Esensi

ALASAN KENAPA BERESKAN TEMPAT TIDUR BAIK BUAT MENTAL LO

Membereskan tempat tidur ternyata punya manfaat bagi mental lho, Civs!

title

FROYONION.COM - Waktu kecil mungkin kita pernah diingatkan oleh orang tua bahwa setelah bangun tidur harus beresin tempat tidur. Tapi semakin bertambahnya usia, kita mungkin jadi lupa atau bahkan males ngelakuin kegiatan itu dan selalu ngebiarin tempat tidur enggak beres setiap hari. Salah satu alesannya mungkin karena kita buru-buru pergi ke kampus atau ke kantor, ya kan, Civs? 

Mungkin juga lo punya pemikiran bahwa tempat tidur yang berantakan menandakan soal kepribadian lo dan beres atau enggaknya tempat tidur, enggak ada bedanya sama sekali. Tapi ternyata ritual ngeberesin tempat tidur ini sebenernya bagus banget buat kesehatan mental lo. Kenapa ya? 

Jadi, menurut seorang mantan Rektor dari The University of Texas System, William H. McRaven, seperti dikutip Very Well Mind, beresin tempat tidur itu bagus banget buat mental. Bahkan dia sampai nulis buku berjudul Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life... And Maybe the World

Buku ini ngejelasin bahwa ngeberesin tempat tidur di pagi hari itu bikin lo makin sukses. Teorinya sih katanya, dengan ngeberesin tempat tidur lo sendiri sampai rapih, adalah awal kesuksesan kecil yang lo capai. Itu bakal memotivasi lo untuk melakukan hal-hal lainnya dengan semangat. 

HUBUNGAN MENTAL DENGAN TEMPAT TIDUR YANG RAPI

Beberapa orang berpikir ngeberesin tempat tidur ngebuang waktu, apalagi malemnya tempat tidur itu bakal berantakan lagi. Tapi dengan tempat tidur yang lo rapihin setiap pagi sebenernya adalah cara buat memulai pagi lo dengan cara yang teratur dan bersih.

Filosofi ngeberesin tempat tidur itu adalah tentang menetapkan niat buat ngelakuin hal-hal kecil yang bisa bikin hidup lo teratur, bijaksana, bertanggung jawab, seimbang, dan sukses. Bagi sebagian orang juga—termasuk gue–ngeberesin tempat tidur itu bikin pikiran jadi tenang, mood lebih baik, dan ngilangin stres lho. 

Asumsinya adalah bahwa kalau kamar atau ruang tempat lo melakukan berbagai hal itu rapih, bikin pikiran juga ikut rapih. Beda halnya sama orang yang membiarkan rumahnya berantakan, kemungkinan mereka mengidap gangguan mental yang namanya hoarding disorder, yaitu perilaku yang suka menimbun barang-barang bekas.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan kalau hal yang berantakan itu bisa mengganggu penerimaan informasi dalam otak kita. Lalu, orang yang bersih dan terorganisir cenderung punya kontrol impuls yang lebih baik, tertib, dan punya tujuan yang jelas. 

Bersih-bersih bukan cuma soal ngilangin debu atau kotoran, tetapi lebih kepada tata krama dan mengikuti norma sosial. Enggak cuma itu, orang yang suka ngeberesin tempat tidurnya, sebenernya punya kemampuan belajar dan berinteraksi dengan lebih baik lho. 

BERMANFAAT UNTUK TIDUR

Nah, ini nih, alesan lainnya kenapa lo harus ngeberesin tempat tidur adalah tempat tidur yang rapi bakal bikin tidur lo lebih nyenyak. Coba deh, kalau lo lagi nginep di hotel, pasti lo bakalan ngerasa nyaman karena ngeliat tempat tidur yang rapih, kan Civs? Soalnya tempat tidur yang tertata rapi bakal bikin lo betah dan tidur lo jadi lebih nyenyak. 

Nah kebayang enggak sih, kalau lo harus tidur di tempat tidur yang berantakan terus, lo ngerasa enggak nyaman rebahannya? Aktivitas tidur yang buruk juga bisa berkaitan dengan kesehatan yang buruk juga, kayak gampang kena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, bahkan kematian. 

Kurang tidur juga bisa berdampak negatif pada suasana hati lo sepanjang hari, kemampuan lo memecahkan masalah juga berkurang, dan juga otak kreatif lo jadi tumpul. 

Gimana Civs, udah tahu kan manfaat apa aja yang bisa lo dapetin kalau lo ngeberesin tempat tidur. Rutinitas yang baik gini adalah kunci dari banyak aspek kehidupan, termasuk kesehatan fisik dan mental lo. Ngebangun kebiasaan kayak ngeberesin tempat tidur lo sendiri bakal ngebantu lo ngantur emosi, lebih produktif, dan tentu aja mental lo bakalan lebih sehat. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dian Rosalina

Penulis, Ibu-ibu, dan pecinta kucing yang suka bakso.