Sports

ASEAN PARA GAMES 2022: KEKURANGAN BUKAN HALANGAN UNTUK JADI JUARA

ASEAN Para Games merupakan pesta olahraga difabel tingkat Asia Tenggara (ASEAN). Pada ASEAN Para Games kali ini, kontingen Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum.

title

FROYONION.COM - Ada kabar bahagia datang dari Atlet Para Games Indonesia yang berhasil menjadi juara umum di ajang ASEAN Para Games 2022 yang diadakan di Surakarta pada 26 Juli hingga 7 Agustus nih, Civs. Sebanyak 11 Negara ASEAN berpartisipasi dalam ASEAN Para Games 2022 ini. 

Kontingen Indonesia berhasil melampaui target medali yang awalnya ditargetkan sebanyak 104 emas oleh Kemenpora. Namun Indonesia berhasil membawa total 419 medali, masing-masing 171 emas, 138 perak, dan 110 perunggu. Dengan hasil tersebut, Indonesia telah dipastikan sebagai juara umum pada gelaran ASEAN Games 2022 melampaui Thailand dan Vietnam di posisi kedua dan ketiga.

Dalam pagelaran ASEAN Para Games kali ini, Indonesia menurunkan total 323 atlet yang terbagi dalam 14 cabang olahraga yang terdiri dari atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, renang, tenis meja, tenis kursi roda, catur, goalball, bulutangkis, basket kursi roda, Cerebral Palsy, dan voli duduk.

Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan National Paralympic Committee Indonesia (Litbang NPC Indonesia), Sapta Kunta Permana mengatakan, meskipun atlet penyandang disabilitas memiliki keterbatasan, namun hal tersebut bukan menjadi halangan untuk mencapai prestasi gemilang dengan mengharumkan nama bangsa sekaligus menjadi juara ASEAN Para Games 2022. 

“Ada kata-kata bijak yang dapat dipakai sebagai motivator teman-teman, tidak hanya para penyandang disabilitas, bahwa kekurangan bukanlah suatu kelemahan tetapi kekuatan berasal dari kemauan yang gigih”. Imbuhnya. 

KISAH BANG UDIN

Salah satu pengguna twitter @ciscabecker, membagikan cerita tentang seorang pedagang bubur ayam bernama Udin yang menjadi salah satu atlet panahan dalam Asean Para Games, tweet ini pun viral di beberapa media sosial seperti Instagram.

Berbagai macam komentar positif yang ditujukan untuk Bang Udin, salah satunya dari pengguna twitter @JoniTageg, “inspiratif, Keren Bang Udin, beliau mengingatkan saya pada sosok Pendekar Rajawali”.

Tak hanya itu, pengguna lain @singgihaghastya malah memplesetkan salah satu judul sinetron Indonesia menjadi “Tukang Bubur Naik Podium”

PENCAPAIAN ATLET PARA GAMES INDONESIA

Menurut Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Chandra Bhakti, ASEAN Para Games kali ini tidak hanya berdampak pada prestasi olahraga saja, tetapi juga sukses dari sisi ekonomi dan juga administrasi. Hal ini dibuktikan dengan penuhnya hotel-hotel di sekitar stadion di Solo dan juga keterlibatan UMKM lokal. 

Pencapaian Indonesia juga sekaligus mematahkan mitos lama yang mengatakan bahwa dalam 5 kali pagelaran Asean Para Games terakhir, tidak ada tuan rumah yang berhasil menjadi juara umum. 

Sebelumnya, SEA Games diadakan di Vietnam, akan tetapi untuk ASEAN Para Games malah diadakan di Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengatakan, awalnya ASEAN Para Games akan digelar di Vietnam juga, namun rencana tersebut batal dikarenakan ada beberapa kendala teknis dari Vietnam sehingga Indonesia menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah. 

Kemenangan Indonesia pada ASEAN Para Games 2022 ini bisa jadi kado manis untuk Indonesia yang bentar lagi bakal merayakan HUT Kemerdekaan, Civs. Kita doakan semoga prestasi ini bisa terus konsisten biar bisa dapet hasil yang baik di Paralympic 2024 mendatang yaa.

BACA JUGA: APA YANG MEMBUAT TIMNAS 3X3 BASKET PUTRA TIDAK MEMBAWA MEDALI SEA GAMES KALI INI?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer