Sports

FIX! UNTUK PERTAMA KALINYA, INDONESIA KIRIM WAKIL DI LIMA SEKTOR PADA BWF WORLD TOUR FINALS

Kabar gembira buat pecinta bulutangkis dalam negeri. Pasalnya, Indonesia berhasil mengirimkan wakilnya di setiap sektor untuk pertama kalinya dalam sejarah bulutangkis Indonesia dalam ajang BWF World Tour Finals.

title

FROYONION.COMSelama ini, Indonesia hanya bertumpu pada sektor ganda putra, tunggal putra, dan juga ganda campuran aja, Civs.

Tahun ini, udah dipastiin kita bisa menyaksikan sektor tunggal putri dan ganda putri bakal gabung dengan sektor lainnya untuk berpartisipasi di ajang BWF World Tour Finals. Adapun pemain tersebut antara lain Gregoria Mariska Tunjung dan pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sebelumnya, PBSI mengumumkan keikutsertaan Gregoria Mariska Tunjung setelah tunggal putri India, Pusarla Sindhu memutuskan withdrawn dari World Tour Finals karena cidera yang dialaminya. 

Untuk itu, tempat kosong tersebut akan digantikan oleh pemain dengan peringkat di bawahnya. Peringkat di bawah diisi oleh Gregoria Mariska Tunjung dan pemain asal Jepang, Nozomi Okuhara. 

Namun selisih poin yang dimiliki oleh Gregoria dan Nozomi cukup berdekatan, sehingga Gregoria dan Nozomi harus bersaing lagi untuk memperebutkan tempat kosong tersebut. 

Ada dua kondisi yang menentukan, pertama, Gregoria harus menjadi juara di Australia Open, atau yang kedua Gregoria harus menang setidaknya di babak perempat final dengan catatan Nozomi Okuhara harus kalah di babak tersebut.

Gregoria akhirnya berhasil menang dan melaju ke babak semifinal usai mengalahkan wakil Jepang lainnya Saena Kawakami dengan skor 14-21, 22-21, dan 21-16. Sedangkan Nozomi dikalahkan wakil China, Han Yue. 

Gregoria akhirnya mampu mencapai babak final dan menjadi runner-up di ajang Australia Open usai kalah dari pemain Korea, An Se Young dengan dua gim langsung. Dengan hasil tersebut, Gregoria berhak menggantikan posisi Pusarla Sindhu.

Sama halnya dengan Gregoria Mariska Tunjung, pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia juga bakal tampil di ajang BWF World Tour Finals tahun ini menggantikan pasangan Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang mundur karena cidera yang dialami oleh Nami. 

Hal ini disampaikan melalui Twitter resmi PBSI hari Senin (28/11/2022) kemarin. 

“Resmi! Apri/Fadia diundang ke BWF World Tour Finals 2022. Jadi, tujuh wakil Indonesia akan berlaga di BWF World Tour Finals 2022 yang dihelat pada 7-11 Desember di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand. Good luck for all!” tulis PBSI.

Keikutsertaan Apri/Fadia ini bener-bener definisi kalo udah rejeki ga bakal kemana, Civs. Soalnya sebelumnya, pasangan yang dijuluki “Minionswati” ini hanya berada di posisi ke-9 ranking BWF World Tour Finals 2022 sekaligus menjadi cadangan pertama yang bisa lolos jika ada pemain yang mengundurkan diri.

Sebenarnya, Apri/Fadia udah punya kesempatan untuk lolos dengan poin di atas dua ganda putri Malaysia, namun mereka memilih tidak ikut dalam dua turnamen terakhir yakni Hylo Open dan Australia Open. Pasangan Malaysia, Pearly Tan/Tinaah Muralitharan yang saat itu berada di bawah peringkat Apri/Fadia dengan mengejutkan berhasil menjuarai French Open, sehingga poin pemain Malaysia tersebut mampu melampaui poin yang dimiliki pasangan Apri/Fadia. 

Ditambah lagi dengan tidak ikutnya mereka di Hylo Open dan Australia Open makin membuat peringkat mereka turun sehingga hanya berada di posisi ke-9. Tapi balik lagi, yang namanya rejeki nggak bakal kemana yekan. Minionswati masih bisa tampil meski menggantikan pemain Jepang. 

Perlu diketahui, BWF World Tour Finals merupakan turnamen terakhir yang diadakan akhir tahun sebagai penutup musim kompetisi BWF World Tour. Turnamen ini sendiri hanya diikuti oleh 8 peserta terbaik dari setiap sektor. Jadi hanya pemain dengan berperingkat 1 sampai 8 World Tour saja yang bisa ikut.

Selain itu, dari setiap negara cuma bisa mengirimkan dua wakil saja di setiap sektor. Artinya, kalau ada 3 pemain dari satu negara memiliki peringkat teratas, maka peringkat terbawah harus digugurkan. 

Indonesia sendiri untuk saat ini sudah meloloskan 7 wakilnya, Civs. 

Di sektor tunggal putra, ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, sektor tunggal putri ada Gregoria Mariska Tunjung, ganda putra Fajar Alfian/Rian Ardianto dan Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan, ganda putri Apri/Fadia, dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Mentari.

Walaupun Apri/Fadia dan Gregoria lolos karena menggantikan pemain yang cidera, tapi kita harus tetap apresiasi karena untuk bisa menjadi pemain cadangan juga mereka lalui dengan persaingan yang nggak mudah. Semoga wakil Indonesia bisa tampil maksimal dan memberikan hasil terbaik ya Civs, begitu juga dengan wakil Indonesia lainnya. (*/)

BACA JUGA: MENGENAL BWF HALL OF FAME, PENGHARGAAN BAGI LEGENDA BULUTANGKIS DUNIA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer