Civs

ALASAN KENAPA KITA NGGAK BOLEH NGEREMEHIN PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Pelajaran Bahasa Indonesia biasanya jadi mata pelajaran yang paling dianggep ngebosenin. Semasa sekolah, guru-guru B. Indo biasanya juga punya karakteristik yang mirip-mirip: sepuh dan cara ngajar yang monoton. Tapi pelajaran membosankan itu nggak sepenuhnya nggak berguna. Semua ini dibahas dan dikuak dalam acara "Belajar Bareng Civs: Cara Nulis Asyik Ala Bang Roy".

title

FROYONION.COM Pada Minggu, 5 September 2021 lalu Froyonion untuk pertama kalinya ngadain workshop nulis bertajuk “Belajar Bareng Civs: Cara Nulis Asyik Ala Bang Roy”. Acara yang bisa disingkat BBC Nulis ini diadakan sama tim penulis website Froyonion untuk para Civilion yang punya hobi nulis tapi masih bingung cara ngembanginnya. 

Lewat platform Google Meet, acara yang dihadiri oleh 20 peserta ini jadi wadah untuk para Civs mendengarkan sharing tips-tips menulis dari Akhlis Purnomo sebagai narasumber. Nggak cuma dengerin presentasi doang, tapi di BBC Nulis, para peserta juga dapet kesempatan untuk praktek nulis langsung. Tulisan para peserta juga dicek dan diberi masukan oleh Akhlis supaya bisa bikin tulisan mereka jadi jauh lebih baik. 

Akhlis Purnomo yang akrab disapa Mas Akhlis sama anak-anak Froyonion sendiri adalah Pemimpin  Redaksi untuk website Froyonion yang bertanggung jawab untuk semua tulisan yang dipublikasikan oleh Froyonion. Mas Akhlis juga udah lama berkecimpung di dunia tulis-menulis, mulai jadi bikin konten untuk sosial media, jadi konsultan konten, sampai nulis profesional, semuanya udah dicemplungin sama Mas Akhlis. Lewat pengalamannya itu nggak heran deh kalo beberapa tips nulis dari Mas Akhlis di bawah ini bisa bikin kita merasa tercerahkan.


BUAT LO YANG MASIH PEMULA

Untuk lo yang mungkin  merasa masih cupu banget buat nulis, nggak usah ragu dan risau karena kita punya beberapa tips yang bisa lo lakuin. 

Pertama, coba pelan-pelan biasakan untuk menulis setiap hari. Nggak usah dibawa ribet dan pusing, nulis yang ringan-ringan dulu aja. Misal nulis jurnal kegiatan lo sehari-hari, diary, atau bahkan nulis caption buat posting-an Instagram lo. Tujuannya supaya lo nggak kagok lagi kalau mau nulis. Kadang kan masih suka bingung, pengen nulis sesuatu tapi bingung milih bahasanya. Atau juga sering ngerasa kok kayaknya tulisan gue nggak nyambung ya. Nah tujuan dari nulis setiap hari adalah untuk nemuin ritme dan gaya nulis lo sendiri. Kalau udah mulai lancar nulis, lo bisa lanjut untuk nulis artikel. 

Masalah selanjutnya yang suka bikin bingung adalah milih topik tulisan. Kadang niat nulisnya udah ada, tapi begitu buka laptop langsung nge-blank. Tips yang kedua adalah, coba lihat apa yang ada di sekitar lo. Bisa jadi perhatiin orang-orang yang ada di rumah lo, barang-barang di meja lo, ngeliat playlist lagu lo, serial terakhir yang lo nonton di Netflix, macem-macem deh. 

“Nyari inspirasi topik itu emang bisa se-random itu, tapi siapa tahu dari hal yang random bisa jadi ide tulisan yang nggak biasa.”

Setelah bisa lancar nulis dan nemuin topik, langkah selanjutnya adalah untuk mulai menulis. Tips ketiga buat lo adalah untuk menulis tanpa khawatir untuk salah. Kekhawatiran dan rasa takut salah ini seringkali bikin kita jadi terhambat untuk bisa nulis lancar. Kuncinya nulis aja tanpa beban. Kalau ikan Dori di film Finding Nemo bilang, “Just keep swimming and swimming,” kalau Mas Akhlis bilangnya, “Just keep writing and writing.”

Tips terakhir setelah lo menjalankan ketiga tips di atas adalah untuk ngecek tulisan lo. Setelah selesai nulis, coba istirahat sebentar dan jauh-jauh dari media nulis lo. Setelah istirahat dan pikiran udah fresh, coba balik lagi ke tulisan lo dan baca dari awal sampai akhir. Ini salah satu metode yang lumayan ampuh sih kalau mau ngecek tulisan, karena lo akan lebih netral waktu baca ulang.

Beberapa hal yang harus lo perhatiin waktu ngecek adalah tata bahasa, kesinambungan antarparagraf, dan kejelasan poin-poin utama yang pengen lo sampaikan. Kalau ngecek tata bahasa, pasti erat kaitannya sama ilmu-ilmu yang kita pelajari di pelajaran Bahasa Indonesia. Dari ngecek EYD, kalimat efektif, typo atau enggak, bahasa lo baku atau enggak, dan sebagainya. 

Makanya, lo nggak boleh nyepelein pelajaran Bahasa Indonesia yang lo anggep membosankan itu. Walau kadang suka bikin ngantuk, tapi ilmunya mahal dan berguna loh. Jadi untuk lo yang masi sekolah, simak baik-baik ya. 

Selain cek tata bahasa, lo juga harus cek tulisan lo udah nyambung dan efektif atau belom. Usahakan tulisan lo nggak terlalu panjang dan muter-muter. Jangankan yang baca, kalo tulisannya muter-muter lo yang nulis juga pasti bingung kan. 

“Jadi nulislah sejelas mungkin tapi juga interaktif.”

Keempat tips ini bisa jadi panduan dasar untuk lo yang pengen mulai nulis. Nulis itu banyak faedahnya kok. Bisa jadi wadah untuk lo menyalurkan inspirasi, melepas stres, sampai jadi sumber cuan. 

Pengen tahu tips-tips nulis lainnya yang bisa bikin lo tambah jago dan bisa cuan? Ikut workshop nulis berikutnya di tanggal 27 Oktober 2021 ya! Info lebih lanjut bisa terus pantengin Instagram Froyonion yak. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor