Esensi

APAKAH CINTA TERMASUK KEBUTUHAN MANUSIA?

Nggak pengen punya hubungan intim sama seseorang, tapi eh ternyata rasa cinta termasuk dalam kebutuhan hidup manusia.

title

FROYONION.COM - Kalian sadar gak sih Civs kalau jaman sekarang banyak anak muda yang ga tertarik untuk menikah dan menjalin hubungan asmara ke jenjang yang lebih matang atau sebenernya ini malah diri kalian sendiri? 

Haha santai Civs banyak kok temennya, para penerus generasi ini malah seakan-akan nggak mau melanjutkan generasi, keinginan punya anak sih mungkin ada, tapi keinginan menikah? Waduhh bisa di-skip aja gak. 

Kebanyakan dari mereka memilih melajang sepanjang hidup dengan cita-cita menjadi seorang rich aunty atau rich uncle. Mereka lebih fokus mengejar karier dan memenuhi kebutuhan diri mereka sendiri, adanya banyak pertimbangan mengenai hal-hal yang harus dipikirkan setelah menikah, seperti adanya prioritas yang lebih penting, banyaknya kasus KDRT, biaya mendirikan rumah tangga dan pendidikan anak, serta tingginya angka perceraian semakin membuat mereka tidak ingin terlibat hubungan personal dengan orang lain.  

Ya gimana yah Civs orang hidup zaman sekarang juga harus ngeluarin banyak dana, fisik, dan juga mental yang stabil, nggak bisa kalo cuma modal cinta doang. Para anak muda nggak mau menambah beban dengan harus mengurus orang lain jika mengurus diri mereka sendiri aja udah bikin pusing. 

Kalian setuju gak Civs sama apa yang aku ungkapkan barusan? Semua itu balik ke keinginan masing-masing aja sih Civs sebenernya, kalo semua nggak mau nikah ya gimana mau nerusin generasi ini ke depannya ya kan? 

Nggak mungkin juga kita akan menjadi muda selamanya tanpa adanya penerus yang bisa diandalkan, tapi sebenarnya rasa cinta apakah sepenting itu dalam kehidupan? 

Gimana kalau kita hidup tanpa adanya rasa cinta dan kasih sayang dari orang lain? Rasa cinta termasuk kebutuhan manusia nggak sih sebenernya? 

Nah di sini bakal dibahas mengenai apakah manusia membutuhkan rasa cinta, kalau dari pandangan Abraham Maslow seorang pencetus teori Hirarki Kebutuhan Manusia, ada 5 kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dari yang paling utama sampai pada yang tertinggi. Dikutip dari Mediaindonesia, kelimanya adalah sebagai berikut:

1.    Kebutuhan fisiologis, yakni kebutuhan pokok manusia seperti makan, minum, tidur dan kebutuhan biologis yang dimilikinya termasuk seks.

2.    Kebutuhan akan rasa aman, untuk diri mereka sendiri, rasa aman termasuk rasa aman secara fisik dan emosi yang berarti aman dari panas, hujan, gangguan orang jahat, dan sebagainya.

3.    Kebutuhan sosial, selanjutnya setelah memenuhi kebutuhan pertama dan kedua manusia membutuhkan sosial yang termasuk rasa kasih sayang, kepemilikan dan rasa cinta. Maslow meyakini bahwa manusia merupakan makhluk yang membutuhkan rasa ingin dicintai dan memiliki hubungan dengan orang lain.

4.    Kebutuhan akan harga diri, sebab manusia merupakan makhluk yang menginginkan rasa validasi atau pengakuan dari orang lain, hal ini merupakan kebutuhan akan harga diri.

5.    Kebutuhan aktualisasi diri, yakni tahapan tertinggi dari hirarki kebutuhan Maslow. Tahapan ini diperoleh ketika seluruh kebutuhan sebelumnya telah terpenuhi, aktualisasi diri bisa diartikan sesuatu yang diharapkan dan sadar akan potensi diri yang dimilikinya.

Nah dari macam-macam penjelasan singkat mengenai hirarki kebutuhan Maslow di atas, rasa cinta ada pada kebutuhan manusia yang ke 3 nih Civs doi termasuk dalam kebutuhan sosial yang tepat setelah kebutuhan dasar dan kebutuhan akan rasa aman Civs, tapi sebelum memenuhi kebutuhan rasa cinta ini seseorang harus memenuhi dua kebutuhan awalnya terlebih dahulu. 

Maslow menjelaskan bahwa manusia sebagai makhluk akan senantiasa membutuhkan rasa ingin dicintai dan kasih sayang dari manusia lainnya, seseorang akan mengalami kebutuhan akan rasa kasih sayang ketika kebutuhan dasar dan kebutuhan rasa amannya sudah terpenuhi. 

Tapi apakah rasa ingin dicintai dan mendapat kasih sayang hanya bisa diberikan oleh pasangan? 

Jawabannya NGGAK ya, Civs. 

Kebutuhan sosial bisa dicapai juga dengan merasa dicintai oleh lingkungan, keluarga, dan menjalin hubungan baik dengan teman yang dekat juga bisa menumbuhkan rasa saling menyayangi antara satu sama lain kok. 

Jadi untuk kalian yang tetap pada pendirian untuk nggak mau menikah ya nggak papa, tapi bukannya ada beberapa hal yang cuma bisa kita diskusiin bareng pasangan ya? 

Kaya hal-hal yang bener-bener nggak bisa kita kasih tau ke siapapun tapi bisa kita kasih tau ke pasangan cuma buat mengurangi beban yang ada di kepala aja. 

Kalian juga pernah mikir nggak sih Civs kalau nanti dapet pasangan yang sefrekuensi, bisa saling menghargai dan nggak pernah nuntut kalian untuk menjadi yang mereka mau bakal menyenangkan dan nyaman banget untuk membagikan dan mengeluhkan segala hal? Ya di sini mungkin cuma bisa ngetik aja sih Civs, semua kendali ada di diri kalian masing-masing.

Keputusan untuk menikah atau nggak sepenuhnya ada di tangan kalian Civs. Nggak ada yang bisa memaksa kalian untuk menjalin hubungan ataupun melajang. 

Namun, yang pasti seseorang membutuhkan rasa cinta dan kasih sayang dari orang lain entah itu dari keluarga, sahabat, maupun lingkungan.

Kalian sendiri yang bisa menentukan akan hal ini karena kadar terpenuhi atau tidaknya rasa ingin dicintai dan disayangi setiap orang berbeda satu dengan lainnya. 

Banyak yang merasa cukup dengan hubungan dengan keluarga, sahabat dan lingkungan tanpa adanya pasangan. 

Namun, ada juga yang tidak bisa hidup jika tidak mendapatkan cinta dan kasih sayang dari pasangan.

Maka wajar saja jika seseorang sering merasa kosong ataupun kehilangan itu dikarenakan kebutuhan akan rasa cinta dan kasih sayang ini belum terpenuhi dengan baik. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yuvita Mulya

Penulis lepas