Kreatif

WONDERVERSE: WONDERFUL INDONESIA DI METAVERSE YANG JANGKAU ANAK MUDA

Kemenparekraf mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif dan digital nih. Nantinya lo bisa ngerasain sensasi wisata tanpa harus berkunjung secara langsung, penasaran? Simak artikel ini, Civs!

title

FROYONION.COM - Teknologi metaverse menjadi tren di dunia, bahkan mulai banyak digunakan untuk memasarkan produk secara virtual. Nggak terkecuali, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang sudah memanfaatkan teknologi masa depan ini.

Demi bertransformasi ke era ekonomi baru, Kemenparekraf bekerja sama dengan PT Magnus Digital mulai mengembangkan platform WonderVerse Indonesia. Udah tau platform apa?

Nah platform ini untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dengan teknologi metaverse Civs.

Kalian nantinya bisa merasakan sensasi wisata tanpa harus berkunjung secara langsung. Lo bisa mengunjungi platform ini di mana saja dengan menggunakan perangkat desktop. Jadi kalo kalian mau ke tempat wisata yang belum pernah lo kunjungi, mungkin bisa langsung akses platform ini hehe.

Lanjut Civs, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bilang platform baru ini untuk mengangkat promosi pariwisata, sekaligus mengangkat ekonomi kreatif melalui perkembangan teknologi.

KENALAN DULU SAMA WONDERVERSE INDONESIA

WonderVerse Indonesia ini nantinya akan terbagi menjadi empat bagian atau disebut dengan nama ‘land’. Nama yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan dengan berbagai keragaman.

1. Lobby

Bagian pertama ada lobby, di sini pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan endemik Indonesia. Lobby ini juga menyajikan galeri lukisan dari seniman Indonesia dan layar informasi untuk mempermudah lo menemukan apa yang mau lo cari.

2. WonderFul LAND

Bagian kedua, ada WonderFul Land yang menghadirkan berbagai game khas Indonesia dan tentu saja hiburan lain. Di bagian ini lo bakal disuguhkan pertunjukkan-pertunjukkan ciamik seperti wayang, gamelan, tari-tarian, dan lain sebagainya.

3. WonderGoods Land

Selanjutnya WonderGoods Land, di sini pengunjung bisa bertransaksi barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Mulai dari sejumlah kerajinan tangan hingga barang antik khas daerah di Indonesia.

4. WonderREAL LAND

Terakhir ada WonderREAL Land, pengunjung bisa langsung membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi daerah wisata di Indonesia sesuai destinasi yang diinginkan.

WONDERVERSE INDONESIA JADI GAME CHANGER

Lanjut Civs, pemasaran melalui metaverse memiliki potensi yang sangat besar seiring semakin terakselerasinya digitalisasi. Bloomberg memproyeksikan metaverse akan menjadi masa depan internet dengan nilai yang ditaksir mencapai 800 miliar dolar AS pada 2024.

Katanya pada 2026, diperkirakan akan ada 25 persen populasi dunia yang menghabiskan waktu setidaknya satu jam dalam sehari di metaverse.

Bisa jadi mereka bakal bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, melakukan perawatan kesehatan, dan kegiatan apapun termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse Civs.

Oleh karena itu, pemerintah harus memfasilitasi seluruh pihak agar bisa menggunakan metaverse untuk meningkatkan kesejahteraan. Bang Sandi berharap, platform WonderVerse Indonesia jadi game changer dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke depan.

MASIH DALAM TAHAP PENYEMPURNAAN

Oiya Civs, metaverse bisa menjadi wadah untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di mata dunia loh. Dengan menggunakan teknologi ini tentu punya segudang manfaat untuk Indonesia dari sisi digital, dari sisi travel dan dari sisi ekonomi kreatif.

Platform Wonderverse sih emang udah diperkenalkan, namun masih dalam tahap penyempurnaan dan akan terus dikembangkan. Jadi dimohon untuk sabar sebentar ya.

Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman bilang, platform ini bakal terus diperbaiki termasuk mengakomodir semua kebutuhan. “Harapannya keseluruhan akan bisa mulai diakses di kuartal 4 tahun 2022 ini," katanya dikutip dari laman Kemenparekraf, Rabu (24/8/2022).

WONDERVERSE BANGKITKAN PARIWISATA SETELAH PANDEMI

Dengan hadirnya WonderVerse Indonesia, industri pariwisata dan ekonomi kreatif berharap bisa bangkit kembali Civs. Semoga aja proyek ini bisa membuka peluang dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru buat pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Nah kira-kira lo bakal nyobain WonderVerse Indonesia nggak Civs? Lumayan kan nyobain sensasi wisata tanpa harus berkunjung ke secara lanNsung hehe. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.