Esensi

BUKAN AJANG PAMER PENCAPAIAN, LEBARAN HARUSNYA PERERAT KEKELUARGAAN

Hai Civs, pernah gak sih lo waktu lebaran di ajak kumpul keluarga malah bikin males, pengen menghindar atau mengurung diri di kamar aja? Pernah mikir nggak kenapa sih bisa kek gitu? Mari kita bahas, cuss!

title

FROYONION.COM - Mudik lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh mereka yang sedang merantau dan juga bagi mereka yang tinggal terpisah dengan orangtua, kerabat atau masih bekerja jauh dari keluarga, momen ini kerap dijadikan ajang untuk mengobati rindu bersama keluarga atau orang terdekat dengan melakukan silaturahmi, ya gak sih!

Lebaran merupakan momen bahagia karena keluarga besar banyak yang berkumpul dan meluangkan waktu untuk menikmati momen kebersamaan langka ini, lalu apa sih yang umumnya orang lakukan ketika berkumpul, mungkin jawabannya adalah makan bersama sambil ngobrol tentang apa yang sudah dilakukan selama ini.

Apalagi sekarang pandemi Covid-19 sudah mulai reda dan mudik pun udah gak dilarang dengan aturan yang ketat kek dulu lagi, jadi makin banyak dong yang mau mudik pulang kampung dan ketemu keluarganya, mungkin lo Civs yang baca ini salah satunya.

Ketika lo udah merantau jauh dari keluarga dan mereka yang ada di rumah atau kampung halaman nungguin gimana kesuksesan lo di perantauan. Dan biasanya pembuktian itu dibuktikan dengan kekayaan materi gitu, jadi kadang tuh sebagian mereka yang masih di perantauan tak jarang malas mudik lebaran karena takut ditanya dengan pertanyaan pertanyaan legend waktu lebaran.

Misalnya dari tampilan lo udah berubah apa belum, atau pakai barang branded atau belum, itu pasti akan jadi perhatian ketika lagi ngumpul bersama. Terkadang anak muda juga nih yang kalau di ajak kumpul bersama keluarga males, lebih memilih menyendiri di kamar atau kumpul bersama circle satu tongkrongan aja karena males ditanyain.

BACA JUGA: “UNTUK PARA INTROVERT: PANDUAN BERTINDAK ANGGUN UNTUK MENGAJUKAN RESIGN SETELAH LEBARAN

Nah sadar gak sih lo civs, soalnya seringkali momen silaturahmi ini berubah menjadi ajang pamer pencapaian, pamer kesuksesan dan kadang membuat sebagian orang merasa kurang nyaman dan malah takut ketika diajak berkumpul, minder dan sebagainya, nah lo pernah gak ngerasain kek begitu? Hayo ngaku.

Maka dari itu agar para civilions di sini gak minder ketika bertemu dengan keluarga besar atau reuni bareng temen, nih beberapa rekomendasi kegiatan yang cocok buat lo coba ketika berkumpul waktu lebaran nanti, dipraktikkan sendiri oleh gue  yang sering kena pertanyaan legend waktu lebaran, tapi setelah gue lakuin hal ini mereka lupa untuk menanyakan hal-hal seperti itu.

1. Memasak bersama

Bisa kita lakukan ketika di awal perkumpulan dengan mengajak memasak bersama, baik cewe maupun cowo bisa banget ikut masak dan menyiapkan makanan ringan. gak asik banget kalo lagi ngumpul tapi gak ada camilan ataupun makanan, makanya ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang bisa kamu lakukan pertama kali, Civs.

2. Menonton TV atau film tentang keluarga

Sambil menunggu makanan atau ketika makanan sudah tersaji bisa sambil menonton film bersama di ruang keluarga, cari film yang genrenya lucu atau bertema keluarga agar suasana tetap ceria.

3. Main bersama keponakan

Meskipun di antara kita sudah menginjak kepala 2 dan malas bermain main tapi ketika momen lebaran ini usahakan ajak bermain keponakan, itu akan membuatmu terlihat lebih sayang kepada anak anak dan dinilai orang tua lebih dewasa sekaligus penyayang keluarga. Bisa jadi calon mantu idaman nih.

4. Ngobrol dengan orang tua

Jadikan lebaran ini momen untuk berbagi cerita dan pengalaman dengan orang tua, mulailah dengan hal hal yang ringan terlebih dahulu misal bagaimana ayah dan ibu atau kakek dan nenek bisa bertemu lalu menikah, pasti mereka akan antusias ketika di tanya hal itu dan merasa senang ketika menceritakannya kembali kepada anak cucunya.

5. Foto bersama atau bikin konten

Kumpul bersama merupakan momen langka yang jarang kita temui setiap hari, sayang banget kalo gak di abadikan. Jadi foto merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan apalagi buat yang suka bikin konten bisa banget diisi dengan ngonten bareng, disitu akan terlihat kekompakan keluarga dan bisa menambah keakraban karena saling berinteraksi tanpa membahas hal-hal yang sensitif atau pribadi.

Tapi ingat Civs lebaran tetep harus dijadikan ajang silaturahmi, bukan hanya saling mengunjungi sambil main HP sendiri. Harusnya kita saling menguatkan tali persaudaraan dengan menghabiskan waktu bersama, menyambung tali persaudaraan yang sudah putus, dan memperbaiki tali persaudaraan yang telah rusak. 

Oleh karena itu, diperlukan hati yang lapang untuk saling memaafkan, mengerti dan memahami satu sama lain, agar aku kamu dan kita bisa menjadi anak muda yang family person dan sayang keluarga ditambah jadi calon menantu idaman mertua. (*/)  (Sumber foto: Wallpaper Flare)

BACA JUGA: 6 TIPS BUAT ANAK MUDA AGAR BISA BERBAUR DAN GAK 'SOCIALLY AWKWARD' PAS LEBARAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan