Fashion

REKOMENDASI 4 BRAND LOKAL MENGUSUNG STYLE BLOKECORE

Berikut 5 deretan rekomendasi brand lokal yang harus lo tau di tahun 2023, dengan mengusung culture bola dalam proses kreatifnya.

title

FROYONION.COM - Industri dan dunia kreatif anak muda Indonesia emang engga ada habisnya ya, Civs? Inovasi dan ide-ide baru selalu muncul memberikan warna baru pada pergerakan dunia fesyen di dunia khususnya pada budaya dan tren anak-anak muda Indonesia dewasa ini. 

Kalo kita coba telisik akhir-akhir ini banyak banget produk-produk lokal Indonesia yang melibatkan atau membawa tren budaya sport seperti sepak bola ke ranah style berbusana kawula muda.

Sumber: Tegar Widodo (Ilustrator)
Sumber: Tegar Widodo (Ilustrator)

Gaya berbusana bertemakan sport tersebut akhir-akhir ini viral dan dikenal dengan sebutan style blokecore. Style blokecore memiliki look yang sporty dengan ciri khasnya mengenakan jeans casual, casual shoes ditambah dengan tshirt bola.

Beberapa produk brand lokal dibawah ini bisa jadi referensi buat lo para anak muda kreatif Indonesia untuk sekedar mejeng di awal tahun baru, biar tahun baru lo makin asik, Civs!

Nah, jadi berikut ini gue udah ngerangkum beberapa brand lokal Indonesia yang melibatkan proses kreatif dengan membawa culture sport ke produk mereka.

1. Ballersclubstudio

Ballers Club Studio merupakan salah satu brand streetwear lokal asal Bandung, Jawa Barat yang membawa konsep budaya sepak bola dan musik ke produk kreatif mereka. Banyak sekali brand-brand lokal Indonesia yang telah melakukan collaborations dengan brand julukan BCSTUDIO asal Bandung itu, seperti contohnya baru-baru ini yaitu melakukan kolaborasi dengan salah satu brand lokal asal bandung juga yaitu Vearst. Dan, sebelumnya juga sempat berkolaborasi dengan brand kawakan asal Jakarta yaitu Urbain.inc

Ballers Club Studio dalam koleksi terbarunya yang bertajuk “Homeground Progrmme” dengan Vearst telah resmi dirilis bersamaan pada Oktober 2022 lalu. 

BCSTUDIO dan Vearst dalam kolaborasinya ingin mencoba nge-highlight dengan membawa message bahwa sepakbola merupakan “palyground” bagi semua orang, di mana setiap grassroots program, setiap football ground, dan setiap sudut di negeri ini merupakan tempat yang menyenangkan oleh semua orang. 

Sumber ; Instagram [ https://www.instagram.com/p/ClQeq5FLtci/ ]

Berbagai koleksi artikel telah dirilis dengan menghadirkan 3 macam jenis jersey, yaitu ‘Clover Shirt’, ‘Le Racé Shirt: Circa 1996’ dan ‘Webb-Ellis Shirt’ dengan makna masing-masing pada setiap produk artikel. 

Selain merilis jersey Ballers Club Studio X Vearst hasil kolaborasi terbarunya, Ballers Club Studio juga mengeluarkan atribut seperti syal, tshirt hingga yang paling nyeleneh yaitu kaya skate deck dan sticker pack

Kalo lo penasaran, lo bisa cek di online store seperti Instagram @ballersclubstudio dan di Instagram @vearst__ atau bisa juga di offline store Vearst di Bandung.

2. Urbain.inc

Urbain.inc adalah salah satu brand local heroes asal Jakarta Selatan yang sudah menepaki jejak dari 2010, berawal dari bisnis majalah yang mengangkat kehidupan dan kultur urban, si founder yaitu Rico lubis yang juga merupakan seorang pemain basket streetball professional Indonesia, akhirnya membuat suatu brand bernama Urbain.inc.

Urbain bukan hanya sekedar brand clothing biasa yang mengangkat tema street culture, seperti basket, sneakership-hop music, hingga skateboard. Lebih dari itu, Urbain juga sering memberikan movement untuk tren budaya anak-anak muda urban. 

Brand yang bisa dibilang cukup sering berkolaborasi dengan brand lokal lain dan beberapa seniman di Indonesia, termasuk musisi legend seperti Slank, Tuan Tigabelas, hingga atlet basket Mario Wisang. 

Selain itu, Urbain juga sempat berkolaborasi dengan salah satu supporter bola Indonesia yaitu JakMania. Dari seluruh produk dan kolaborasinya, Urbain baru-baru ini telah merilis produk sportwear terbarunya yaitu jersey bola hasil kolaborasinya dengan Ballers Club Studio. Lo bisa cek di Instagram @ubain.inc 

3. Kamengski

Kamengski adalah salah satu brand streetwear asli Indonesia yang dikenal cukup nyentrik di kalangan para pelaku bisnis clothing lain. Memiliki produk-produk design yang cukup nyeleneh dengan humor parodi yang dituangkan dalam seluruh produk kreatifnya yang akhirnya menghasilkan respon yang positif bagi para konsumen maupun sosok tokoh hingga brand yang coba diparodikan oleh Kamengski. 

Kamengski merupakan sebuah merek fesyen asal Jakarta yang mulai dijalankan dan dikembangkan oleh si pemiliknya yaitu Sulaiman Said sejak 2008. Berangkat dari background si founder Kamengski yaitu si Said yang merupakan seorang mahasiswa jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) menjadikan Said cukup paham dengan teori dan disiplin ilmu desain. 

Banyak sekali produk-produk koleksi Kamengski yang dihasilkan melalui kolaborasi yang ekslusif dengan brand terkenal kaya Indomie dan musisi band Indonesia seperti The Adams, Superglad, hingga Feast. 

Selain membuat berbagai karya kolaborasi, Kamengski juga bisa dibilang  merupakan brand yang cukup doyan explore dalam proses kreatifnya, hal itu dilakukan Kamengski untuk menghasilkan rilisan produk yang out of the box. 

Contohnya seperti membuat kondom kolaborasi dengan Durex, membuat papan skate, sabun batang hingga yang paling gokil yaitu membuat motor listrik dan makanan vegan.

Dari keseluruhan karya kreatifnya, Kamengski bisa dibilang cukup sering merilis produk yang bertemakan sport seperti membuat jersey bola, seperti contoh di bawah.

4. Thanksinsomnia

Thanksinsomnia merupakan clothing brand asli Indonesia yang dibangun oleh Mohan Hazian sejak tahun 2013. Salah satu brand yang cukup dikenal dan diakui oleh kalangan anak-anak muda Indonesia saat ini. 

Mengawali bisnis clothing dengan menjual beberapa produk seperti hoodie dan tas aja, Thanksinsomnia terus konsisten membuat karya untuk mengembangkan bisnis serta terus berinovasi untuk men-develop produk terbaiknya. 

Hingga saat ini, sudah banyak produk dan koleksi yang dihasilkan oleh Thanksinsomnia, baik koleksi Thanksinsomnia sendiri maupun hasil dari kolaborasi dengan berbagai brand seperti Smiley, Indomie maupun seniman Indonesia seperti Alipjon hingga tokoh ilustrasi dari seri manga yaitu Jujutsu Kaisen.

Sebelumnya, Thanksinsomnia juga berhasil melakukan kolaborasi dengan salah satu klub sepak bola liga 1 Indonesia yaitu Persita Tangerang dengan nama kolaborasinya yaitu ‘Pendekar Cisadane Sport Growns’ yang menghasilkan jersey utama klub dan 4 jenis tshirt. 

Kolaborasi ini diciptakan sebagai bentuk kecintaan Thanksinsomnia dan apresiasi kepada klub sepak bola asal Tangerang itu. Selain itu, Thanksinsomnia juga sering merilis produk jersey original mereka sendiri.

Baru-baru ini Thanksinsomnia telah melakukan kolaborasi lagi dengan salah satu brand sportwear asal kota Tangerang yang namanya sudah cukup dikenal oleh para pecinta sportwear di Indonesia yaitu Ortuseight. 

Hasil kolaborasi Thanksinsomnia X Ortuseight kali ini bisa dibilang cukup berbeda dengan kolaborasi sebelumnya. Pasalnya, kedua brand tersebut mencoba menghadirkan sepatu futsal dengan seri terbatas dengan nama seri Jogosala. Berikut foto visual dari sepatu futsal seri Jogosala.

Buat lo yang penasaran lebih dalam mengenai kolaborasi antara Thanksinsomnia X Ortuseight, kalian bisa kunjungi instagram Thanksinsomnia dan Ortuseight atau bisa juga melalui website resminya yaitu di Thanksinsomnia.asia.

Nah, jadi itu dia 4 rangkuman brand lokal kreatif Indonesia yang merilis produk dengan mengangkat tema sport/ sepak bola atau bisa dibilang dengan sebutan style Bloke-core.

Beberapa rekomendasi product item tadi semoga bisa bermanfaat buat klean para Civilions yang budiman, serta semoga di awal tahun baru lo di tahun 2023 ini makin asoyy, Civs! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Tegar Widodo

Freelancer