Beauty

RAJIN SKINCARE MALAH KULIT TAMBAH KUSAM? COBA SKIN MINIMALISM

Apakah makin banyak pasti lebih baik? Tidak juga. Termasuk perawatan kulit. Kadang lebih simpel malah lebih baik.

title

FROYONION.COM - Penggunaan skincare sangat penting untuk perawatan kulit, jenis dan merek pun sangat bervariatif. mulai dari face cleanser, toner, moisturizer, serum, sunscreen, night/day cream, eksfoliasi, dan lain sebagainya. 

Tahukah kalian penerapan skincare yang berlebihan menyebabkan kulit kusam. kulit yang terlalu banyak kandungan skincare yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan bertumpuk dan mengakibatkan kulit tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Skin minimalism adalah pendekatan dalam perawatan kulit yang menekankan pada penggunaan produk perawatan kulit yang sederhana, efektif, dan berfokus pada kebutuhan dasar kulit. Konsep ini mirip dengan gaya hidup minimalis, di mana tujuannya adalah mengurangi keberlebihan dan menyederhanakan segala sesuatu, termasuk rutinitas perawatan kulit.

Dalam skin minimalism, filosofi utama adalah menggunakan produk perawatan kulit dengan efisiensi maksimal untuk mencapai hasil yang diinginkan, tanpa perlu menggunakan banyak produk yang berbeda. Pendekatan ini biasanya melibatkan pemilihan beberapa produk berkualitas tinggi yang cocok dengan jenis dan kebutuhan kulit, daripada mengumpulkan banyak produk dengan fungsi serupa. berikut tahap basic skincare untuk menerapkan skin minimalism:

1. Micellar Water 

Micellar water penting sebagai tahap awal membersihkan wajah, kotoran yang bertumpuk pada wajah bisa menyebabkan kotoran tersumbat. Micellar water dapat digunakan di pagi/malam/sore hari ataupun saat setelah menggunakan make-up.

2. Cleanser 

Memilih sabun cuci muka yang tepat sangat penting untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan penampilan kulit wajah. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, jadi penting untuk mencari produk yang paling cocok dengan kondisi kulit. Selalu lakukan uji coba terlebih dahulu dan jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut tentang produk sebelum membelinya.

3. Toner

Toner digunakan untuk melembabkan dan memaksimalkan penyerapan skincare selanjutnya. Hindari toner yang mengandung alkohol, terutama jika memiliki kulit kering atau sensitif. Alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan menyebabkan iritasi. Perhatikan Kandungan Khusus, jika memiliki masalah kulit tertentu, seperti jerawat, hiperpigmentasi, atau penuaan dini, carilah toner yang mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut, misalnya asam salisilat untuk jerawat atau niacinamide untuk hiperpigmentasi.

4. Moisturizer

Moisturizer (pelembap) adalah produk perawatan kulit yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Selalu memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Jika memiliki kulit berminyak, pilihlah moisturizer yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Untuk kulit kering, pilih moisturizer dengan kandungan pelembap yang lebih kaya dan intens. Perawatan kulit yang konsisten dengan penggunaan moisturizer akan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat, lembap, dan tampak segar.

5. Sunscreen 

Sunscreen (tabir surya) adalah produk perlindungan kulit yang sangat penting untuk digunakan secara teratur.  Penting untuk menggunakan sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) minimal 30, dan pastikan untuk mengaplikasikannya dengan cukup dan merata ke seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari. Penggunaan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit akan membantu menjaga kulit sehat, mencegah kerusakan kulit, dan mengurangi risiko masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Skin minimalism dapat menjadi pendekatan yang efektif bagi beberapa orang, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan dan ingin mencapai hasil perawatan kulit yang baik tanpa memerlukan banyak waktu dan usaha. Namun, setiap orang memiliki jenis kulit dan kebutuhan yang berbeda, jadi selalu bijaksanalah untuk berkonsultasi dengan ahli kulit jika ingin mengadopsi pendekatan ini atau jika memiliki masalah kulit tertentu yang perlu diperhatikan lebih khusus. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Nurufl Fitria

Mahasiswi Manajemen Keuangan. Content writer, freelance moderator.