Esensi

BIKIN HUBUNGAN JADI MAKIN ERAT DENGAN KENALAN SAMA LOVE LANGUAGE

Kunci hubungan kalo kata Ari Lasso itu “Sentuhlah dia tepat di hatinya” biar jadi milikmu selamanya. Nah, ternyata hatinya itu bisa lebih gampang lo ketahui setelah kenalan sama Love Language-nya dia, lho! Gak percaya? Baca dulu artikelnya.

title

FROYONION.COM - Memahami apa yang dipikirin pasangan lo emang bukan perkara yang gampang, Civs! Karena pastinya lo gak punya kemampuan Professor X, salah satu karakter di X-Men, yang bisa baca pikiran orang lain.

Bahkan, saking susahnya memahami hal tersebut, sampe muncul buku karya John Gray, penulis dan konsultan hubungan, berjudul “Men Are From Mars, Women Are From Venus” yang nunjukkin perbedaan keduanya tuh sama kayak jarak antar planet di tata surya, alias jauh banget!

Jujur deh, seberapa sering lo dibuat pusing sama pasangan lo yang tiba-tiba bete, terus nge-chat pendek-pendek dan bikin lo overthinking semaleman? Atau sibuk banget yang bahkan hampir gak punya waktu buat lo? Gue yakin seenggaknya lo pernah mengalaminya sekali dua kali waktu ngejalanin hubungan.

Nah, buat meminimalisir perang tujuh hari tujuh malem dan berprasangka yang gak-gak, mendingan saling pahamin dulu apa Love Language masing-masing, Civs! 

Love Language? Apaan tuh? 

Istilah tersebut muncul dari Dr. Gary Chapman, penulis dan konsultan hubungan, melalui bukunya yang berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate.

Dikutip dari website-nya, tujuan memahami love language ini adalah supaya lo bisa saling ngerti preferensi yang lo berdua pengen dalam sebuah hubungan, bisa lebih gampang mempelajari, dan mengidentifikasi akar dari permasalahan yang lo rasain, sehingga hubungan jadi lebih mendalam dan intim.

Jadi, di atas kan udah dijelasin tuh kalo cowok dan cewek itu ada di “planet yang berbeda”,  di mana tentunya gimana cara ngasih dan nerima kasih sayang itu juga beda-beda. 

Nah, biar makin gampang memahaminya, beliau mengelompokkan beberapa love language ke dalam lima tipe, yaitu Words of Affirmation, Acts of ServiceReceiving GiftsQuality Time, dan Physical Touch. Yuk, kita bahas satu-satu, Civs! 

WORDS OF AFFIRMATION  

Small compliment matters! Ya, gampangnya buat orang yang love language-nya adalah Words of Affirmation, tiap pujian, dukungan, dan ucapan terima kasih itu penting banget buat diutarakan ke pasangan. 

Ucapan sesimpel, “Makasih ya udah dibuatin bekal makan siang”, “Semangat buat presentasinya hari ini”, atau sekadar ucapan “I love you” yang gak diminta sama pasangan, bisa jadi sumber semangatnya buat menjalani hari-hari yang berat.

Biar hubungan lo gak ngebosenin dan bikin makin erat, khususnya buat yang LDR, di momen-momen tertentu lo bisa sedikit effort buat bikin video ucapan penyemangat buat nunjukkin besarnya rasa sayang yang lo miliki. Ceilah.

Gak ada salahnya kan berbuat sesuatu yang beda sekali-kali? Karena mungkin aja yang biasa aja buat lo, bisa berarti banget buat dia.

ACTS OF SERVICE

Buat yang love language-nya Acts of Service“Action speaks louder than words”, alias perlu bukti, bukan janji, mirip-mirip lah sama masyarakat Indonesia waktu Caleg lagi kampanye. 

Pribadi dengan love language ini bikin kata-kata manis gak berguna, solusinya itu lewat tindakan nyata. Sesimpel terkadang bawain makanan ke rumah atau kosan, sesekali anterin pulang, atau ketemuan setelah lama LDR-an. Effort yang lebih ini tentu sangat penting dalam hubungan, karena kalo minjem istilah anak muda zaman sekarang mah, “Yang ngingetin makan, bakal kalah sama yang bawain makanan.”

Kalimat “I love you” juga jadi gak ada artinya kalo lo gak mau berusaha buat dia. Misalnya nih, mengubah perilaku yang kurang dia suka atau buktiin kalo lo serius sama dia, bisa lewat kesiapan materi dan kemantapan hati. Intinya gak cuma ucapan di mulut aja gitu.

Tapi lo juga harus tau batasannya ya, Civs. Perlu lo ketahui kalo gak semua-semuanya harus lo lakuin atas nama cinta (udah kayak judul sinetron aja nih). Apalagi kalo lagi ada urusan yang lebih penting atau lo lagi gak sehat. Gak usah dipaksain, pasangan yang baik pasti paham, kok.
 

RECEIVING GIFTS

Menerima hadiah dari orang yang tersayang emang sesuatu banget! Apalagi buat orang-orang yang love language-nya itu Receiving Gifts, tingkat bahagianya tuh jadi berkali-kali lipat rasanya.

Masih sama kayak nasihat sebelumnya, gak perlu muluk-muluk buat hadiah yang lo kasih, karena kualitas lebih baik daripada kuantitas. Kualitas di sini maksudnya bukan kualitas bahan atau barangnya ya, tapi lebih ke ketepatan momen dan kebutuhan gitu. 

Jadi, yang terpenting itu maknanya, bukan seberapa sering dan seberapa mahal hadiah yang lo kasih.


QUALITY TIME

Sebelumnya udah ngomongin kualitas, sekarang juga ngomongin kualitas. Bedanya ini kualitas waktu yang lo nikmatin bareng-bareng. Ya, tiap menit tuh rasanya penting banget buat orang dengan love language-nya adalah Quality Time.

Gak cuma seberapa lama waktu yang lo nikmatin bareng pasangan, tapi juga tentang gimana memanfaatkan waktu yang singkat, mungkin karena masing-masing sibuk kerja, biar jadi makin bermakna. Karena pada akhirnya, gak semua orang dapet privilege buat ngabisin waktu bareng-bareng dalam waktu yang lama.

Salah satu contoh paling sederhananya sih dengan gak main hape waktu lagi ngobrol di cafe, terus ngobrol panjang lebar soal kehidupan deh. Sampe akhirnya kalian memutuskan buat menyudahi hari dan berjanji ketemu lagi di esok hari. Cakep gak tuh?

PHYSICAL TOUCH

Bagi beberapa orang mungkin obrolan panjang yang gak kenal waktu pun masih kerasa kurang, karena itu masih ada Physical Touch atau sentuhan fisik sebagai love language terakhir. 

Jangan mikir yang gak-gak dulu, Civs! Physical Touch di sini bukan sesuatu yang negatif-negatif doang. Pegangan tangan, mengusap-usap kepala, dan pelukan lembut sebelum berpisah, bisa jadi hal yang memorable banget buat pasangan.

Asal jangan kebablasan aja ya, inget dia masih anak orang hahaha.

Nah, itu dia beberapa love language yang mungkin salah satunya dimiliki sama pasangan atau gebetan lo, Civs. 

Mumpung sebentar lagi ada so-called “Hari Kasih Sayang”, baiknya sih pelajari love language pasangan lo, siapa tau ntar hubungan lo bisa makin erat dan makin sayang, kan.

Dan buat yang punya gebetan, bisa banget sok-sokan ngobrolin soal ini. Lumayan kan udah dapet topik, juga dapet clue-clue yang bisa bikin usaha gebet-menggebet lo makin lancar. 

Oiya, love language ini gak cuma berlaku ke pasangan atau gebetan doang kok, Civs. Ini berlaku ke keluarga, sahabat, atau temen lo juga, jadi jangan lupain mereka, ya! 

Kalo menurut lo, Love Language lo apa sih, Civs? (*/Photo credit: Markus Spiske via Unsplash.com) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Teo Ariesda

Professional procrastinator