yang luar biasa, Civs.

“[Merakit Gunpla] membantu memvalidasi bahwa diri lo mampu mengerjakan–juga menciptakan sesuatu yang luar biasa, dan itu bagus untuk kesehatan mental,” ujar Plamo.

Ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari kegiatan merakit Gunpla. Pertama, lo jadi belajar untuk nggak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Lo juga akan lebih menghargai proses ketimbang 100% berfokus pada hasil semata.

Karena biasanya, dalam merakit Gunpla, seringkali cut pada beberapa parts dirasa nggak terlalu rapi, atau terlalu pas, sehingga menimbulkan ketidakpuasan dalam hati. Dengan sering-sering merakit Gunpla dan ber-progress secara positif, perlahan-lahan lo bakal memiliki kepercayaan diri dan kepuasan terhadap diri sendiri, Civs.

Efek terapeutik, tanpa disadari–terjadi selama proses perakitan Gunpla. Lo bakal merasa lebih rileks, dan fokus pada detik itu (terasa seperti meditasi).

Karena selayaknya, seperti kata Mario GenesisBrand Director Froyonion, yang sejak SMP hingga SMA menjalani hobi merakit Gunpla untuk mengisi waktu (juga–tanpa disadari–membantu pengembangan diri) :

“[Merakit Gunpla] adalah sebuah perjalanan dalam mencari kesempurnaan,” menganalogikan bahwa setiap parts yang dipotong dan disatukan mendorong diri kita untuk jadi lebih aware pada hal-hal detail, berperan juga sebagai distraksi agar pikiran kita terfokus pada masa saat ini–mindful

Di masa-masa sulit seperti saat ini, nggak ada salahnya untuk mencoba melakukan hal yang baru demi menjaga kewarasan dan kesehatan mental kita, Civs. Jadi, selamat mencoba! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.