Tips

PUNYA HOBI MAHAL TAPI TERKESAN NGGAK GUNA, LANJUTIN ATAU BERHENTI AJA?

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Gue punya hobi custom mechanical keyboard, Bang. Soalnya satisfying aja dan bikin gue seneng. Tapi menurut lo ini buang-buang duit doang nggak ya?” -@hndsndk

Jawaban: 

Cukup bisa dimengerti kalo lo mikir kayak gitu. Soalnya, pemikiran yang beredar di masyarakat kita kan hobi hanya sekedar untuk seneng-seneng aja. Bahkan sampe sekarang pun masih ada yang beranggapan kalo kerja dari hobi itu aneh. 

Tapi emangnya salah ya kalo punya hobi mahal? 

Kebetulan anak-anak Froyonion punya hobi yang aneh-aneh juga nih. Jadi gue ajak ngobrol Cindy, Kinur, dan Erwin yang nggak setengah-setengah sama hobi mereka. 

Pertama ada Cindy yang punya hobi ngoleksi vinyl atau piringan hitam. Katanya sih dia mulai punya hobi ini karena emang suka sama musik dan merasa bisa lebih menghargai musik dengan dengerin langsung lewat piringan hitam. 

Lo tahu nggak? Satu piringan hitam yang masuk kelas langka bisa mulai dari Rp500.000-Rp1.000.000. Buset, mahal bener! 

Tapi Cindy bilang ke gue kalo dia nggak pernah ngerasa terbebani dengan hobinya ini. Toh katanya, kalo emang udah bosen atau butuh duit dia bisa jualin koleksinya. Itung-itung bisa buat investasi masa depan juga. 

Beda lagi sama Kinur yang dari dulu emang suka nyobain banyak hal, jadinya dia juga punya banyak hobi. Mulai dari nyobain sepeda, in line skate, koleksi gundam, koleksi tato, sampe modifikasi sepeda motor udah dijajal sama Kinur. 

Kalo kata dia mah, selama nyobain hobi-hobi itu dia nggak pernah ngerasa nyesel. Sekalipun ada beberapa hobi yang cuma dijalani beberapa bulan, dia nganggep kalo hal itu patut dicoba untuk menjawab rasa penasarannya. Jadi nggak bisa dibilang rugi juga. 

Kinur juga punya ‘hobi mahal’ yang masih dtekuni sampe sekarang, yaitu koleksi gundam dan modifikasi motor. Kalo gundam merogoh kocek dari Rp200.000 hingga Rp1.200.000. Buat modifikasi motor, udah belasan sampe puluhan juta dia keluarin. 

Waktu gue tanya dia pernah ngerasa nyesel nggak ngeluarin duit sebanyak itu, dia tetep jawab nggak nyesel. Justru katanya, nggak apa-apa kalo punya ‘hobi mahal’ asalkan bisa bikin diri sendiri seneng. 

Toh, ada beberapa hobi lain yang bisa menghasilkan duit juga. Misal membuat karya-karya NFT yang bikin Kinur dikenal sebagai NFT artist dan dapetin cuan. 

Kalo Erwin punya hobi lain lagi, yaitu koleksi Funko Pop. Itu loh, mainan action figure mini yang imut-imut. Biasanya bentuknya tokoh kartun dari film terkenal. Erwin mulai punya hobi ini dari tahun 2017 dan berhenti tahun 2021 waktu lulus kuliah. Alasannya simple, karena Funko Pop itu mahal dan abis lulus kuliah dia udah nggak dapet uang jajan lagi. 

Walaupun udah nggak nerusin hobinya yang satu ini, Erwin punya pemikiran yang unik nih. Katanya, justru kita jangan perhitungan sama hobi. Soalnya kalo perhitungan, jadinya nggak fun lagi. 

Jujur gue merasa tercerahkan sih setelah denger opini-opini mereka. Menurut gue, nggak masalah kalo lo mau menekuni ‘hobi mahal’ asalkan lo seneng dan lo tahu hobi itu juga positif. Lagian, kan yang ngeluarin duit elo. Selama lo ikhlas mah gas aja, Civs! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy