Tech

INI FITUR BARU YOUTUBE BIKIN CREATOR ENGGAK PERLU UPLOAD ULANG VIDEO

Fitur ini bakal berguna banget buat content creator Youtube. Lo bisa memperbaiki atau mengoreksi kesalahan dalam video meski udah terlanjur diunggah. Jadi enggak bikin engagement dan komentar ilang, simak Civs!

title

FROYONION.COM - Di industri media kreatif, YouTube udah jadi wadah kreativitas dan bisnis. Bahkan udah jadi media promosi kreatif buat sebagian pengguna. Sebagai pengguna atau content creator, pasti sering nih nemuin video yang udah lo unggah, terus sadar ternyata ada kesalahan di dalamnya. 

Kalau dihapus, akibatnya video di YouTube akan turut ngilangin semua statistik video. Mulai dari views, likes, komentar penonton, dan pendapatan video. Lo enggak mau kan hal itu terjadi? 

Nah belum lama, YouTube nambahin fitur baru, Civs. Fitur ini bikin pengguna bisa memperbaiki atau mengoreksi kesalahan dalam video yang sudah tayang. Jadi kalo ada kesalahan sekecil apapun, pengguna enggak perlu mengunggah ulang video.

Dilansir socialmediatoday, fitur ini bernama Correction. Nah, fitur Correction sendiri nantinya bakal bisa ditambahkan pengguna melalui menu Content di laman YouTube Studio. Pengguna diberikan izin untuk nambahin catatan informasi di potongan-potongan klip video yang terdapat koreksi.

"Hingga saat ini, jika pembuat konten ingin memperbaiki kesalahan dalam unggahan, atau memberikan pembaruan informasi yang sudah tidak akurat, pengeditan singkat dan pengunggahan ulang video mengakibatkan hilangnya engagement, dan komentar," sebut pernyataan YouTube dikutip pada Sabtu (18/6/2022).

BACA JUGA: TIPS TAMBAH SUBSCRIBERS DARI ORANG DALAM YOUTUBE

Oiya Civs, fitur ini enggak bakal bisa mengubah video secara keseluruhan ya. Hanya saja diperuntukkan Youtube sebagai suplemen untuk menjelaskan kesalahan kecil dalam video yang dibuat.

"Dengan peluncuran fitur Corrections, para kreator bisa menarik atensi penonton kepada koreksi dan klarifikasi pada video yang telah diunggah, demikian pernyataan resmi YouTube.

Buat yang masih bingung pakai fitur Corrections ini, lo hanya perlu menambahkan Correction atau Corrections pada deskripsi video. Kemudian, tambahkan catatan waktu dan penjelasan soal koreksi yang dibuat.

Fitur Correction akan muncul di kanan atas layar pada saat video memasuki menit yang dikoreksi. Mengklik fitur itu akan menampilkan keterangan dari koreksi yang dibuat oleh kreator video.

Oiya fitur Corrections saat ini masih tahap penyebaran ke pengguna dan kreator konten YouTube secara global. Kalo lo belum dapet fitur ini, nampaknya lo harus bersabar sedikit, sebab Youtube juga sekaligus menambah fitur-fitur lain.

Perlu jadi catatan, fitur Corrections ini tetap enggak bisa mengganti atau mengubah bagian-bagian yang salah yang ada di dalam video. Karena ini cuma bisa dilakukan dengan cara mengedit konten yang salah dan mengunggah ulang video.

Namun, kehadiran fitur Corrections bisa mempermudah kreator konten untuk menginformasikan kesalahan atau kekeliruan dalam video, tanpa mereka harus repot-repot membuat komentar, menambah deskripsi video, menghapus video, atau mengunggah ulang video.

Kalo menurut gue adanya fitur Corrections ini bakal berguna banget nih buat pengguna atau content creator Youtube, kalo menurut lo Civs? (*/)

BACA JUGA: APAKAH MASIH PERLU KULIAH FILM PADAHAL LO BISA BELAJAR HAL ITU DARI YOUTUBE?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.