Beauty

INTERMITTENT FASTING: DIET SEHAT SEPERTI PUASA

Jika kamu sedang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, coba metode diet berikut ini supaya nafsu makanmu bisa lebih terkontrol.

title

FROYONION.COM – Ada begitu banyak program diet beserta penelitian-penelitian yang dapat dijadikan sebagai pedoman dasar agar tubuh kita tidak mengalami kesalahan pada saat menjalankannya. Salah satu cara diet yang sedang viral saat ini adalah ‘Intermittent Fasting atau berpuasa dengan jangka waktu tertentu.

Dikutip dari Mayo Clinic, program diet ini ternyata mampu memberikan efek positif bagi tubuh kita, seperti pencegahan terhadap penyakit Alzheimer, radang sendi, asma, stroke dan gangguan syaraf otak. Tentunya banyak dampak baik lainnya apabila kamu dapat menjalankan intermittent fasting dengan benar.

BACA JUGA: DIET MEDITERANIA DINOBATKAN SEBAGAI DIET TERSEHAT DI TAHUN 2023: APA ITU?

Lalu, seperti apa program intermittent fasting? Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum dan saat menjalankan program diet ini:

ATUR JAM MAKAN DAN ‘PUASA’

Umumnya, jika puasa di bulan Ramadan dilakukan selama kurang lebih tiga belas jam tanpa dan waktu untuk makan-minum sekitar sebelas jam, maka aturan dalam intermittent fasting agak sedikit berbeda. Dikutip dari Healthline, ada beberapa macam aturan waktu untuk melakukan diet ini, yaitu:

  • Metode 16/8

Kamu bisa mengonsumsi makanan apapun selama delapan jam lalu ‘puasa’ selama enam belas jam. Tetapi untuk kapan waktu dimulainya, kamu bisa mengaturnya sendiri. 

Kalau Penulis biasanya dimulai dari jam 12 siang dengan mengonsumsi bekal makanan dalam porsi normal. Di antara jam makan siang dan makan malam, kamu juga boleh makan cemilan seperti buah-buahan ataupun teh hijau. Kemudian dilanjutkan dengan makan malam sekitar jam 7 sampai 8 malam. Oh iya, metode ini harus dilakukan setiap hari, ya!

  • Puasa 5:2

Kalau kamu tipikal yang malas puasa setiap hari, coba metode 5 hari normal dan 2 hari puasa. Namun sebelum memulai, perhatikan beberapa poin berikut ini:

Pertama, kamu tentukan hari untuk berpuasa, lebih baik jika dilaksanakan selama dua hari berturut-turut. 

Kedua, selama dua hari itu, kamu hanya boleh mengonsumsi makanan maksimal 600 kalori per hari dan tidak boleh lebih dari itu. 

Terakhir, selama lima hari selanjutnya kamu bisa makan dengan porsi normal namun dengan jumlah kandungan protein, serat dan lemak yang seimbang.

  • Eat-stop-eat

Metode ini menerapkan aturan puasa setiap hari, hampir mirip bahkan mendekati puasa Ramadan. Kamu diharuskan untuk puasa makan atau membatasi asupan makanan maksimal 600 kalori selama satu hari penuh.

Bisa dibilang, metode ini jadi yang paling sulit untuk Penulis terapkan sehari-hari, apalagi untuk pemula.

PERHATIKAN MAKANAN YANG DIKONSUMSI

Pada dasarnya, metode diet apapun pasti selalu ada aturan untuk membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi selama program dilakukan. Begitu juga dengan intermittent fasting ini, kamu sangat diwajibkan untuk melatih tubuh agar menahan hawa nafsu dengan mengurangi kalori yang masuk ke tubuh.

Karena metode ini sangat serupa dengan puasa, makanan yang harus dikonsumsi pun harus mengandung karbohidrat, protein dan serat agar kenyang lebih lama. Makanan yang disarankan adalah telur, daging, tahu, tempe, ikan, oatmeal, makanan rebusan, sayuran dan buah-buahan.

OLAHRAGA

Hal terpenting dari tubuh yang sehat adalah menggerakkan otot-otot supaya lebih kuat alias berolahraga. Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya terutama dalam proses pembakaran lemak agar berat badan menjadi lebih cepat turun. 

Kegiatan olahraga sangat banyak sekali jenisnya, tetapi ada baiknya jika kita tidak hanya fokus pada penurunan berat badan saja tetapi juga memperhatikan komposisi tubuh agar tetap sehat hingga tua. 

Menurut Binaragawan Ade Ray, menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan bukan sekadar lari, berenang ataupun melakukan gerakan kardio, tetapi juga melatih otot-otot rangka juga baik untuk jangka panjang.

Lalu, bagaimana jika setelah olahraga otot justru menambah berat badan karena adanya kenaikan massa otot? Itu tandanya bahwa kamu harus mengurangi makanan yang mengandung lemak dan gula, sehingga komposisi tubuhmu akan tetap seimbang dan berat badan juga lebih terjaga. 

DIET INTERMITTENT FASTING
Komposisi tubuh yang harus dipenuhi pada pria dan wanita dewasa. (Sumber: Trifecta)

CATATAN PENTING UNTUK PEMULA

Jika kamu baru akan memulai diet intermittent fasting, usahakan jangan memaksakan dirimu untuk berpuasa berlebihan. Jika ingin mencoba salah satu metode berpuasa di atas, mulailah dari cara yang paling mudah untukmu. Sebagai awalan, kamu bisa melakukan kegiatan olahraga yang cukup seperti jalan santai selama lima belas menit dan plank sekitar dua puluh detik per hari. Semakin lama, intensitas olahragamu bisa ditingkatkan sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan tubuh. 

Satu lagi, jangan lupa minum air putih ya! Berdasarkan saran dari Kementerian Kesehatan RI, konsumsi air putih yang disarankan untuk orang dewasa yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml atau total 2 liter per hari.

Semangat untuk kamu yang sedang berjuang untuk diet! (*/) (Photo credit: Ella Olsson)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Deby Priscilina

Pekerjaan utamanya bengong, nulis, repeat. Kadang ditaburi kadar kehaluan 0,01% di atasnya.